Kegunaan Tumbuhan Daun Kumis Kucing

Kegunaan Tumbuhan Daun Kumis Kucing - Sekarang ini siapa sih yang enggak tau apa itu tumbuhan kumis kucing? Bagi kalian yang belum tahu, kumis kucing merupakan salah satu golongan famili laicaeae atau labiatae. Tanaman ini banyak dijumpai di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Banyak pula masyarakat yang percaya dengan khasiat daun kumis kucing ini bagi kesehatan tubuh. 

Sekedar informasi, tanaman kumis kucing ini berasal dari Afrika loh. Tapi sekarang tanaman ini telah menyebar ke daerah Asia dan Australia, termasuk Indonesia. Jadi, jangan kaget kalau mendadak kalian menemukan tanaman ini di perkarangan rumah kalian yaa. 

Kegunaan Tumbuhan Daun Kumis Kucing

Kegunaan Tumbuhan Daun Kumis Kucing

Berikut ini adalah artikel tentang ciri-ciri serta kegunaan tumbuhan daun kumis kucing. Simak hingga habis yaa.

Ciri-Ciri Tumbuhan Daun Kumis Kucing

Tumbuhan atau tanaman kumis kucing ini memiliki ciri-ciri yang mudah diketahui oleh semua orang yang membutuhkan, berikut adalah ciri-ciri tumbuhan kumis kucing yang perlu kalian ketahui :

  • Bagian batang yang basah dan tegak
  • Bagian bawah yang berakar tunggang
  • Bentuk daunnya bundar atau lonjong, ukuran panjang dari daunnya sekitar 1 sampai 10 cm
  • Bentuk tangkainya bulat dan memiliki warna ungu agak kehijauan
  • Bagian posisi daun batangnya berselang seling
  • Bagian tulang daun yang bercabang cabang
  • Bagian mahkota bunga yang berwarna putih atau warnanya putih agak keunguan
  • Benang sari yang mencuat keluat mirip dengan bentuk kumis kucing
  • Ukuran panjang tangkai daunnya sekitar 7 sampai 29 cm
  • Bagian mahkota yang berupa tanda dan panjangnya berukuran 7 sampai 29 cm
  • Bagian biji yang masih terlihat mudah berwarna putiih agak kehitaman, dan kalau bagian biji yang sudah terlihat tua ini berwarna cokelat agak kehitaman.

Tanaman daun kumis kucing ini biasanya mudah sekali untuk di temukan di jenis tanah yang subur, gembur, berhumus, mempunnyai tata air dan udara yang baik.

Kandungan Dalam Tanaman Kumis Kucing

Bagi kalian yang belum tahu, ternyata kandungan dalam tanaman kumis kucing ini ada banyak sekali loh. Daun kumis kucing untuk kesehatan memiliki kandungan zat kimia diantaranya yaitu kandungan minyak atsiri, kandungan saponin, kandungan sappofonin, kandungan sinensetin, kandungan mioinositol, kandungan zat samak dan kandungan kalium yang telah di percaya akan kemampuannya untuk mengobati bahkan menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Karena kandungan zat diatas, maka tumbuhan daun kumis kucing dianggap sebagai tanaman pengobatan sejak jaman dahulu.

Manfaat daun kumis kucing

Mengingat daun kumis kucing yang cocok untuk kesehatan maka sudah pasti mereka bisa dijadikan sebagai tanaman pengobatan. Berikut adalah manfaat daun kumis kucing :

Melancarkan saluran kandungan air kemih

Kumis kucing memiliki kemampuan untuk melancarkan saluran air kencing . Kalau ada seseorang yang sedang menderita kesulitan dalam keluarnya air seni, hal ini menandakan saluran kencing ini sedang terinfeksi. Dan infeksi saluran ini dapat menyebabkan penyakit ginjal dan kandungan kemih di dalam tubuh. Penyebab yang paling utama dari penyakit ini karena ada bakteri yang di sebut dengan escherishia coli yang hidup di daerah yang kotor dan di bagian usus manusia.

