Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Website

Tutorial Komputer - Begini Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Website Anda - Ketika berbicara mengenai keamanan, tidak hanya blog kita saja yang perlu kita amankan akan tetapi konten atau isi blog kita juga harus mendapatkan perlindungan.  Karena sekarang ini banyak sekali orang yang mempunyai blog atau web akan memungkinkan beberapa orang melakukan pencurian artikel, pencurian ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Alasan yang paling sederhana adalah karena mudah dilakukan pencuri hanya perlu meng-copy artikel orang lain dan menempelkannya di blog sendiri. Apakah ini merugikan? tentu ini sangat merugikan bagi pihak yang artikelnya di curi. Konten yang dicuri dapat menyebabkan kerugian dalam hal SEO. Tidak hanya duplicate content tetapi bisa saja digunakan untuk hal - hal lainnya. Lantas bagaimana cara melindungi konten blog kita? DMCA atau Digital Millennium Copyright Act adalah solusi untuk permasalahan ini. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mendaftar DMCA agar konten blog dapat terlindungi. Selain itu saya juga akan membahas mengenai hal apa saja yang harus dihindari agar tidak terkena pelanggaran DMCA. Tapi sebelum kita mulai, mari bahas dulu apa itu DMCA.

Apa itu DMCA

DMCA merupakan sebuah hukum dari Amerika Serikat yang muncul pertama kali pada Oktober 1998. Hukum ini membahas mengenai pelanggaran atas hak cipta karya-karya digital. DMCA  dapat menjamin keamanan beberapa provider servis online termasuk provider internet dari hukuman pelanggaran hak cipta.

DMCA juga bisa diartikan sebagai hukum yang melindungi kontenmu dari pencurian. Jika ada  seseorang melakukan pencurian, penjiplakan, atau bahkan mengakui konten milikmu sebagai miliknya dalam cara apapun, DMCA dapat membantumu untuk menyelesaikannya.

Selama beberapa tahun terakhir, DMCA telah menjadi prosedur yang harus dipahami oleh blogger, webmaster, dan host agar setiap orang dapat menjaga konten milik mereka. Selain itu, mereka juga perlu tahu bagaimana cara menangani keluhan atau pemberitahuan jika ada orang lain yang mengirimkannya. Menurut transparansi Google , permintaan untuk menghapus konten karena hak cipta sudah meningkat sangat cepat. Bisa kamu lihat data di bawah ini :

Baca juga : Cara mengetahui apakah artikel blog sudah terindex google atau belum

Cara kerja DMCA

Perlindungan DMCA bisa digunakan untuk berbagai jenis konten, baik teks, gambar, audio, dan juga video. Jika kamu membuat semua konten-konten tersebut, kamu tentu memiliki hak penuh atas konten-konten ini.

Melakukan cek rutin untuk melihat apakah konten kita sedang digunakan untuk hal-hal yang tidak sah atau dicuri memang sangat penting untuk dilakukan. Jika kamu menemukan orang lain sudah mengupload konten milikmu ke website mereka tanpa izin, kamu dapat mengajukan DMCA takedown notice untuk memberikan peringatan penghapusan kepada provider Internet yang menghosting website tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa jenis konten yang tidak masuk dalam perlindungan DMCA. Contohnya seperti nama, ide, penampilan, atau merek produk. Perlu diingat bahwa kamu mungkin tidak bisa meminta konten Anda untuk dihapus dari website orang lain jika konten Anda termasuk sebagai fair use.

Cara mendaftar DMCA

Untuk memasang badge DMCA di blog ada beberapa langkah yang harus dilakukan, ikuti tutorial di bawah ini :

  • Kunjungi situs DMCA.com.
  • Klik Sign Up di bagian kanan atas. Kemudian kamu akan diberikan tiga pilihan, pilih Get A Free Badge.
  • Pada halaman selanjutnya, kamu tinggal memilih jenis badge yang ingin dimasukkan ke blog. Setelah itu, isilah data di bagian kanan. Kamu hanya perlu mengisi nama depan, nama belakang, dan alamat email. Kemudian klik Sign Up.
  • Setelah itu, kamu tinggal meng-copy kode embed yang ada di sebelah kanan.
  • Buka Blogger.com.
  • Pilih Menu Tata Letak - Tambah Gadget - HTML/JavaScript - Tempelkan kode yang sudah di copy tadi - Simpan.

Cara Menghindari Pelanggaran DMCA

Suatu saat bisa saja kamu menerima peringatan DMCA. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan mendapat peringatan DMCA. Tentunya, yang paling utama adalah jangan pernah mengambil konten orang lain tanpa izin. Jika kamu memang harus menggunakan konten milik orang lain, pastikan bahwa konten yang dimiliki mereka termasuk dalam fair use. Kamu juga bisa meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik konten sebelum menggunakannya..

Sekian pembahasan saya kali ini mengenai Begini Cara Daftar DMCA Untuk Melindungi Konten Website Anda. Untuk tutorial lainnya silahkan kunjungi TutorialKomputer.net Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat untuk kalian. Salam Blogger!