5 Cara Investasi Emas di Penggadaian

Edukasi-Remaja.com - Bagi kalian, tentunya telah mendengar penggadaian. Siapa sih yang belum pernah dengar tentang penggadaian? Tetapi, pasti banyak yang belum mengetahui, kalau selain berfungsi untuk menggadaikan barang kalian saat keadaan darurat, Penggadaian juga dapat berfungsi sebagai sarana investasi loh? Penasaran? Yuk disimak 5 cara investasi emas di penggadaian.

Apa itu Investasi

Investasi merupakan sesuatu usaha yang kita jalani buat mendapatkan keamanan dalam finansial serta pula keamanan terhadap keadaan yang tidak tentu pada masa depan. Salah satu investasi yang dinilai sangat meguntungkan merupakan investasi emas. Investasi emas ialah aktivitas buat menabung. Dapat dikatakan alternatif dari menabung duit. Sebab tidak terdapat yang dapat diharapkan dengan emas, kecuali cuma menunggu harga emas naik. Warga universal lebih mengenali investasi emas dengan memakai perantara bank serta pula dengan perantara industri yang bergerak di bidang pertambangan. Salah satu berbagai investasi emas yang masih belum banyak dikenal oleh banyak orang tetapi sangat gampang sekali bila dijalankan dan sangat bawa untung untuk investor yakni investasi emas pegadaian.

Investasi emas di pegadaian ialah tipe investasi emas yang tentu nyaman, tentu terjamin serta pula tentu gampang, mengingat pegadaian saat ini sudah menawarkan sistem tunai serta pula kredit dalam investasi pada emasnya. Sistem kredit pada pembelian emas yang terdapat di pegadaian ini bisa jadi bisa jadi pemecahan serta pula peluang buat investor dengan dana yang terbatas. Membeli emas serta pula menginvestasikan emas pada sesuatu penyedia layanan pegadaian merupakan opsi yang sangat pas disebabkan cocok dengan misi BUMN yang pada spesialnya pegadaian ini diperuntukan buat menolong dalam tingkatkan kesejahteraan warga di Indonesia.

Metode Investasi Emas di Penggadaian

Kemudian, gimana metode investasi emas di pegadaian? Ikuti uraian berikut:

1. Menitip

Untuk Kamu yang takut menaruh emas di rumah, Pegadaian bisa jadi alternatif tempat penyimpanan. Layanan jasa penitipan emas Pagadaian ini telah teruji nyaman serta terjamin. Masing- masing emas yang dititipkan hendak diasuransikan sehingga Kamu tidak butuh takut hendak permasalahan kehabisan emas.

Bayaran penitipan emas di Pegadaian pula lumayan terjangkau, ialah Rp 20.000 per 100 gr masing- masing bulannya.

2. Mencicil

Untuk Kamu yang tertarik buat berinvestasi emas tetapi mempunyai dana yang sangat sedikit, bisa jadi layanan cicilan emas dari Pegadaian bisa jadi opsi Kamu.

Prosedurnya sangat gampang: Kamu cuma butuh menghadiri kantor Pegadaian terdekat di kota Kamu, seleksi logam mulia yang Kamu mau, kemudian bayar duit muka( DP) 20- 30% dari nilai emas tersebut. Tenor cicilan hendak berkorelasi dengan besarnya jumlah cicilan. Prosedur cicilan ini pula bisa Kamu jalani secara online lewat web Pegadaian. Apabila cicilan emas sudah lunas, Kamu hendak menerima emas Kamu satu hingga 2 pekan sehabis waktu pelunasan.

3. Tabungan Emas

Konsep tabungan emas sama semacam Kamu menabung duit di bank. Kamu membeli emas di Pegadaian yang setelah itu Kamu titipkan di Pegadaian di mana Kamu dapat mencairkannya cocok prosedur serta keadaan waktu yang berlaku.

Pada layanan ini harga emas hendak disesuaikan dengan harga kala transaksi awal kali dicoba, serta tabungan hendak diawali dari berat emas terendah. Serta apabila Kamu bernazar mau mencairkannya, hingga harga hendak disesuaikan dengan nilai harga dikala itu.

Layanan ini sesungguhnya dimaksudkan buat membagikan akses kemudahan investasi emas untuk warga, paling utama golongan menengah ke dasar. Sebab dengan cuma minimun Rp 5. 000 serta Rp 10. 000, Kamu telah bisa mempunyai tabungan emas alias investasi emas seberat 0, 01 gr.

4. Gadai Emas

Apabila Kamu memerlukan dana tetapi tidak mau menjual emas yang Kamu miliki, layanan gadai emas Pegadaian bisa jadi pemecahan untuk Kamu. Kamu cuma butuh menitipkan emas di Pegadaian serta Pegadaian hendak meminjamkan beberapa duit buat Kamu.

Ada pula nilai pengambilan duit yang dapat dicoba dari transaksi gadai emas ini merupakan 85% dari harga emas. Namun sistem gadai emas di pegadaian senantiasa memilik beban administrasi serta bayaran sewa walaupun jumlahnya relatif kecil. Jangka waktu penitipan gadai emas ini merupakan sepanjang 4 bulan, serta bisa Kamu perpanjang dengan bonus bayaran sewa.

5. Arisan Emas

Program ini bisa Kamu simak dengan mengajukan permohonan ke kantor Pegadaian ataupun membentuk kelompok Kamu sendiri yang beranggotakan minimun 6 orang. Konsepnya sama semacam arisan pada biasanya, ialah sehabis jangka waktu tertentu hendak terdapat pengundian buat memperoleh hasil arisan. Jangka waktu yang diresmikan di Pegadaian merupakan per bulan, serta nama anggota yang keluar dari undian hendak memperoleh satu keping emas yang sudah dipesan. Keuntungan arisan emas di pegadaian merupakan nilai emas yang bertabiat flat sehingga naik ataupun turunnya harga emas tidak hendak mempengaruhi harga emas di program ini sebab tidak hendak berganti semenjak dini perjanjian.

Jadi, jelaslah kalau investasi emas ialah salah satu alternatif menabung duit. Apabila Kamu mempunyai kelebihan duit, jangan seluruh ditabungkan ke dalam bank. Sebab nilai mata duit dapat saja terus menyusut sebab tergerus inflasi. Jadi, sebagian duit Kamu wajib diganti dalam wujud emas supaya apabila mata duit hadapi penyusutan, malah harga emas hadapi peningkatan. Apabila begitu, jelas investasi emas dikatakan nyaman.