Cara Daftar Aplikasi Dhanapala Terbaru

Edukasi-Remaja.com - Tentunya sudah tidak asing dengan istilah peer to peer, bukan? Mengingat pembahasan tentang aplikasi peer to peer yang sudah banyak edukasi-remaja.com bagikan untuk pembaca setia. Untuk mengingat kembali, singkat penjelasannya, peer to peer adalah sebuah pendanaan dengan metode gotong royong. 

Dana yang diperoleh dari investor kemudian perusahaan sebagai perantara akan mengelola dan menyalurkan ke penerima modal  atau orang yang mengajukan pinjaman dana. Sistem ini tentu akan dikelola oleh perusahaan dengan para pakar professional yang ada di dalamnya. 

Nantinya, kamu tidak hanya bisa mengajukan dana saja. Akan tetapi, juga bisa menjadi investor atau pemberi dana. Setiap investai ada resikonya sendiri. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memahami lebih dalam tentang manajemen resiko sebelum menjadi investor di bidang peer to peer atau pemberi pinjaman modal/ penerima modal. 

Aplikasi yang akan edukasi-remaja.com bahas di artikel kali ini yaitu aplikasi Dhanapala. Seperti yang sudah di singgung di paragraf sebelumnya, Dhanapala adalah sebuah aplikasi yang bergerak di bidang peminjaman modal atau peer to peer lending fintech. 

Nah, untuk lebih jelasnya, edukasi-remaja.com akan membahas tentang apa itu Dhanapala? Bagaimana cara daftar aplikasi Dhanapala? Berikut penjelasannya, disimak baik-baik, yuk.

Apa itu Aplikasi Dhanapala?

Dhanaphala adalah sebuah platform online berbasis android yang memberikan sejumlah pinjaman dana dengan menggunakan sistem peer to peer lending. Dhanapala berada di bawah naungan PT Semangat Gotong Royong. 

Sistem kerja di aplikasi ini yaitu perusahaan akan menjadi perantara untuk memberikan dana pinjaman ke peminjam seperti Usaha mikro besar dan kecil (UMKM) dengan dana yang di dapat dari investor. Selain itu, bagi kamu yang ingin mencari alternative investasi bisa juga memilih untuk menjadi investor di Dhanapala. 

Yang terpenting aplikasi Dhanapala sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK) dan menjadi anggota dari AFPI. Pinjaman yang diberikan tidak hanya untuk pengusaha saja, bagi individu yang membutuhkan modal dana juga bisa mengajukan pinjaman. 

Dengan adanya status legalitas aplikasi Dhanapala, tentunya keamanan data terjamin. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Dhanapala dilucurkan pada tanggal 15 Oktober 2019. Meski terbilang masih muda tapi, aplikasi ini mendapat sambutan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari rating di playstore dan jumlah download yang sudah mencapai lebih dari 100 ribu lebih. 

Cara Daftar Aplikasi Dhanapala

Berikut panduan cara daftar aplikasi Dhanapala yang akan edukasi-remaja.com jabarkan.

1. Langkah pertamanya, buka aplikasi playstore atau appstore yang ada di smartphone kamu

2. Ketikkan “Dhanapala” di kolom pencarian

3. Mulai download aplikasi Dhanapala dan tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil mengunduh dan menginstall 

4. Buka aplikasi Dhanapala yang sudah berhasil di perangkat kamu

5. Klik “Buat Akun” kemudian isi data diri dengan benar seperti nama lengkap, nomor handphone, email, kata sandi, ulangi kata sandi. Lalu, klik “Daftar”

6. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor handphone kamu melalui SMS. Lalu klik “Verifikasi”

7. Selamat akun kamu sudah berhasil dibuat. Selanjutnya klik “Jelajahi Dhanapala”

8. Sebelum mengajukan pinjaman jangan lupa verifikasi email kamu dulu dengan cara buka email-kotak masuk- klik email dari Dhanapala-klik verifikasi

9. Untuk pengajuan pinjaman tersedia 2 jenis yaitu “Pinjaman Berkala” dengan modal usaha hingga Rp.200 juta untuk wirausahawan dan “Pinjaman Individu” dengan modal hingga Rp.2 juta untuk memenuhi kebutuhan pelajar dan karyawan

10. Jika kamu sudah tentuka jenis pinjaman. Selanjutnya akan ada “Simulasi Pinjaman” di halaman ini kamu dapat melihat tenor dan besaran cicilan dengan mengisi jumlah pinjaman yang kamu inginkan. Pilihannya mulai dari Rp.2 juta hingga Rp.5 Juta

11. Selanjutnya klik “Ajukan Pinjaman” dan lengkapi data diri kamu mulai dari foto KTP, Foto selfie dengan KTP, Foto NPWP (sebagai dokumen pendukung mempercepat persetujuan). Ambil gambar dengan benar dan jangan sampai blur isi sesuai dengan kerangka yang tersedia

12. Ikuti setiap langkahnya dengan teliti da nisi setiap data yang diminta dengan jujur. Setelah selesai tunggu beberapa saat sampai sistem memberi pesan persetujuan dan dana pinjaman kamu di transfer ke nomor rekening yang kamu daftarkan.

Sekian penjelasan dari edukasi-remaja.com tentang cara daftar aplikasi Dhanapala.  Proses pencairan pinjaman di Dhanapala cepat dan mudah. Jadi, kamu hanya perlu mengikuti panduannya dengan teliti dan benar.