Indonesia Website Awards

Sekilas Tentang Konsultan Bisnis

Sekilas Tentang Konsultan Bisnis - Apa itu Konsultan Bisnis? Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang siapa itu Konsultan Bisnis dan apa yang Mereka lakukan. Sementara banyak orang tahu bahwa pengambilan keputusan dalam perusahaan dilakukan oleh petinggi perusahaan, masih banyak yang belum tahu bahwa ada banyak konsultan bisnis yang mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut. 


Konsultan Bisnis


Apa itu Konsultan Bisnis

Konsultan Bisnis adalah orang, atau organisasi, atau pelaku yang memberikan konsultasi untuk membantu organisasi, perusahaan, atau perorangan untuk meningkatkan peforma dan efesiensi perusahaan, organisasi atau bisnis mereka. Mereka adalah orang profesional yang menganalisa bisnis, dan memberikan solusi sementara mereka membantu perusahaan aatau bisnis mencapai tujuan atau target mereka. Seorang pemilik bisnis, harus mempertimbangkan kapan harus mempekerjakan konsultan bisnis ketika mereka membutuhkan bantuan atau sudut pandang dalam menuntaskan proyek atau masalah mereka, dan juga sebagai pemicu perubahan dalam perusahaan mereka. 


Apa yang Konsultan Bisnis Lakukan

Konsultan Bisnis menawarkan berbagai macam jasa untuk sebagai pelayanan mereka, diantaranya adalah :

  • Memberikan masukkan di bidang yang spesifik
  • Mengidentifikasi masalah
  • Memulai perubahan
  • Memberikan masukkan kepada staff yang telah ada
  • Memberikan tujuan kepada perusahaan atau bisnis
  • Mengajar dan melatih karyawan
  • Melakukan pekerjaan kotor, seperti memecat karyawan
  • Menghidupkan kembali bisnis atau organisasi
  • Membuat bisnis baru
  • Mempengaruhi orang lain, atau bernegoisasi untuk kepentingan bisnis. 
Langkah pertama untuk setiap konsultan bisnis adalah langkah pengenalan, dimana tujuan nya adalah untuk mengenal tentang Bisnis klien mereka. Bisnis Konsultan yang baik, membutuhkan waktu untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang Bisnis dari pemilik dan pekerja. Ini bisa termasuk berkeliling fasilitas perusahaan atau kantor, bertemu dengan petinggi perusahaan dan pekerja, menganalisa keuangan dan membaca dokumen dari perusahaan. Dalam prosesnya, konsultan bisnis akan memengetahui detail dari tujuan perusahaan dan apa yang sedang terjadi. 

Ketika konsultan bisnis telah mendapatkan pemahaman tentang perusahaan atau bisnis, mereka akan melakukan evaluasi, dimana tujuan nya adalah mengidentifikasi dimana perubahan dibutuhkan. Hal tersebut termasuk mencari tahu tentang apa kelemahan dan kelebihan perusahaan, juga mengidentifikasi masalah yang sedang terjadi dan akan datang. Masalah teraebut bisa termasuk masalah yang pemilik dan bagian manajemen sudah ketahui, bisa juga masalah yang mereka temukan dari sudut pandang mereka berdasarkan data yang ada. Seorang konsultan bisnis juga harus mengidentifikasi peluang untuk mengembangkan bisnis, menaikkan keuntungan dan efesiensi perusahaan  atau bisnis. 

Sebagai tambahan untuk mengidentifikasi peluang dan masalah yang ada, seorang konsultan bisnis harus mengembangkan solusi terhadap masalah dan rencana mereka untuk membuat keuntungan dari peluang yang ada. Seperti contohnya, mungkin sebuah perusahaan memiliki departemen penjualan yang kuat, namun memiliki departemen pemasaran yang lemah. Hal tersebut adalah peluang untuk perusahaan untuk meningkatkan bagian pemasaran dan memberdayakan staff penjualan. Dalam hal tersebut, sangat penting untuk konsultan bisnis dan pekerja perusahaan untuk bersikap terbuka dan terus terang, agar tidak ada kesalah pahaman. 


Kritik & Saran yang membangun

Sangat penting untuk pemilik perusahaan atau bisnis agar bersikap terbuka terhadap saran dan kritik dari konsultan bisnis. Pemilik bisnis tidak boleh menerima kritik tersebut secara personal,  dikarenakan konsultan bisnis memberikan sudut pandang baru yang objektif. Pemilik bisnis mungkin merasa dekat dengan bisnis mereka yang mana hal tersebut akan menghambat perubahan dan perkembangan perusahaan. Pemilik bisnis harus memberikan sudut pandang dari pihak nya dan memberikan opini mereka kepada konsultan bisnis, yang mana adalah tanggung jawab pemilik perusahaan untuk mempertimbangkan dan merevisi rencana yang diperlukan. 

Setelah pemilik dan konsultan sepakat, maka perubahan akan dapat dilakukan yang mana rencana yang disepakati akan di terapkan ke perusahaan atau bisnis. Restrukturisasi akan dilakukan, dimana konsultan kemudian membangun aset dan menghilangkan liabilitas. Mereka juga mengawasi rencana yang berjalan dan menyesuaikan nya seperti yang dibutuhkan.


Bagaimana Cara Menemukan Konsultan Bisnis

Mencari konsultan bisnis yang tepat, mungkin adalah bagian tersulit untuk pemilik perusahaan atau bisnis. Konsultan harus memiliki semangat dalam pekerjaan nya, mencari kesempurnaan, terorganisir dan mendetail. Sangat amat penting untuk menemukan konsultan yang ahli di bidang industri bisnis anda atau memiliki pengalaman dalam masalah yang dilalui bisnis anda. Juga, pastikan bahwa mereka direkomendasikan oleh orang atau organisasi yang dapat dipercaya. 

Sebagai tambahan, pastikan bahwa konsultan bisnis memiliki sertifikat atau kualifikasi yang relevan dengan bisnis anda. Anda harus menyaring konsultan melalui website dan dokumen mereka. Carilah foto atau gambar profesional dan informasi yang terorganisir tentang pelayanan mereka serta mereview kontrak dan biaya mereka. Ide yang bagus jika anda meminta contoh tentang pencapaian mereka, juga berbicara dengan orang yang sudah memakai jasa mereka. 


Sekian informasi tentang Konsultan Bisnis, semoga bermanfaat.