<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Amartha-Fintech P2P Lending Indonesia

Edukasi-Remaja.com - Mungkin sebagian dari kamu masih terdengar asing dengan istilah peer to peer lending yang sering disingkat dengan P2P Lending. Apa sih P2P Lending? P2P lending adalah salah satu metode pendanaan yang diberikan oleh suatu perusahaan P2P Lending yang diberikan kepada penerima dana. Di mana, perusahaan P2P Lending ini sebagai penyalur dari dana yang diberikan investor ke peminjam. Adanya perusahaan yang bergerak di bidang P2P Lending, tentu sangat membantu orang yang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis atau usaha. Selain itu juga membuka banyak peluang untuk investor bergabung di dalamnya. 

Nah, pembahasan kali ini tentang aplikasi yang bergerak di bidang P2P lending yaitu Amartha app. Di dalam artikel ini, bersama edukasi-remaja.com akan membahas sekilas tentang amartha app dan cara daftar amartha. Seperti artikel sebelum-sebelumnya yang dibagikan, edukasi-remaja.com selalu berusaha memberikan informasi seputar aplikasi investasi, keuangan dan bisnis yang bersumber dari aplikasi-aplikasi terpercaya saja. 

Untuk lebih jelasnya, edukasi-remaja.com akan menjabarkan melalui artilek berikut ini. Disimak baik-baik, ya. 

Apa itu Amartha?

Amartha adalah sebuah layanan jasa peminjaman yang bergerak di bidang peer to peer landing dan dilakukan secara online. Dengan kata lain, amartha merupakan aplikasi yang diluncurkan dengan tujuan membantu orang yang membutuhkan dana (peminjam) untuk mengajukan sejumlah pinjaman dana melalui proses digital. 

Amartha sebagai penyalur atau perantara dari peminjam dan investor dana. Namun, amartha berbeda dengan aplikasi P2P lending kebanyakan. Karena, amartha menjadi wadah peminjaman untuk pengusaha mikro atau di pedesaan. 

Seperti yang kita tahu, di pedesaan seringkali kesulitan untuk mencari modal untuk menjalankan UMKM atau bisnis mikro mereka. Nah, kehadiran amartha ini menjadi solusi bagi orang-orang pedesaan yang membutuhkan sejumlah pinjaman dana tetapi belum punya akses kredit di bank. 

Amartha didirikan oleh PT Amartha Mikro Fintek. Awalnya amrtha merupakan lembaga keuangan mikro yang kini berkonversi menjadi platform layanan peminjaman berbasis P2P Lending. Amartha sudah berdiri sejak tahun 2010, oleh karena itu amartha bisa disebut P2P Lending tertua di Indonesia. Sebab, telah bergelut di dunia P2P Lending selama 10 tahun. Amartha juga telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Cara Daftar Amartha

Supaya kamu tidak bingung lagi bagaimana cara daftar amartha, edukasi-remaja.com akan membagikan cara daftar amartha di bagian artikel berikut ini:

1. Pertama-tama, buka playstore atau appstore yang ada di smartphone kamu

2. Ketikkan “Amartha” di kolom pencarian

3. Download aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil mengunduh dan menginstall

4. Buka aplikasi Amartha yang sudah terpasang di perangkat kamu dan mulai ikuti alur pendaftarannya

5. Klik “masuk” untuk membuat akun sebagai peminjam

6. Input alamat email, password, dan nomor handphone kamu. Lalu, klik “daftar”

7. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui pesan untuk proses verifikasi

8. Klik “lengkapi data” untuk mulai mengisi beberapa informasi seperti foto ktp, foto selfie, informasi rekening, dan persetujuan.

9. Ikuti setiap langkah-langkah yang diberikan oleh sistem. Isi data dengan benar, teliti, dan jelas. 

10. Akun amartha kamu sudah selesai dibuat dan kamu sudah bisa mulai menggunakan berbagai fitur yang ada di dalamnya

Fitur-Fitur di Aplikasi Amartha

Untuk lebih mengenal tentang aplikasi amartha, edukasi-remaja.com akan memberikan gambaran fitur-fitur di aplikasi amartha berikut ini:

1. Pendana

Kamu dapat mendaftar sebagai pendana atau investor melalui aplikasi ini.

2. Home

Home merupakan halaman utama. Di mana kamu bisa mendapatkan informasi seputar pertanyaan popular, performa amartha dan lain sebagainya.

3. Marketplace

Di halaman ini berisi orang-orang yang mengajukan pinjaman. Informasi yang  ditampilkan juga lengkap mulai siapa orangnya? Foto, dan portfolio mereka. 

4. Portfolio Saya

Di bagian ini berisi pendanaan aktif, proyeksi bagi hasil, pendanaan otomatis, dan lain sebaginya.

5. Activity

Di bagian ini berisi semua riwayat transaksi yang kamu lakukan.

6. Account

Bagian ini berisi profil yang kamu punya mulai dari informasi pribadi, email, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia cara daftar amartha yang dapat edukasi-remaja.com bagikan. Sekarang aplikasi P2P Lending banyak ditemukan di pasar aplikasi, oleh sebab itu kamu harus lebih teliti memilihnya. Jika kamu raga, gunakan saja aplikasi-aplikasi yang telah diulas edukasi-remaja.com di dalam artikel yang telah dibagikan. Semoga membantu.