<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Perusahaan Membagikan Dividen Saham

Alasan mengapa perusahaan memberikan dividen - Ketika membeli saham, keuntungan yang bisa anda dapatkan bukan hanya dari kenaikan harga saham saja, dividen yang dibagikan perusahaan juga bisa anda dapatkan jika status anda adalah pemegang saham disaat pengumuman dividen dilakukan.


Dividen merupakan keuntungan atau laba yang diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham, kenapa?

Alasan mengapa perusahaan membagikan dividen :

1. Memuaskan para pemegang saham
Selain menanam modal, saham dapat memberikan dividen kepada para pemegang nya. Sehingga para pemegang saham tahu, bahwa mereka bisa mendapatkan penghasilan pasif dari saham yang mereka miliki. Dengan diberikannya dividen, diharapkan para pemegang saham atau investor menjadi puas dan akan terus memegang saham perusahaan, atau mungkin menambah jumlah investasi mereka.

2. Menunjukkan bahwa perusahaan menghasilkan profit
Membagikan dividen, adalah pembuktian kepada para investor dan publik, bahwa mereka (perusahaan) dapat menghasilkan profit, serta memberikan keuntungan pada para investor pemegang saham. Hal ini dapat mengundang calon-calon investor potensial dari publik untuk berinvestasi kepada perusahaan.

3. Passive income disukai oleh investor
Para investor adalah manusia yang membutuhkan uang atau modal. Ketika kebutuhan akan modal dianggap mendesak, bisa terjadi kemungkinan bahwa saham perusahaan akan dijual oleh mereka, karena itu perusahaan memberikan passive income dengan harapan para investor tidak terdesak untuk menjual saham yang mereka miliki.

Perusahaan-perusahaan yang sudah tergolong sebagai perusahaan besar, secara rutin membagikan dividen mereka kepada pemegang saham, karena perusahaan sudah mapan, serta tidak membutuhkan banyak ekspanasi. Karena itu laba bersih perusahaan yang diperoleh atas hasil kinerja perusahaan dapat dialokasikan sebagai dividen kepada para pemegang saham. Berbeda dengan perusahaan kecil dan perusahaan berkembang, mereka jarang membagikan dividen karena mereka fokus dengan ekspansi bisnis atau usaha mereka.

Jumlah perusahaan yang membagikan dividen jumlahnya sangat banyak, ada ratusan bahkan ribuan perusahaan yang membagikan dividen mereka secara rutin, anmun tidak semua perusahaan membagikan jumlah dividen yang sama.

Jumlah dividen biasanya dibagi berdasarkan dengan jumlah lembar saham yang anda miliki serta laba bersih dari perusahaan. Perusahaan yang membagikan dividen, cenderung lebih disukai oleh para investor, dan investor rela untuk tetap mempertahankan saham tersebut. Dampaknya, harga saham perusahaan menjadi lebih baik dan stabil.

Sekian artikel tentang alasan mengapa perusahaan memberikan dividen kepada pemegang saham, semoga bermanfaat.