Apa itu 419 Scam? Yuk kenali tentang 419 Scam.

Edukasi-Remaja.com - Dawarsa ini, terutama di situasi yang menyulitkan. Setiap orang memiliki cara mereka masing-masing untuk mencari uang. Tetapi, tidak semua cara yang mereka gunakan benar. Kenapa? Karena ada orang yang menggunakan metode 419 scam untuk mendapatkan uang. Bagi kalian yang belum tahu tentang apa itu 419 scam, kali ini edukasi-remaja.com akan membahas tentang 419 scam untuk kalian. Dibaca hingga tuntas ya.

Bagi kalian, mencari uang merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan. Tetapi, tidak setiap cara untuk mencari uang itu baik. Ada beberapa oknum yang melakukan cara tidak baik untuk mencari uang, salah satunya adalah dengan melakukan penipuan. Penipuan merupakan tindakan kriminal, dan akan dihukum dengan tegas ketika oknum yang melakukan tidak penipuan tertangkap. Nah, dari sekian banyak modus operasi penipuan, 419 scam ada modus penipuan yang marak digunakan sekarang ini.

Apa itu 419 Scam? Dan Cara Mencegah Menghindari 419 Scam

Berikut adalah pembahasan tentang apa itu 419 scam, dan bagaimana modus operasi, serta cara menjaga diri dari operasi 419 Scam.

Apa itu 419 Scam?

419 Scam merupakan modus operasi advance-fee. Maksudnya adalah penipuan yang mengatasnamakan "uang muka" atau DP. Biasanya penipuan bermodus ini melibatkan korban yang ingin mencari jasa/layanan tertentu yang membutuhkan bantuan orang lain. Oknum yang meyakinkan korban bahwa mereka bisa membantu kebutuhan korban akan meminta "uang muka" atas jasa mereka sebagai bentuk jaminan atau tanda jadi. Namun, oknum tersebut bukannya membantu, malah akan melarikan diri. 419 Scam merupakan modus penipuan yang paling banyak digunakan saat ini.

Dilansir dari wikipedia, The Federal Bureau of Investigation (FBI) menyatakan bahwa "An advance fee scheme occurs when the victim pays money to someone in anticipation of receiving something of greater value—such as a loan, contract, investment, or gift—and then receives little or nothing in return."

Atau artinya, Skema pembayaran dibuka terjadi ketika korban membayarkan uang ke seseorang dengan antisipasi menerima sesuatu dengan nilai yang lebih besar - seperti pinjaman, kontrak, investasi, atau hadiah - dan kemudian menerima sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

419 Scam sendiri, berasal dari kata Scam yang artinya penipuan dan 419. 419 merupakan kode hukum kriminal di nigeria, yang mengacu pada kasus penipuan serta tuntutan dan hukuman pada oknum yang melanggar. Saat ini, istilah 419 Scam digunakan hampir di seluruh dunia untuk mengacu pada tindak penipuan "uang muka".

Target 419 Scam

Secara umum, 419 Scam tidak memiliki target sama sekali. Namun, ada suatu kondisi yang diperlukan agar skema penipuan ini dapat berjalan. Kebanyakan oknum yang mengandalkan cara penipuan dengan 419 Scam, menargetkan orang yang memiliki "kebutuhan" akan jasa atau layanan.

Ketika calon korban menginginkan jasa/layanan tersebut, mereka kemudian dimintai "uang muka" dengan iming-iming akan diberikan jasa/layanan yang diminta. Jadi sebenarnya 419 Scam terjadi karena ada harapan atau ekspektasi dari keinginan korban.

Media yang Digunakan Oleh Pelaku 419 Scam

Cara dan Metode 419 Scam tidak bisa digunakan tanpa media untuk menghubungi korban mereka. Ada yang melakukan penipuan secara langsung, melalui telepon, SMS, sosial media, hingga membuat situs tentang "jasa" mereka untuk memancing calon korban.

Kebanyakan modus operasi ini dilakukan ketika bertransaksi secara online.

Cara Menghindari 419 Scam

Bagi kalian yang ingin menghindari penipuan jenis ini, berikut adalah cara menghindari 419 Scam :

1. Waspada

Selalu waspada akan jasa/layanan yang ditawarkan kepada kalian. Tentang siapa penyedia jasanya, siapa yang menawarkan jasa, apa yang akan kalian dapatkan, dan apa yang harus kalian lakukan

Ketika kalian dimintai "uang muka" atau tanda jadi, sebaiknya kalian mulai berhati-hati. Mengingat istilah "tidak ada makan siang gratis" maka kalian harus melihat barang yang ditawarkan terlebih dahulu sebelum membayar uang muka.

Jika kalian menolak membayar uang muka, dan mereka tidak ingin menunjukkan bukti dari barang/jasa/layanan yang mereka tawarkan, besar kemungkinan itu adalah 419 scam.

2. Lindungi Privasi Kalian

Mengingat 419 Scam memiliki banyak cara dan media untuk "menggapai" kalian, maka kalian harus menjaga privasi kalian. Dimulai dengan berhati-hati menyebarkan atau memberikan nomor handphone, menghindari kontak tidak perlu di sosial media, serta jangan asal-alasan ikut "program" atau tawaran yang asing dan tidak kalian ketahui.

Jadi, kalian jangan sampai membiarkan informasi kontak kalian tersebar. Hal tersebut akan mengundang oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menjadikan kalian target mereka

3. Lakukan Riset

Lakukan Riset sebelum menerima tawaran dari orang lain. Jika mereka adalah instansi atau badan resmi, kalian bisa melakukan riset terlebih dahulu tentang instansi terkait. Jika mereka adalah perorangan, kalian harus lebih waspada lagi. Karena melakukan perjanjian dengan instansi dinilai lebih aman daripada perorangan.

Jadi, kalau ada seseorang yang menawarkan "layanan" atau jasa mereka, berhati-hatilah. Lakukan riset tentang program mereka, instansi mereka, dll.

Jika mereka adalah layanan yang mengaku memiliki izin, ada baiknya kalian mengecek dulu izin mereka agar lebih yakin.

4. ATM Bersama

Jika transaksi kalian dilakukan secara online, ada baiknya melalui ATM Bersama dengan pihak ke-3 yang tepercaya. Hal ini untuk menghindari pemalsuan serta kerjasama antara oknum dan pihak ke-3. Dengan ATM Bersama, pihak ke-3 akan memverifikasi data/layanan yang akan kalian beli, dan menahan uang kalian. Jika data atau layanan telah diverifikasi dan benar adanya, maka pihak ke-3 akan mengirimkan data/barang/layanan yang kalian beli serta memberikan uang kepada pihak penjual.

Saat ini, ada banyak sekali jasa pihak ke-3 rekening atau ATM Bersama yang bisa kalian gunakan. Jadi, pililhlah dengan hati-hati dan pastikan mereka memang sudah terkenal di bidangnya.

Nah, itu dia artikel tentang 419 scam dari edukasi-remaja.com, diharapkan dengan artikel ini kalian bisa lebih mengetahui tentang apa itu 419 scam, dan bagaimana cara menghindari 419 scam.