7 Karakter yang Dapat Mempermudah Melamar Kerja

Edukasi-Remaja.com - Seiring dengan bertambahnya umur, kalian akan merasakan banyak sekali kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan finansial. Nah, untuk memenuhi kebutuhan finansial, kalian membutuhkan penghasilan yang mana bisa kalian dapatkan dari pekerjaan. Namun, tidak sedikit para pencari pekerjaan yang mengeluh atas betapa sulitnya mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, kali ini edukasi-remaja.com akan membahas tentang 7 karakter yang dapat mempermudah kalian untuk melamar pekerjaan.

Apa Pandangan Perusahaan kepada Pelamar Pekerjaan

Ketika kalian melamar pekerjaan, pengalaman dan kemampuan kalian hanya sebagian daripada yang ingin perusahaan ingin lihat. Dalam proses interview, ada hal yang lebih krusial yang ingin dilihat oleh perusahaan agar kalian mendapatkan pekerjaan tersebut, seperti apakah karakter kalian sesuai dengan perusahaan.

"pemberi pekerjaan ingin tahu apakah kalian memiliki kualifikasi untuk posisi tersebut, tetapi mereka juga ingin melihat apakah kalian sesuai dengan kultur perusahaan. Cara satu-satunya untuk mencari tahu hal tersebut adalah mencari tahu karakter kalian," ujar Susan Peppercorn, CEO dari Positive Workplace Partners dan Penulis dari "Ditch Your Inner Critic at Work: Evidence-Based Strategies to Thrive in Your Career. "Mengetahui bahwa seseorang memiliki pengalaman dan kemampuan untuk sukses di pekerjaan sangat penting, tetapi ketika ada dua kandidat yang memiliki kapabilitas yang sama, sering kali soft skill menentukan mengapa seseorang dipekerjaan daripada orang lain nya"

Sebuah studi pada 2014 oleh situs career resource and job-listing CareerBuilder menemukan bahwa banyak sekali perusahaan yang memprioritaskan beberapa soft skill yang sama kepada kandidat pelamar pekerjaan mereka. Mereka mencari kandidat yang dapat diandalkan, memiliki sifat positif, fleksibel, dan memiliki komunikasi yang efektif, tidak lupa dengan mereka yang tahan bekerja dibawah tekanan diantara berbagai karakter lainnya.

"ketika perusahaan mewawancarai atau mengukur kandidat, mereka mencari.. karakter yang tepat," ujar Rosemary Haefner, CareerBuilder's Chief Human Resource Officer. "Sangat penting untuk untuk menonjolkan skill yang dapat memberi perusahaan ide akan seberapa cepat kalian beradaptasi dan menyelesaikan masalah, apakah kalian dapat diandalkan dalam pekerjaan, dan seberapa efektif kalian untuk memimpin dan memotivasi orang lain."

Karakter yang dapat mempermudah melamar pekerjaan

Para pemberi pekerjaan mentitik beratkan karakter yang dapat membuat perbedaan antara kandidat kuat dan pekerja baru. Mempekerjakan seseorang bukanlah hal yang mudah, berikut ini adalah beberapa karakter yang dapat mempermudah kalian melamar pekerjaan :

1. Multitasker

Perusahaan jarang sekali mempekerjakan seseorang untuk melakukan satu tugas khusus. Terutama di bisnis skala kecil, persahaan membutuhkan pekerja yang rela untuk melakukan hal yang dibutuhkan selain tugas mereka, ujar Ron Selewach, Founder and CEO of talent acquisition software company Human Resource Management Center Inc.

"Bisnis kecil membutuhkan orang yang tidak hanya menoleransi kekacauan tapi sukses didalamnya" ujarnya.

2. Dapat Memikirkan Rencana

Eileen Sharaga, psikolog karir berkata bahwa setiap bisnis membutuhkan seorang pemikir rencana. Mereka menginginkan seseorang yang dapat mengidentifikasi tujuan jangka panjang. Sangat penting untuk menunjukkan jika kalian tidak hanya memiliki pandangan untuk kedepan, namun juga rencana untuk mencapai hal tersebut.

