Indonesia Website Awards

Cara Daftar DOKU Terbaru

Edukasi-Remaja.com - DOKU adalah salah satu dompet digital di Indonesia yang mengklaim bahwa mereka adalah perusahaan teknologi pembayaran pertama di Indonesia. Selain itu, DOKU juga memiliki lebih dari 150 ribu merchant, memiliki lebih dari 3 juta pengguna, dan sudah didirikan pada tahun 2007 lalu. Soal sepak terjang, DOKU ini memang memiliki pengalaman yang cukup mumpuni.

Kelebihan DOKU

1. Berumur cukup lama

Seperti yang saya katakan di atas, DOKU sudah didirikan sejak tahun 2007 lalu. Artinya bahwa perusahaan ini sudah teruji berdasarkan pengalaman. Tapi soal kualitas, sepertinya harus dipikir-pikir lagi.

2. Adanya fitur investasi

Di halaman beranda, kamu bisa menemukan sebuah ikon yang dibawahnya bertuliskan "Investasi". Nah di sana kamu bisa menemukan bahwa DOKU terintegrasi dengan Bareksa untuk Investasi Reksadana dan IndoGold untuk membeli emas.

Kekurangan DOKU

1. Tampilan yang kurang menarik

Saat melihat tampilan DOKU, aplikasi ini terlihat jadul dan tidak sesuai dengan zaman sekarang. Hal tersebut merupakan kekurangan yang cukup signifikan bagi DOKU. Karena seperti kita tahu, OVO, DANA, dan yang lainnya memiliki tampilan yang menarik.

2. Minim layanan yang tersedia

Kekurangan yang kedua adalah sedikitnya layanan yang disediakan oleh DOKU. Di halaman "Bayar dan Beli", kamu hanya bisa bertransaksi Google Play, Pulsa, Paket Data, Listrik, Telepon, Air/PDAM, TV Berlangganan, dan Asuransi. Jumlah layanan tersebut masih jauh jika dibandingan beberapa dompet digital lain yang menjadi pengusaha pasar.

Cara daftar DOKU dan cara lengkapi profil

Berikut ini adalah cara daftar doku terbaru :

  1. Silahkan instal dulu DOKU.
  2. Setelah selesai, silahkan buka saja aplikasinya.
  3. Di sana akan muncul beberapa slide informasi. Langsung saja klik "SKIP".
  4. Untuk mendaftar, silahkan klik "Baru di DOKU? Daftar Sekarang".
  5. Di halaman pertama, silahkan isi nama lengkap dan juga pilih jenis kelamin. Setelah itu, silahkan klik "SELANJUTNYA".
  6. Kemudian isilah email dan nomor HP. Setelah selesai, klik "SELANJUTNYA".
  7. Selanjutnya adalah memasukkan tanggal lahir. Silahkan isi saja dan klik "SELANJUTNYA" jika sudah selesai.
  8. Di halaman ke-4, waktunya untuk membuat password baru. Silahkan pilih password yang kompleks tapi mudah diingat. Setelah kolom password dan ketik ulang password terisi dengan benar, klik "SELANJUTNYA".
  9. Nah sekarang waktunya untuk melihat ulang data yang tadi kamu isi. Jika sudah benar, langsung saja klik "BUAT AKUN SAYA".
  10. Selamat, akun DOKU kamu berhasil dibuat. Langkah selanjutnya silahkan klik "MASUK DASHBOARD".
  11. Selanjutnya akan menampilkan informasi yang mungkin bermanfaat. Silahkan geser sampai akhir dan klik "MASUK DASHBOARD".
  12. Agar bisa melakukan transfer, tarik tunai, dan menambah maksimum saldo sampai Rp10 juta, kamu harus melengkapi profil terlebih dahulu. Caranya adalah silahkan klik baris 3 yang ada di pojok kanan atas.
  13. Kemudian klik "Edit Akun".
  14. Setelah itu silahkan klik "Lengkapi Profil

Nah di sana akan ada banyak kolom yang harus kamu isi. Diantaranya adalah No. ID (KTP/SIM/Passport), No. Kartu Keluarga, Alamat, Kota, Tempat Lahir, dan pekerjaan. Selanjutnya kamu juga diharuskan untuk memfoto KTP dan foto selfie bersama KTP. Setelah selesai, langsung saja klik "SIMPAN".

Peningkatan akunmu sedang di proses. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 2x24 jam.

Nah itulah cara daftar DOKU dan cara melengkapi profilnya. Meskipun saat ini DOKU tidak sepopuler dompet digital kekinian, tapi mungkin tetap bisa kamu jadikan alternatif untuk melakukan beberapa pembayaran.