Cara Daftar Prakerja Terbaru 2022

Edukasi-Remaja.com - Masyarakat Indonesia, terutama yang bekerja, atau sedang mencari kerja saat ini di hebohkan dengan program pemerintah. Bagaimana tidak? Ketika seseorang mendaftar dan lulus seleksi prakerja, mereka bisa mendapatkan itensif atau tunjangan dari pemerintah. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang ingin mendaftar prakerja. Tetapi, tidak semua orang mengetahui cara daftar pra kerja tersebut. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara daftar prakerja terbaru 2022.

Pra kerja menjadi sangat memikat baru-baru ini di masa pandemi. Kenapa? Karena para pemilik kartu prakerja bisa mendapatkan itensif dari pemerintah. Itensif tersebut membuat banyak orang ingin mendaftar dan lulus tes prakerja. Saat artikel ini ditulis, prakerja telah memiliki hingga 23 gelombang pendaftaran, dan masih akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

tidak semua orang mengetahui cara daftar pra kerja tersebut. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara daftar prakerja terbaru

Apa itu Prakerja?

Prakerja atau kartu prakerja, merupakan program pemerintah bagi masyarakat Indonesia, terutama yang berstatus pengangguran atau pencari kerja, korban PHK dan mereka yang membutuhkan peningkatan Kompetensi di bidang masing-masing.

Karena target program ini begitu luas, maka syarat daftar pra kerja pun dibuat lebih mudah, hasilnya, para calon pendaftar hanya memerlukan KTP saja untuk mendaftar di program pra kerja ini. Mau tahu bagaimana cara daftar pra kerja? Disimak hingga habis ya.

Apa Saja Syarat Mendaftar Prakerja?

Nah, bagi yang ingin mendaftar pra kerja, tetapi masih binggung apa saja syarat mendaftar di program prakerja ini. Berikut adalah syarat mendaftar di Pra Kerja :

1. Berumur 18 tahun atau lebih

Kalian harus berumur 18 tahun atau lebih untuk mendaftar di program ini, karena mereka yang berumur dibawah 18 tahun belum memiliki KTP dan belum bisa dianggap sebagai golongan pekerja atau pencari kerja.

2. Memiliki KTP & KK yang masih berlaku

Calon pendaftar Prakerja diwajibkan untuk memiliki KTP yang masih berlaku, karena KTP digunakan untuk memverifikasi identitas kalian. Jika kemudian KTP kalian secara fisik bermasalah serta data KTP tidak sesuai, silahkan perbarui terlebih dahulu KTP kalian agar memperlancar pendaftaran pra kerja ini. Sedangkan nomor KK dibutuhkan untuk memastikan bahwa tidak ada lebih dari 2 orang yang mendaftar di program prakerja ini.

3. Memiliki Rekening Bank atau E-wallet aktif sesuai nama KTP

Setelah memiliki KTP, hal lain yang wajib kalian miliki adalah rekening bank atau e-wallet yang telah terverifikasi dengan KTP kalian. Mengapa? Karena rekening dan e-wallet akan menjadi tempat pencairan dana itensif untuk kalian nantinya. Sehingga hal tersebut sangat amat penting untuk kalian miliki.

Cara Daftar Prakerja Terbaru

Berikut ini adalah cara daftar pra kerja terbaru yang bisa dilakukan via handphone atau laptop kalian :

1. Buka Peramban di Handphone atau PC kalian, lalu pergi ke situs prakerja.go.id
2. Setelah kalian masuk ke situs prakerja.go.id tap Daftar Sekarang.
4. Isi alamat e-mail yang ingin kalian daftarkan dan password untuk login ke akun pra kerja kalian.
5. Buka email yang dikirimkan oleh prakerja, lalu tap Verifikasi agar bisa memverifikasi email kalian dan melanjutkan pengisian informasi identitas.
6. Setelah verifikasi email berhasil, silahkan login ke prakerja dengan email dan password yang tadi kalian buat.
7. Ambil KTP dan KK kalian lalu isi Nomor KTP dan KK di form yang tersedia.
8. Isi informasi data diri kalian, alamat, dan tempat tinggal.
9. Foto KTP kalian, pastikan tulisan terlihat jelas dan tidak blur atau buram.
10. Verifikasi nomor hanphone, pastikan nomor handphone tersebut terdaftar di rekening atau e-wallet kalian ya, agar mempermudah proses pencairan itensif prakerja.
11. Isi kode OTP yang dikirimkan oleh pra kerja.
12. kemudian, kalian akan dihadapkan dengan pernyataan pendaftar, seperti "apakah kalian saat ini sedang menganggur?" jawab sesuai dengan keadaan kalian dan kirim.
13. Setelah selesai mengisi informasi dan pernyataan, berikutnya adalah tes motivasi dan kemampuan dasar.
14. Jawab pertanyaan di tes motivasi dan kemampuan sesuai dengan kemampuan kalian, jika telah selesai kalian bisa mendaftar di gelombang pra kerja.