3. Dapat Membuat Keputusan

Seseorang yang dapat menggunakan keputusan mereka dan melaksanakan nya dengan tanggap adalah aset berharga bagi setiap perusahaan. Pimpinan Bisnis tidak dapat ikut dalam setiap keputusan kecil, karena itu mereka mencari kandidat yang tidak takut untuk mengambil keputusan. Kemampuan untuk bertindak dan bertanggung jawab terhadap hasil keputusan mereka sangat penting bagi siapa saja untuk masuk kedalam posisi manajemen atau kepemimpinan.

4. Berhati-hati

CEO dari Sevenstep Recruiting, Beth Gilfeather mengutarakan betapa pentingnya orang yang berhati-hati kepada orang yang senang mengambil resiko "mereka adalah orang yang senang bermain aman, tetapi terkadang perusahaan membutuhkan orang yang dapat memberikan stabilitas dan membatasi perusahaan dari mengambil atau mengatasi masalah terlalu banyak,"

5. Pemikir Independen

Beberapa pekerja ikut dengan apapun yang pemimpin katakan, tanpa pertanyaan. Orang-orang tersebut mungkin baik untuk meningkatkan ego para pimpinan, namun para pemimpin membutuhkan anggota yang dapat membantah mereka jika hal tersebut adalah hal yang lebih baik untuk bisnis mereka.

"Saya menginginkan orang yang... tidak takut untuk memperjuangkan hal yang mereka anggap benar untuk perusahaan," ujar Meg Shetz, mantan presiden dan COO dari Medifast. "saya juga akan mencari orang yang mengerti bahwa mereka tidak harus selalu setuju terhadap setiap keputusan perusahaan yang dibuat, tetapi mereka harus menemukan cara untuk mendukung tim mereka dengan pendekatan yang baik"

6. Dapat Bekerja dalam Tim

Hampir setiap pekerjaan memerlukan kolaborasi dengan pihak lain, baik itu dengan tim atau karyawan lainnya, serta beberapa grup klien. Kemampuan berkerja efektif dan sifat yang mudah sesuai dengan orang lain adalah kunci untuk hampir setiap pekerjaan.

"Perusahaan menghargai seseorang yang fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan berbagai karakter dan metode pekerjaan" Ujar Peppercorn. "Contoh dari keberhasilan bekerja dalam tim harus menjadi bagian dari setiap interview dalam melamar pekerjaan."

7. Sesuai secara kultur

Tiap perusahaan mungkin akan menghargai karakter yang berbeda, namun mereka tetap mencari seseorang yang sesuai atau PAS secara kultur. Setiap kultur atau lingkungan perusahaan berbeda antara satu sama lain, dan setiap perusahaan di buat dengan nilai inti yang berbeda. Apa yang paling penting bagi perusahaan adalah orang yang mereka pekerjaan harus dapat menegaskan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan sehari-hari mereka di perusahaan.

Bagaimana Cara Menonjolkan Karakter

Karakter seseorang sangat sulit untuk diperagakan dalam resume atau surat lamaran kerja, jadi sangatlah penting untuk menonjolkan karakter seseorang dalam proses interview. Sheetz menegaskan bahwa "menceritakan cerita tentang kalian akan bagaimana kalian bereaksi terhadap pengalaman sangat penting untuk membantu kalian menunjukkan karakter"

Hal diatas disetujui oleh Haefner, yang mana ia menambahkan bahwa jika kalian hanya mengatakan bahwa kalian dapat bekerja dalam tim, hal tersebut tidak cukup untuk beberapa perusahaan. Setidaknya, kalian harus memberi tahu pengalaman kalian ketika kalian bekerja dalam tim untuk mencapai tujuan.

Yoder juga berkata, bahwa hal terbaik untuk mencerminkan karakter kalian adalah dengan menjadi diri sendiri "Jika kalian cocok, hal tersebut akan terlihat. Jika kalian tidak, maka itu juga akan terlihat. Hal paling penting adalah untuk mengingat bahwa katika kalian melakukan interview, hal tersebut memiliki dua sisi - kalian melakukan interview kepada perusahaan seperti perusahaan melakukan interview kepada kalian."

Nah, itulah artikel tentang 7 karakter yang dapat mempermudah melamar pekerjaan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang dalam proses melamar kerja.