Apa itu Laporan Keuangan? Pentingkah?

Apa itu Laporan Keuangan? Pentingkah? - Setiap orang menyukai uang, terlebih lagi jika kamu adalah pemilik usaha atau bisnis, kamu tentu akan sangat menyukai dan membutuhkan uang bukan? Sama seperti saya benci dengan kenyataan bahwa saya membutuhkan uang, banyak orang bahkan menjadikan uang sebagai tujuan hidup mereka. Namun, mereka lupa sesuatu yang sangat penting, yaitu Laporan Keuangan. 

Laporan Keuangan Edukasi-Remaja.com


Bagi para pemilik Bisnis tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah laporan, terlebih laporan keuangan, namun bagi kamu remaja yang ingin memulai bisnis, mungkin belum tahu apa itu laporan keuangan, maka dari itu kali ini Edukasi-Remaja.com akan menjelaskan seputar laporan keuangan. 


Apa itu Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah penjelasan atau susunan informasi yang menerangkan kesehatan finansial suatu bisnis. Beberapa laporan menunjukkan hasil operasional perusahaan/ atau bisnis dalam jangka waktu tertentu, bisa juga untuk menunjukkan keadaan finansial bisnis atau usaha pada saat tertentu. 

Beberapa contoh umum dari laporan keuangan adalah tentang laporan dana yang ada di perusahaan, laporan untung dan rugi, laporan  dana yang tidak terpakai, serta laporan ekuitas pemilik bisnis/usaha. Ada juga laporan konsolidasi penghasilan bagi perusahaan yang memiliki banyak departemen atau anak perusahaan, juga laporan yang lebih terfokus seperti perkembangan modal usaha/bisnis. Namun, tujuan dari hal diatas tetaplah satu, yaitu untuk menunjukkan keadaan finansial suatu bisnis/usaha.


Mengapa Laporan Keuangan Sangat Penting

Ketika mengingat tentang laporan keuangan, hal yang terpikir oleh kebanyakan orang adalah pajak. Dan tentu, pajak selalu menjadi pertimbangan ketika mereview keuangan perusahaan. Tetapi, laporan keuangan lebih bermanfaat dan banyak digunakan untuk tujuan lain. Paling utama, laporan tersebut digunakan untuk bagian manajemen dalam perusahaan untuk mendapatkan pengelihatan tentang apa yang terjadi pada berbagai bagian dalam bisnis/perusahaan dan sebagai acuan dalam mengambil keputusan dalam operasi - seperti bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 


Beberapa situasi lain dimana laporan keuangan dibutuhkan adalah : 

- Melakukan pengecekan "value" Atau harga dari Bisnis/usaha

- Sebagai syarat untuk menerima pinjaman bisnis kecil

- Menentukan tipe asuransi bisnis dan kebutuhan coverage


Untuk perusahaan besar, laporan keuangan juga sangat penting untuk ditunjukkan kepada pemegang saham, jadi mereka tahu apa yang terjadi didalam perusahan. Laporan tersebut menyediakan informasi penting tentang status finansial perusahaan dan hasil dari operasi/tindakan yang mereka ambil. 



Tipe-Tipe Laporan Keuangan


Ada banyak tipe laporan keuangan untuk menunjukan berbagai aspek dari keadaan finansial perusahaan. Tetapi ada 4 jenis laporan keuangan yang digunakan, terutama oleh bisnis kecil. 


- Laporan Dana / Modal

Laporan Dana / modal adalah gambaran tertentu tentang aset, liabilities dan ekuitas pemegang saham. Laporan ini terdiri atas susunan aset, hutang dan keuntungan bersih dari perusahaan, setiap bagian dipisahkan berdasarkan kategori, (jangka-panjang dan jangka-pendek, sebagai contoh). 


- Laporan keuntungan dan kerugian / Profit & Loss (P&L) 

Laporan P&L lebih menunjukan penghasilan perusahaan dan pengeluaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Digunakan untuk menunjukkan area dimana bisnis paling kuat dan paling lemah, laporan jenis ini juga digunakan untuk membandingkan pedorma perusahaan terhadap tahun/bulan-bulan belakangan untuk mengukur perubahan yang terjadi. 


- Laporan Dana yang Tak Terpakai (Dana Bebas)

Laporan ini menunjukkan sebanyak mana uang yang tersedia untuk membayar kreditur atau membayar dividen kepada investor. Untuk menentukan banyaknya jumlah dana yang tak terpakai, dengan cara mengambil total penjualan dan menguranginya dengan biaya yang dibutuhkan  dalam penjualan. Laporan ini membantu perusahaan dalam manajemen keuangan dan memisahkan mereka kedalam dana yang tidak terpakai untuk melanjutkan bisnis. 


- Laporan Ekuitas Pemilik Saham

Laporan ini digunakan untuk menunjukkan kepada investor tentang sebanyak apa jumlah nilai investasi mereka dalam perusahan. 


Sekian informasi tentang Apa itu Laporan Keuangan, Pentingnya Laporan Keuangan serta Tipe Laporan Keuangan. Semoga bermanfaat.