Cara mendapatkan Modal untuk Bisnis

Cara Mendapatkan Modal Usaha - Untuk anda yang ingin membangun usaha atau bisnis, masalah pendanaan merupakan masalah utama yang paling sering menghambat, baik itu ketika memulai atau mengelola bisnis yang berjalan. Tidak ada usaha yang bisa dimulai tanpa modal, dan tidak ada pula usaha yang bisa tetap berjalan tanpa dana untuk dipakai. Modal adalah darah dan daging dalam sebuah bisnis, mereka tidak dapat dipisahkan dari bisnis apapun bentuknya. Setiap bisnis, apapun industrinya, akan mati ketika mereka kehabisan dana untuk mengelola bisnis mereka. 

Pinjaman dan Galang Dana untuk Modal Bisnis


Mencari Modal Bisnis

Ada banyak cara untuk membiayai bisnis anda. Anda dapat mengumpulkan uang dan memulai bisnis, serta meminjam uang dari keluarga dan teman. Tetapi, tetap saja kebanyakan bisnis memilih pinjaman atau melakukan penggalangan dana. 

Jalan yang anda pilih akan mempengaruhi bagaimana cara anda menjalankan bisnis di berbagai aspek, jadi sebaiknya anda tidak memilih dengan sembarangan. Melakukan pinjaman dan penggalangan dana, keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan sendiri, dan pilihan terbaik biasanya tergantung dengan tipe bisnis yang anda jalankan, dan tujuan penggunaan uang anda. 


Cara untuk mendapatkan Modal Bisnis

Pinjaman

Opsi : Pinjaman Bank, Pinjaman Pribadi, pengadaian, Koperasi,  dan pinjaman alternatif lainnya. 

Keuntungan

Melakukan pinjaman adalah cara yang efektif untuk memodali Bisnis anda, jika anda memperoleh pinjaman melalui Bank, anda akan mendapatkan bunga yang lebih kecil dibandingkan dengan koperasi. Melakukan pinjaman juga dapat menjadi cara yang bagus untuk menaikkan skor kredit bisnis anda, dengan cara selalu membayar tepat waktu, sehingga akan mempermudah anda untuk mengajukan pinjaman lain. 

Keuntungan paling besar dari pinjaman untuk modal usaha adalah anda tetap bisa mempertahankan kepemilikan bisnis anda,  yang tentunya kemungkinan tidak akan terjadi jika anda memiliki investor atau penanam modal untuk bisnis anda. 


Kekurangan

Jika kamu melakukan pinjaman untuk bisnis kamu, proses nya bisa memakan waktu yang sangat lama. Anda juga harus memenuhi berbagai persyaratan yang dibutuhkan, dan memberikan berbagai informasi tentang anda dan bisnis anda. 

Harap dicatat, jika kamu gagal membayar pinjaman, maka kamu bisa kehilangan jaminan atau bahkan hak atas bisnis kamu. 

Walaupun pinjaman alternatif bisa memberikan waktu pemrosesan yang lebih cepat, namun mereka memberikan bunga yang lebih besar. Hal tersebut mungkin bagus ketika kamu dalam keadaan terjepit, namun tidak baik untuk jangka waktu panjang. 


Penggalangan Dana

Opsi : Dana Investor, Penggalangan Dana

Keuntungan

Mencari investor dapat menjadi cara yang lebih baik untuk membantu anda mengembangkan bisnis anda. Kenapa? Karena investor dapat memberikan lebih daripada uang saja. Tidak seperti pinjaman yang hanya memberikan uang, investor bisa jadi memiliki koneksi dan relasi yang cocok untuk bisnis anda, kapabilitas yang cukup untuk industri, ahli dalam distribusi, dll, yang kemungkinan tidak dapat anda akses jika anda hanya seorang diri. Mereka dapat memberikan saran dan masukkan untuk memajukan bisnis anda. Anda juga kemungkinan dapat menerima dana yang lebih banyak dari investor dibanding melakukan pinjaman, jika itu yang bisnis anda butuhkan ketika dalam keadaan terjepit. 

Jika kamu memilih melakukan penggalangan dana, prosesnya lebih mudah dibandingkan dengan melakukan pinjaman, dibandingkan dengan melalui proses kredit yang panjang. 

Penggalangan dana bisa dilakukan untuk bisnis dalam berbagai kondisi. Namun, "waktu anda berkecimpung dalam berbisnis" akan menjadi pertimbangan yang krusial. Kebanyakan investor mengabaikan bisnis baru yang membutuhkan dana untuk bangkit kembali. 


Kekurangan

Kelemahan terbesar dalam galang dana adalah anda harus menyerahkan sebagian kepemilikan bisnis anda. Investor bisa jadi akan mengambil bagian keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan pembayaran pinjaman, dan tidak menutup kemungkinan bahwa anda harus bertanya kepada mereka tentang keputusan yang akan mempengaruhi bisnis dikarenakan bisnis anda adalah milik mereka juga. 


Sekian Informasi tentang Pinjaman dan Galang Dana untuk memodali Bisnis anda, semoga bermanfaat.