Alat Pembayaran untuk Transaksi Internasional

Kode Referral - Berbelanja sudah menjadi sebuah rutinitas bagi manusia, dengan berbagai barang menarik dan promo baru tentunya mereka akan senang berbelanja. Sekarang ini, di era digitalisasi semuanya jadi lebih mudah. Bahkan manusia dapat berbelanja di tempat yang berbeda secara online, menggunakan handphone mereka saja. Baik itu di toko yang berbeda blok saja, atau mungkin dengan toko yang berada di luar negeri. Hal ini menarik tentunya, oleh karena itu kali ini edukasi-remaja.com akan membahas tentang alat pembayaran dalam transaksi internasional yang diterima secara global.

Ketika berbicara tentang media pembayaran, ada banyak sekali opsi yang dapat dipilih. Dari uang tunai hingga crypto/aset digital, untuk melakukan pembayaran. Tetapi, bagaimana jika kalian berbelanja secara online di negara lain? Tentunya akan menyulitkan kalau mengingat kalian tidak memiliki mata uang negara tersebut bukan? Oleh karena itu, yuk disimak artikel tentang media pembayaran untuk transaksi internasional ini hingga habis yaa.

Artikel tentang pilihan Alat Pembayaran untuk Transaksi Internasional

Alat Pembayaran Untuk Transaksi Internasional

Berikut in adalah media-media atau alat pembayaran yang sering digunakan saat bertransaksi secara online di pasar Internasional.

Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit, kalian dapat berbelanja apapun di situs jual beli online atau beberapa toko di mal secara dicicil dengan menggunakan kartu kredit, nyatanya kalian bisa menjadikan kartu kredit sebagai alat pembayaran internasional.

Sekarang ini kartu kredit telah menjadi alat pembayaran yang digunakan secara global, jadi kalian bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar setiap transaksi internasional yang dilakukan secara online melalui situs luar negeri.

Proses yang mudah dan cepat ini membuat kartu kredit menjadi pilihan utama untuk berbelanja secara online si pasar global. Menggunakan kartu kredit, kalian hanya perlu mencantumkan nomor kartu kredit saat proses pembayaran tagihan. Nantinya, akan ada keterangan yang akan dikirimkan melalui email atau nomor telepon mengenai transaksi yang berhasil.

Wesel

Pernah mendengar tentang Wesel? Di Indonesia, wesel pastinya sudah pernah kalian dengar dan sudah bukan hal yang asing di telinga. Pasalnya, saat sebelum perbankan masih sulit dijangkau dan digunakan pada dulu sekali, masyarakat diberikan akses untuk mengirim uang secara online, wesel menjadi media yang dipilih untuk melakukan pengiriman uang.

Dengan menggunakan pengiriman uang melalui wasel, kalian bisa mengirim uang hingga ke luar negeri.

Cara menggunakan wasel juga cukup mudah, kalian bisa mengunjungi beberapa tempat penyedia jasa wesel seperti Pos Indonesia, BNI Wesel PIN, dan masih banyak lainnya. Lalu, mengisi formulir pengiriman dengan nomor rekening penerima dana.

Dengan menggunakan wasel, pengirim tidak perlu memiliki akun atau rekening, tetapi hanya perlu mengkonfirmasi pengiriman dan penerimaan saja.

Emas

Alat pembayaran internasional berikutnya yang dapat kalian gunakan dalam sistem pembayaran adalah emas. Kenapa emas? Karena setiap transaksi yang menggunakan emas akan disesuaikan harga atau nilai barang yang ingin kalian beli dengan berat suatu emas yang digunakan.

Pembayaran menggunakan emas dianggap mampu melindungi nilai uang kertas atau asset, yang bisa rusak karena adanya inflasi.

Cek

Bagi yang belum tahu, ternyata cek juga dapat dijadikan sebagai alat pembayaran internasional loh. Cek merupakan surat perintah tidak bersyarat oleh nasabah yang memliki rekening di suatu bank untuk memindahkan atau membayarkan sejumlah dana dengan nominal yang tertera kepada di pembawa cek tersebut.

Proses pemindahan dana cukup mudah, dana dapat dicairkan ketika validasi pemberi kuasa telah selesai melalui pemeriksaan cap resmi dan tanda tangan.

Transaksi secara internasional yang dilakukan menggunakan cek biasanya terjadi ketika ada importir yang akan mengirimkan cek ke pihak eksportir melalui bank di negara eksportir yang menjadi penerima dana tersebut.

Escrow Account

Jika kalian pernah menggunakan Esctow, pastinya paham kalau alat pembayaran escrow ini hampir mirip dengan rekening bersama. Namun bedanya, escrow bisa digunakan dalam transaksi internasional.

Dalam penggunaan nya, Escow merupakan rekening yang dibuka khusus untuk dua belah pihak sekaligus yang menyimpan saldo transaksi dan bisa dipakai bersama-sama. Jadi, ketika transaksi dapat dianggap selesai atau batal, saldo transaksi bisa kembali diambil

PayPal

Paypal sudah menjadi media pembayaran internasional yang banyak digunakan untuk bertransaksi antar negara sejak dulu, PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer atau pembayaran secara online.

Bisa dibilang kalau PayPal merupakan pelopor dan juga yang paling populer serta banyak digunakan dalam transaksi online.

E-Wallet

Alat pembayaran internasional yang cukup baru dan kini dapat digunakan adalah e-wallet. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-wallet seperti Gopay, OVO, DANA, Jenius, dan masih banyak lainnya.

Dengan menggunakan e-wallet ini, ternyata kalian bisa melakukan pembayaran antar negara, jadi e-wallet bisa kalian gunakan sebagai alat pembayaran internasional.

Sekian artikel tentang alat pembayaran untuk transaksi Internasional, semoga artikel ini membantu kalian mencari informasi tentang media pembayaran yang bisa digunakan untuk bertransaksi antar negara.