<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Buku Warung Terbaru

Edukasi-Remaja.com - Buku warung merupakan salah satu jenis aplikasi keuangan digital yang memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pengunduh aplikasi ini di palystore yaitu dengan jumlah 6,5 juta lebih unduhan. 

Dalam sebuah bisnis, kerapian pembukuan sangat berpengaruh terhadap kelancaran pergerakan dan kesuksesan usaha yang kamu miliki. Sekarang banyak aplikasi keuangan serupa yang bisa digunakan untuk membantu dan memudahkan pengelolaan keuangan usaha kamu. 

Namun, kali ini edukasi-remaja.com akan mengulas satu aplikasi keuangan yang memiliki banyak penggunnya yaitu buku warung. Apa sih keuntungan yang di dapat pada aplikasi ini? Bagaimana cara kerjanya? Bagaimana cara menggunakannya? 

Kamu tidak perlu bingung lagi. Karena artikel ini akan memberikan penjelasan kamu secara padat, jelas dan berbobot. Disimak, Yuk!

Cara Daftar Buku Warung Terbaru

Sebelum menggunakan aplikasi buku warung, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti. Berikut penjelasannya:

1. Pertama-tama kamu harus mengunduh aplikasi “Buku Warung” di playstore pada android kamu.

2. Langkah kedua, setelah aplikasi berhasil terinstal di smartphone kamu. Buka aplikasi tersebut.

3. Daftar akunmu dengan menggunakan nomor telepon. Tenang saja, data yang kamu berikan akan aman dan terjaga. 

4. Jika sudah selesai, maka kamu akan di minta untuk memasukkan kode verifikasi

5. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui sms ke nomor yang kamu daftarkan tadi. Setelah itu, kamu akan di minta untuk mengisi nama tokomu. 

6. Tahap terakhir, buku warung sudah mulai bisa kamu gunakan. 

Fitur-fitur pada Buku Warung

Adapun fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi buku warung, yaitu:

1. Menu Utama

Pada menu ini kamu bisa menambahkan beberapa nama toko atau usaha yang kamu miliki. 

2. Catat Utang

Pada fitur ini kamu dapat mencatat utang pelanggan kamu dengan mengisi jumlah nominal, nama pelanggan dan menghubungkan nomor telepon pelanggan pada buku telepon secara otomatis. 

3. Transaksi

Pada fitur ini kamu bisa mencatat semua transaksi yang terjadi pada setiap harinya. Dengan begitu, tidak ada yang terlewat dan pembukuan keuangan usaha kamu lebih terstruktur. Pada pencatatan transaksi ini kamu dapat mengisi barang yang dibeli, total pengeluaran, pilihan status lunas/belum lunas, tambahan informasi opsional yaitu catatan, kategori dan nama pelanggan yang bisa kamu impor dari buku telepon. Semua dengan jelas tercatat beserta tanggal transaksi pada waktu tersebut. 

4. Pembayaran

Pada fitur ini kamu dapat memilih proses pembayaran seperti pulsa, listrik, e-wallet, paket data dan lain sebagainya. Ketika kamu memilih menu “Bayar”, kamu akan diminta untuk mengizinkan buku warung megakses kontak untuk keperluan data, jika pelanggan kamu sudah terdaftar di kontak. Namun, jika belum kamu dapat memilih menu “Tambah pelanggan baru”.

Keuntungan menggunakan Buku Warung

Setiap aplikasi pasti memiliki nilai lebih. Begitu juga dengan buku warung. Ada beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan saat bertransaksi dengan menggunakan buku warung, yaitu:

• Tidak dikenakan biaya admin

Jelas sangat menguntungkan jika tidak ada biaya admin yang dikenakan. Ini tidak hanya berlaku pada transaksi yang dilakukan oleh juragan/pemilik usaha saja. Tetapi juga pelanggan-pelanggan kamu. Ketika kamu melakukan transaksi kepada rekan bisnis melalui pembayaran digital juga tidak dikenakan potongan komisi dan transfer bank. 

• Dapat melakukan pembayaran di banyak tempat

Disediakannya pilihan pembayaran dengan melalui berbagai rekening dan uang elektronik seperti dana, ovo, e-wallet, shopeepay dan lain sebagainya. 

• Penagihan mudah

Data pelanggan yang berhutang tersimpan dengan rapi dan kamu bisa langsung mengirimkan tagihan tersebut pada pelanggan lengkap dengan keterangannya. 

• Pembukuan Rapi

Dengan menggunakan berbagai transaksi yang tersedia di buku warung, pencatatan keuangan bisa lebih terstruktur, rapi dan kamu dapat untung. Kerapian pencatatan ini sangat diperlukan dalam setiap lini usaha. Sekarang dengan buku warung kamu tidak perlu repot menghitung manual dan membuat rekapan pencatatan secara manual. 

Nah, itu dia cara daftar buku warung yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Kesempatan untuk usaha yang lebih maju, berkembang dan untung bisa lebih mudah kamu dapatkan. Begitu juga dengan kenyamanan informasi dari edukasi-remaja.com yang siap membantu kamu.