Cara Format Ulang Kartu Memori External

Kartu memori adalah Media simpan tambahan bisa dipasang pada perangkat seluler membantu daya memori internal . Secara umum berfungsi sama dengan memori internal.

Bekerja untuk penyimpanan semua file perangkat seluler yang bersifat Non default. Memori tambahan berperan media simpan tambahan  dapat digunakan untuk menyimpan , PDF, file lagu, dokumen, dan berbagai hal yang dapat disimpan.

Namun Dalam suatu Kondisi mengharuskan pemiliknya menghapus secara menyeluruh. Misalnya karena eror, kena Virus, Tidak bisa menyimpan dan lain sebagainya.

Cara Hapus Total Kartu SD.

Sebelum melakukan Hapus Seluruh isi SD card pada ponsel, Perlu kalian ketahui bahwa langkah format adalah menghapus secara permanen. Sehingga Pastikan Telah melakukan Back up file android terlebih dahulu.

Alasan format Kartu memori.

Terdapat beberapa alasan acuan memformat kartu SD Sehingga pengguna dengan terpaksa menghilangkan seluruh isi didalamnya. Biasanya yang mengharuskan melakukan hapus isi memori external secara menyeluruh biasanya dikarenakan kartu sd tidak bisa menyimpan, Tidak terbaca , dan lain Sebagainya.

Menghapus seluruh isi Kartu memori dapat dilakukan dengan cepat. Kalian tidak perlu memilih satu persatu file di dalamnya, Secara otomati isi memori akan dihilangkan secara permanen baik hasil penyimpanan atau  file tersembunyi karena virus.

Cara Mudah menghapus data isi Micro SD secara menyeluruh.

Pada Saat micro SD tidak bisa menyimpan berkas padahal Kapasitas memori masih banyak, maka hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, Misalnya rusak, Kena virus. Kalian dapat mencoba scan memakai anti virus,  jika tidak bekerja dengan baik dan memori tidak kunjung membaik maka bisa mengambil langkah format ulang.

Cara format kartu memori external Hp dapat dilakukan langsung dari smartphone atau menggunakan bantuan komputer. Fitur memformat kartu SD saat ini dapat ke hampir semua merek kok. Siapapun bisa secara cepat membersihkan isi memori external tanpa bantuan aplikasi apapun.

1. Format Ulang SD Card tanpa Aplikasi

Cara pertama dalam format kartu memori yang bisa kalian lakukan adalah dengan memakai fitur bawaan perangkat. Semua pengguna smartphone bisa membersihkan semua data isi yang ada di dalam memori external tanpa melepas kartu SD dari ponsel kalian dan tanpa aplikasi tambahan apapun. Cara kerjanya sama dengan memakai aplikasi dan pastikan sebelum mengerjakan tutorial di bawah , file terlebih dulu sudah dicadangkan supaya tidak kehilangan berkas penting.

  • Pertama Masuk ke halaman menu ponsel, lalu pilih "Pengaturan".
  • Lalu temukan dan pilih "Storage".
  • Gulir dan Klik Opsi "Erase SD Card".
  • Lanjutkan klik " Format SD Card".
  • Konfirmasi "Hapus semua" kemudian tunggu proses Format selesai.

Setelah proses selesai, maka semua isi memori akan kosong dan kapasitasnya akan kembali seperti semula.

2. Cara Format Memori di hp menggunakan Aplikasi.

Cara kedua dapat memakai aplikasi bantuan yang didownload dari google play store. Terdapat banyak Banyak jenis aplikasi Format memori, misalkan Erase SD card, SD card manager dan lain sebagainya.

Silahkan pilih salah satu dan  download , install  hingga selesai terpasang pada ponsel. Setelah terpasang mulai dari buka. Disana kalian akan menemukan pilihan menu format. Ikuti setiap langkah dan instruksi hapus isi memori hingga proses berjalan dan berhasil kosong. Aplikasi tersebut dapat menjadi alternatif semua pengguna  ponsel  yang tidak memiliki fitur format.

Salah satunya Adalah Data Erase yang sudah ternama. Dikembangkan oleh pengembang aplikasi yang berasal dari jerman selain untuk format juga dapat membantu pengguna mengatur penyimpanan. Aplikasi ini telah diunduh oleh banyak pengguna android dan mempunyai ukuran kecil sekitar 2.9MB.

3. Format MicroSD Menggunakan Laptop Atau PC.

Pilihan yang ketiga adalah memakai bantuan laptop maupun PC.

Tidak melulu harus langsung di HP, Kalian bisa memakai perangkat lain untuk menghapus semua data yang tersimpan dalam memori external. Caranya sama mudahnya, tetapi pertama-tama, silahkan terlebih dahulu kalian keluarkan memori yang ada dalam smartphone kemudian pasang ke Card reader dihubungkan Ke komputer.

Berikut caranya:

  • Masukan kartu memori ke dalam card reader.
  • Hubungkan card reader ke laptop.
  • Buka file manager, masuk kemudian pilih " Data F".
  • Klik kanan data memori  dan pilih "Format ".
  • Tunggu proses hapus selesai.
  • Lepas kartu SD , dan pasang ke ponsel .

Semoga Ulasan tips android sederhana bermanfaat untuk anda yang sedang bingung terhadap memori eksternal smartphone bermasalah.