Mudah bukan cara daftar pra kerja terbaru ini? Selanjutnya adalah melakukan pengajuan atau pendaftaran gelombang prakerja.

Cara Mendaftar Gelombang Prakerja

Untuk mendaftar di gelombang prakerja, sebenarnya cukup mudah. Setelah kalian mendaftar di program kartu pra kerja, kalian bisa langsung mendaftar di gelombang yang tersedia ketika selesai mendaftar. Namun, ketika kuota pendaftar penuh, kalian hanya bisa menunggu hingga gelombang baru terbuka lagi.

Apabila kalian sukses mendaftar, namun tidak memenuhi kriteria yang dicari, kalian bisa menunggu hingga gelombang berikutnya terbuka kembali dan mendaftar kembali. Penulis artikel ini sendiri telah mengalami 8 kali penolakan oleh program prakerja. Tetapi ada teman penulis yang langsung lulus dan mengikuti gelombang pra kerja ketika pertama kali mendaftar. Jadi, jangan menyerah ya.

Pencairan Saldo Prakerja

Untuk melakukan pencairan itensif pra kerja, kalian harus memiliki rekening bank atau e-wallet yang aktif. Adapun bank yang mendukung pencairan itensif dari prakerja adalah BRI, dan e-walet adalah GoPay, LinkAja, Dana, dan OVO.

Bagaimana Cara Menghubungkan ewallet atau Rekening dan Mencairkan Saldo

Berikut ini adalah cara menghubungkan rekening atau e-wallet dengan prakerja kalian :

1. Login ke halaman prakerja kalian
2. Cek Saldo kalian
3. Tap hubungkan rekening
4. Isi nama bank/e-wallet, nomor rekening, nama kalian.
5. Tap hubungkan rekening, lalu aktifkan Rekening / e-wallet.
6. Lakukan pencairan dana, dengan mengisi nomor rekening
7. Kalian akan dikirimkan kode OTP di nomor handphone terdaftar
8. Isi Kode OTP, dan PIN e-wallet kalian
9. Selesai, kalian sudah bisa melakukan pencairan dana.

Setelah semua beres, kalian hanya perlu menunggu 3-5 hari kerja setelah permohonan pencairan dilakukan. Dana akan masuk ke rekening atau e-wallet kalian.

Apa itu Itensif Prakerja

Di masa pandemi ini, pemerintah mengadakan program itensif bagi mereka yang telah mendaftar dan memiliki kartu prakerja, program itensif ini bertujuan untuk membantu masyarakat golongan pencari kerja agar memudahkan hidup mereka saat mencari kerja.

Adapun syarat untuk mendapatkan itensif pra kerja adalah :

  • Memiliki Akun Prakerja
  • Telah melakukan pelatihan Pertama
  • Telah terdaftar di laporan Manajemen pelaksana, bahwa peserta telah menyelesaikan pelatihan pertama

Saat kalian memenuhi persyaratan diatas, maka kalian bisa mendapatkan itensif bantuan dari program pra kerja.

Apa saja dan Berapa Itensif yang Diberikan?

Nah, masih banyak yang binggung tentang apa saja sih itensif prakerja, dan berapa saja jumlah itensif yang dapat dicairkan. Berikut ini adalah jenis itensif dan jumlah itensif prakerja :

1. Itensif Bantuan Biaya Pelatihan

Itensif Pelatihan adalah saldo yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan kemampuan kalian, dengan cara melakukan pelatihan di partner yang telah bekerja sama dengan prakerja. Adapun besarnya dana pencairan itensif pelatihan adalah : Satu Juta Rupiah

Saldo tersebut dapat kalian gunakan untuk melakukan pelatihan.

2. Itensif Bantuan Pemerintah

Itensif bantuan ini merupakan program pemerintah yang membuat pra kerja populer, kenapa tidak? Hal tersebut membuat prakerja menjadi sebuah harapan baru, terutama di masa pandemi ini. Bagi kalian para masyarakat Indonesia yang telah menyelesaikan pelatihan prakerja, kalian berhak mendapatkan itensif dari pra kerja. Berikut ini adalah besarnya dana itensif prakerja :

Itensif Biaya Mencari Kerja : 600,000 atau enam ratus ribu rupiah.

Itensif Pengisian Survey Evaluasi : 50,000 atau lima puluh ribu rupiah per survey.

Lumayan bukan? saat kalian sedang mencari pekerjaan, kalian bisa mendapatkan bantuan dana pelatihan untuk meningkatkan skill serta kemampuan kalian dan juga bisa mendapatkan tunjangan untuk biaya hidup.

Sekian artikel tentang cara daftar pra kerja, semoga artikel tentang cara daftar prakerja terbaru 2022 ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mendaftar parkerja.