Ciri dari penyakit tersebut mudah dikenali, yaitu di antaranya:

  • Rasa sakit ketika atau setelah kencing
  • Ingin buang air kencing terus, namun tidak ada air seni yang keluar
  • Air yang warnanya pekat
  • Nyeri di bagian pinggang
  • Kalau sudah mencapai bagian ginjal biasanya disertai dengan demam lalu badan menggigil.

Tapi jangan khawatir, ternyata mudah sekali loh melancarkan saluran kandung kemih dengan daun kumis kucing. Berikut cara mengatasi penyakit saluran air kemih dengan menggunakan tumbuhan kumis kucing.

Siapkan 25 gr daun kumis kucing yang masih segar lalu rebus dengan menggunakan 2 gelas air putih, lalu tunggu sekitar 15 menit, dan minum ramuan ini di sore hari dan pagi hari di setiap masing masingnya itu baik di minum sebanyak ½ gelas.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe

Mengobati penyakit rematik

Penyakit Rematik yaitu salah satu penyakit yang menyerang bagian persendian, urat dan juga otot. pengobatan yang sering di lakukan banyak orang ini bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri sendi, menghilangkan peradangan, dan menjaga fungsi pada bagian persendian supaya tetap dalam keadaan baik.

Secara umum banyak orang yang tidak mengetahui penyebab dari penyakit rematik ini, tapi penyakit ini bisa di sebabkan dari beberapa faktor yang ada, di antaranya yaitu adanya faktor genetik, adanya infeksi yang disebabkan dari virus, atau disebabkan dari adanya perubahan hormon.

Tanda tanda dari penyakit rematik diantaranya yaitu ;

  • Nyeri di bagian tubuh pada saat bergerak
  • Otot-otot yang ada di bagian badan jadi terasa sangat lemak
  • Adanya peradangan dan bengkak di bagian persendian
  • Sendi yang terasa sangat kaku
  • Terjadinya kejang kejang dan kontraksi di bagian otot

Tapi jangan khawatir, ternyata mudah sekali loh mengatasi rematik dengan daun kumis kucing. Berikut cara mengatasi penyakit rematik dengan menggunakan tumbuhan kumis kucing.

Siapkan lima lembar daun kumis kucing yang masih segar dan siapkan daun meniran. Lalu rebus dengan menggunakan air sebanyak 3 gelas, dan kalau sudah dingin anda bisa mengkonsumsi ramuan daun kumis kucing ini sebanyak 3 kali sehari di setiap masing masingnya sebanyak ½ gelas.

Mengobati dan menyembuhkan penyakit batuk

Batuk yaitu salah satu penyakit yang sangat umum dan sering kali diderita oleh manusia. Penyebab terjadinya batuk ini karena tubuh anda terserang berbaga macam kuman, alergi, virus dan juga debu, atau sesuatu hal yang bisa merangsang bagian selaput lendir.

Menurut tanda-tanda dari penyakit batuk, batuk itu terdiri dari berbagai macam jenis di antaranya batuk berdahak, batuk asma, dan batuk rejan.

Tapi jangan khawatir, ternyata mudah sekali loh mengatasi batuk dengan daun kumis kucing. Berikut cara mengatasi batuk dengan menggunakan tumbuhan kumis kucing.

Siapkan daun kumis kucing sebanyak 15 sampai 20 gram dan siapkan satu gelas air bersih. Cuci terlebih dahulu daun kumis kucing sampai bersih lalu rebus daun kumis kucing dengan menggunakan air bersih tersebut

Minum sebanyak 3 kali sehari dan setiap masing-masingnya yaitu di minum sebanyak 1 gelas ramuan daun kumis kucing. 

Sekian artikel tentang kegunaan tumbuhan daun kumis kucing, ciri-ciri tumbuhan kumis kucing serta manfaat tanaman kumis kucing. Semoga artikel ini bermanfaat.


Penulis


indotim.net