<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saran Pembayaran Online untuk Bisnis Kecil

Metode Pembayaran Online untuk Bisnis Kecil - Setiap pelaku usaha atau pemilik bisnis, menjual barang atau jasa mereka yang kemudian akan dibayar oleh para konsumen. Alat pembayaran yang biasa digunakan saat ini adalah uang kertas, namun uang kertas adalah alat pembayaran fisik yang mana hal tersebut tentunya akan menghambat anda jika anda memiliki sistem pemesanan secara online untuk produk atau jasa anda. Selain itu, uang kertas dianggap merepotkan, karena banyak pecahan uang kecil atau receh serta tampilan fisik mereka yang terkadang robek, kusut, kotor. Penggunaan uang kertas jadi semakin beresiko dengan pandemi Covid-19.

ada banyak metode pembayaran untuk bisnis kecil, seperti mobile banking, dan e-wallet. DANA, OVO, GOPAY, Google Pay, Shopee Pay merupakan contoh e-wallet yang marak digunakan.


Cara pembayaran atas pembelian barang, tidak selalu harus dengan uang tunai, sekarang ini di Indonesia sendiri sudah banyak hadir metode pembayaran melalui e-money, yang mana hal tersebut mempermudah proses transaksi serta membuat hampir setiap transaksi menjadi transparan.

Pembayaran Online

Pembayaran online merupakan sebutan atas aktivitas pembayaran dengan menggunakan m-banking, e-money, atau e-wallet. Dikarenakan sistem pembayaran online yang makin banyak digunakan, para penyedia alat pembayaran online seperti bank, e-wallet dll, berlomba-lomba untuk menarik pelanggan dan meningkatkan tingkat keamanan bagi para nasabah atau pengguna mereka. Pembayaran Online adalah metode yang paling populer saat ini, karena orang-orang tidak perlu membawa uang kertas ke mana-mana, dengan pembayaran online, orang-orang tidak perlu khawatir uang mereka akan slip, hilang, ataupun resiko menjadi korban kejahatan.

Bisnis Kecil

Bisnis kecil adalah sebutan bagi pelaku bisnis atau usaha kecil di Indonesia yang memiliki karyawan atau pekerja dibawah 50 orang dan dengan total kekayaan bersih senilai 200 juta rupiah. Sekarang ini, sudah banyak penduduk Indonesia yang memulai bisnis mereka, baik itu orang dewasa maupun remaja. Di jejaring sosial, sudah ada banyak ragam penawaran tentang produk atau jasa yang kebanyakan dilakukan oleh remaja dengan menggunakan sosial media sebagai perantara. Dengan sosial media, para remaja dan pelaku bisnis kecil dapat menyediakan jasa mereka ke tingkat yang lebih luas, secara nasional maupun secara Global.

Media Pembayaran Online

Dikarenakan jarak antara konsumen atau pembeli dengan penjual produk atau jasa, walaupun pembeli senang dengan harga yang mereka dapatkan, mereka akan terhambat oleh metode pembayaran. Media pembayaran apa yang paling populer saat ini? Berikut adalah cara pembayaran yang disarankan oleh Edukasi-Remaja.com

  • Mobile Banking
Mobile Banking adalah fitur yang disediakan oleh bank, banyak Bank di Indonesia yang sudah menyediakan Mobile Banking untuk nasabah mereka. Mobile banking terbilang praktis, karena tidak perlu repot-repot ke pergi ke ATM atau bank. Bank besar seperti Bank BCA, BNI, BRI, dan lain-lain sekarang telah mempermudah bagi nasabah untuk membuat akun m-banking. Bahkan sekarang, pembukaan rekening dan m-banking sudah bisa dilakukan secara online.
  • DANA
Dana adalah aplikasi keuangan, berfungsi sebagai e-wallet dan juga media pembayaran yang diminati saat ini. Sudah banyak orang yang menggunakan dana sebagai metode pembayaran mereka, dikarenakan banyak aplikasi atau penjual yang telah memakai dana. Proses transaksi melalui dana juga terbilang cukup mudah, bisa dengan transfer ataupun scan QR Code dana.
  • OVO
OVO adalah e-wallet, layanan keuangan asal Indonesia untuk mempermudah proses transaksi untuk para pengguna nya, fiturnya mirip seperti DANA dan DOKU. Sehingga OVO menjadi alternatif media pembayaran yang banyak dipilih oleh Khalayak sebagai media pembayaran mereka.
  • GOPAY
Gopay merupakan alat pembayaran yang dikenalkan oleh GoJek, gopay dipilih karena mudah digunakan dan mudah untuk melakukan top-up gopay. topup gopay bisa melalu m-banking, atau melalui driver gojek. Proses pengiriman dana atau pembayaran melalui gopay juga terbilang cukup mudah, selama anda mengetahui nomor handphone pemilik akun, anda dapat mentransfer uang kepada mereka dengan cepat. Sekarang ini, hampir setiap merchant dan toko di Indonesia menerima GoPay sebagai alat pembayaran mereka.
  • Paypal
Paypal bisa dibilang sebagai pelopor pembayaran online, paypal terkenal sebagai salah satu yang pertama dalam menerima pembayaran online. Kemudahan dalam transaksi ditawarkan paypal ke seluruh dunia, sekarang ini hampir setiap merchant atau pelaku bisnis, menerima paypal sebagai cara pembayaran mereka untuk konsumen yang berada di luar negara mereka.
  • DOKU
Doku adalah e-wallet, seperti Ovo dan DANA. Namun Doku jarang digunakan sebagai media pembayaran dikarenakan Doku menerapkan limit saldo kepada penggunanya sebelum mereka melakukan verifikasi identitas. Namun, Doku memiliki kemudahan dan kecepatan transaksi sama seperti e-wallet lainnya.
  • Shopee Pay
Shopee Pay merupakan media pembayaran yang dikenalkan dan digunakan oleh Shopee, sebuah online shop. Seluruh penjual di Shopee menerima Shopee pay sebagai media pembayaran mereka, tidak cukup sampai disitu, banyak toko-toko offline yang juga menerima shopee pay untuk pembayaran atas pembelian produk atau jasa mereka.

  • Google Pay
Google Pay atau GPay adalah alat atau metode pembayaran yang dikenalkan oleh google pada Januari 2018, sebelumnya Google Pay dikenal sebagai Android Pay, namun melakukan Re-Branding sebagai Google Pay. Dengan Google Pay, anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah secara global, melalui Android, Tablet atau bahkan Smart Watch. Di Indonesia, masih jarang orang yang menggunakan Google Pay sebagai metode pembayaran mereka, namun tidak dapat menutup kemungkinan bahwa Google Pay akan populer di masa yang akan datang.

Sekian artikel tentang Pilihan Metode Pembayaran untuk Bisnis dan Usaha kecil, semoga bermanfaat.