<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saham baru IPO? Keuntungan dan kelebihan nya

Saham IPO dalam Trading saham - Jika anda sudah paham dengan istilah-istilah dalam trading, sebagai trader pasti anda pasti pernah mendengar IPO. Banyak yang menganggap bahwa saham yang baru IPO akan membawa keuntungan besar ketika dimainkan dengan waktu singkat. Namun, saham yang baru IPO tidak selalu baik untuk dimainkan, berikut penjelasannya

Saham IPO dalam Trading saham - Jika anda sudah paham dengan istilah-istilah dalam trading, sebagai trader pasti anda pasti pernah mendengar IPO. Banyak yang menganggap bahwa saham yang baru IPO akan membawa keuntungan besar ketika dimainkan dengan waktu singkat.



Apa itu IPO

Apa yang dimaksud IPO? IPO adalah Initial Public Offering, atau penawaran saham perdana untuk di perdagangkan kepada publik. Umumnya yang melakukan IPO adalah perusahaan-perusahaan swasta, mereka melakukan hal tersebut untuk menambah modal perusahaan, membantu melunasi hutang perusahaan atau juga mencari dukungan finansial untuk dapat melakukan ekspansi perusahaan, dengan cara menjual saham perusahaan kepada masyarakat umum dengan bentuk saham perlembar.

Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering disebut sebagai perusahaan terbuka, dimana mereka adalah perusahaan yang dimiliki oleh banyak pemilik, pemilik yang dimaksud adalah mereka yang memiliki saham di perusahaan tersebut.

Sebelum melakukan IPO, perusahaan harus mendapatkan persetujuan dari shareholder sebelumnya. Di Indonesia sendiri, setelah mendapat persetujuan dari shareholder maka perusahaan harus menyampaikan permohonan untuk pencatatan saham di bursa efek indonesia serta menyampaikan pendaftaran ke Otoritas Jasa Keuangan. Setelah itu, maka OJK akan menelaah permohonan denga  data dan informasi yang ada, serta dapat meminta data tambahan dan perubahan kepada perusahaan sebelum mereka siap menjual saham kepada publik.


Trading saham yang baru IPO

Jika anda berdagang di market, tentunya anda pernah sesekali melihat atau mengamati saham yang baru listing atau terpasang di bursa efek. Pada hari-hari awal listing, hampir semua saham yang baru IPO harganya selalu naik drastis, bahkan bisa mencapai 40% diatas pasca listing.

Kenaikan saham IPO yang baru listing tersebut, dapat berlanjut hingga beberapa hari kedepan, meskipun ada beberapa saham yang saat hari pertama tidak naik tinggi, namun kalau diperhatikan lebih seksama maka lebih banyak harga saham baru IPO yang meroket dengan sangat cepat. Hingga akhirnya, banyak trader yang ingin mencoba trading dengan cepat di saham-saham yang baru IPO tersebut, namun ada banyak yang ketinggalan momentum, karena begitu market buka, harganya langsung naik tinggi sehingga order pembelian tidak terpenuhi.

Keuntungan bermain saham IPO

Saham IPO dapat mendorong euforia para trader, mereka lebih dari senang untuk membeli saham yang baru IPO sehingga sering kali ada perusahaan yang tidak bisa menyediakan demand para trader. Hal tersebut berarti bahwa saham tersebut memiliki banyak peminat dan ada kemungkinan besar harganya akan melejit tinggi.

Kekurangan bermain saham IPO

Saat saham baru menjalani masa IPO, ada oknum atau pelaku yang mempermainkan harga saham, hal itu dapat terlihat jika saham yang baru IPO naik dengan cepat tetapi likuiditas nya sangat rendah. Karena ada pelaku yang mempermainkan harga, akibatnya Bid-Offer saham yang baru IPO juga sangat sedikit dan jarak harganya sangat renggang.

Karena itu, ada baiknya sebagai Trader anda mengamati dengan cermat sebelum bermain saham IPO. Saham yang baru IPO harus diamati dengan cermat pergerakan saham nya, karena dengan begitu akan terlihat bahwa ada sesuatu yang janggal ada fluktuasi saham IPO. Sehingga bagi para trader yang suka berburu profit cepat, ada baiknya hindari dahulu saham-saham yang baru pertama kali listing di bursa atau saat pertama kali IPO. Dikarenakan harga fluktuatif saham yang liar dan tidak pasti kemungkinan dapat menjebak anda dengan harapan profit yang tinggi.

Sekian informasi tentang keuntungan dan kerugian bermain saham IPO yang baru listing di bursa, semoga bermanfaat.