Pengertian Investasi dengan Uang Digin atau Cold Money

hindari investasi dengan uang yg akan di pakai ya, gunakan cold money atau uang sisa. Sekian artikel tentang Pengertian cold money atau uang dingin

Edukasi-Remaja.com - Banyak sekali orang yang setres dan marah pada diri mereka sendiri. Pasalnya, mereka menginginkan keuntungan dari investasi, tetapi menyesal ketika uang yang mereka miliki terlanjur di Investasikan. Nah, kali ini edukasi-remaja.com akan memberikan pengertian tentang cold money atau uang dingin bagi kalian yang ingin berinvestasi.

Apa itu Cold Money?

Uang dingin atau bisa disebut juga uang nganggur merupakan uang atau dana lebih daripada sisa-sisa uang diluar keperluan sehari-hari. Uang tersebut dapat diartikan uang yang belum jelas peruntukannya, atau belum diketahui akan digunakan untuk apa uang tersebut.

Berikut adalah syarat apakah uang yang kalian miliki termasuk jenis cold money (uang dingin) atau bukan :

Apakah kita akan mengalami kesulitan ketika uang tersebut :

  • uang tersebut hilang
  • sulit di cairkan
  • berkurang jumlah atau nilainya
  • uang tersebut akan dipakai untuk keperluan lain

Biasanya uang dingin tidak berasal dari sumber dana berikut :

  • uang dapur atau uang makan
  • dana operasional
  • dana darurat
  • uang tabungan
  • uang untuk bayar tagihan, cicilan dan sebagainya

Dari ciri-ciri diatas, jelaslah kalau uang dingin bukanlah uang yang akan kalian pakai di waktu dekat, atau dengan kata lain uang sisa. Artinya jika kalian memiliki dana tapi ternyata uang itu akan kalian gunakan untuk kebutuhan-kebutuhan sehari-hari atau bersumber dari situ, maka uang tersebu tidak dapat disebut dengan uang dingin.

Manfaat penggunaan Cold Money saat Investasi

Setiap jenis investasi tentunya memiliki resiko penurunan harga, dan kita tidak ingin dirundung rasa panik dan stress dikarenakan takut nilai investasi kita menurun. Maka dari itu uang dingin beperan penting di sini.

Dengan menggunakan uang dingin untuk berinvestasi, tentunya rasa panik dan stress yang ditimbulkan akibat penurunan harga investasi kalian akan berkurang. Ketika harga aset investasi kalian menurun, kalian dapat melakukan (HOLD) tanpa tekanan sampai harga aset kalian kembali naik ke harga normal atau meraih keuntungan yang lumayan.

Jadi, sebisa mungkin hindari membeli investasi dengan uang yang akan kalian pakai ya, sebisa mungkin gunakan cold money atau uang sisa. Karena uang jenis tersebut sering kali akan kalian lupakan walaupun investasi kalian merugi.

Sekian artikel tentang Pengertian investasi dengan uang dingin, semoga bermanfaat.

© Edukasi Bisnis Remaja. All rights reserved. Developed by Jago Desain