Cara Cek Skor Kredit pakai SLIK OJK Secara Online

Kode Referral - Cara cek skor kredit dengan SLIK OJK via online terbaru.  Saat akan melakukan dan mengajukan kegiatan pembiayaan atau kredit, maka riwayat calon debitur merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh kreditur, lho. Kenapa? Karena lulus tidaknya pengajuan pinjaman sangat bergantung pada skor kredit peminjam.

Jika riwayat atau rekam jejak kredit calon debitur baik, maka pengajuan pembiayaan biasanya lebih mudah dipenuhi oleh pihak pemberi kredit. Nah sebaliknya, jika riwayat kredit calon debitur tidak baik maka hal ini menjadi informasi dasar untuk melakukan penolakan kredit oleh debitur. Sekarang ini, sekor kredit menjadi alasan utama mengapa pinjaman sering ditolak.

Cara Cek Skor Kredit pakai SLIK OJK Secara Online

Tahukah kalian? informasi riwayat kredit debitur ini diperoleh dari layanan informasi debitur, lho. Nah, di Indonesia Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan fasilitas untuk melakukan hal ini yang dikenal dengan SLIK OJK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan. 

Cara Cek Skor Kredit pakai SLIK OJK Secara Online

Bagaimana yah cara cek riwayat kredit kita di SLIK OJK ini? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini.

BI Checking dan SLIK OJK

Pada awalnya, layanan yang berkaitan dengan pengecekan informasi debitur ini dikenal dengan BI Checking yang dikelola oleh Bank Indonesia, lho.  Namun sejak 1 Januari 2018, secara resmi BI Checking diganti menjadi SLIK OJK. Nah, SLIK OJK merupakan sistem yang berisi informasi data kredit debitur oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Data kredit debitur yang terangkum dalam sistem ini seperti kualitas kredit, beban bunga kredit, plafon, cicilan pembayaran, data pokok dan juga penalti atau denda debitur. Dalam SLIK juga terdapat penjelasan mengenai rincian penjamin kredit debitur. 

Seperti yang telah dijelaskan, SLIK OJK dapat membantu kreditur menilai reputasi calon debitur yang mengajukan kredit kepada mereka.  Penilaian ini dilakukan dengan menganalisis informasi yang diperoleh dari SLIK OJK dan dilakukan untuk mengetahui risiko kreditur terhadap kemungkinan kredit bermasalah di masa yang akan datang. 

Selain memberikan manfaat bagi pihak kreditur, SLIK OJK juga bermanfaat lho, bagi debitur. Dengan mengetahui kualitas kredit sendiri, maka masyarakat sebagai debitur diharapkan termotivasi untuk tetap menjaga kualitas kreditnya. 

Apabila reputasi kredit tetap terjaga dengan baik, debitur dapat mengajukan kredit lainnya di masa yang akan datang dan memiliki akses yang lebih luas dengan penyedia layanan kredit.

Cara Cek SLIK OJK secara Online

Nah, setelah kamu memahami mengenai SLIK OJK, berencana untuk mengajukan pembiayaan dan ingin mengetahui riwayat informasi kredit di SLIK OJK, sekarang kalian dapat mendapatkan informasinya dengan lebih mudah lho, yakni secara online. 

Berdasarkan informasi dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, berikut ini langkah yang dapat kalian lakukan untuk cek SLIK OJK secara mandiri, yaitu:

  • Membuka laman internet https://www.konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi
  • Setelah mengakses link diatas akan muncul formulir permohonan informasi debitur.
  • Maka kalian hanya perlu mengisi tempat dan tanggal layanan. Isilah jenis permohonan, tanggal layanan yang dipilih adalah tanggal informasi debitur SLIK yang akan di email. 
  • Untuk pemilihan kantor OJK, pastikan kalian  memilih Kantor Pusat OJK (Jakarta), yah. Nah, pada sisi kanan kalian akan memilih antrian.
  • pilihlah tanggal layanan terdekat dengan kuota yang masih tersedia. 
  • Isi data yang dibutuhkan secara benar dan lengkap.
  • Setelah memilih antrian, hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah mengisi data yang diminta secara benar dan lengkap.
  • Data diri yang diisi terdiri dari nama lengkap, NIK, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, email, nomor telepon dan juga alamat. 
  • Unggah dan lengkapi scan dokumen yang diminta. Langkah selanjutnya adalah mengunggah scan dokumen asli yang dibutuhkan. Jika kalian adalah debitur perorangan, maka kalian pastinya membutuhkan KTP untuk WNI dan paspor jika kalian adalah WNA. Namun, jika kalian adalah debitur mewakili badan usaha, selain identitas pengurus seperti KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA, kalian  juga harus membutuhkan dokumen seperti NPWP badan usaha yang kamu wakili, serta bukti akta pendirian.
  • Menunggu bukti registrasi. Jika kalian sudah mengunggah dan melengkapi semua dokumen yang diminta OJK, maka selanjutnya adalah menunggu bukti registrasi antrian SLIK online. Bukti ini akan dikirimkan lewat email yang sesuai dengan data kalian, yah. Oleh karena itu, kalian harus memastikan bahwa alamat email yang kamu isi sudah benar, agar tujuan pengiriman bukti registrasi juga benar.
  • Melengkapi formulir. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia layanan SLIK akan melakukan verifikasi data. Nah, jika data kalian telah terverifikasi dan data atau dokumen yang kalian sampaikan telah memenuhi persyaratan (valid), maka OJK akan mengirim formulir lewat email. Ikuti instruksi pada email yang kamu terima, yakni dengan mencetak, mengisi formulir dan memberikan tanda tangan sebanyak tiga kali.
  • Setelah melengkapi formulir dan tanda tangan, lampirkan foto selfie dengan KTP serta scan dokumen formulir yang telah kalian isi. Kemudian kirimkan ke nomor WhatsApp yang tertera pada email OJK. Verifikasi lanjutan akan dilakukan melalui WhatsApp dan OJK akan melakukan video call jika diperlukan. Jika kalian mewakili orang yang telah meninggal, sertakan surat keterangan kematian atau keterangan ahli waris, ya. 
  • Menunggu pesan lolos verifikasi. Setelah melengkapi dan mengirimkan formulir, selanjutnya kalian hanya perlu menunggu pesan lolos verifikasi melalui WhatsApp. Jika lolos, kalian akan menerima pesan lolos melalui WhatsApp dan OJK akan mengirimkan hasil iDeb SLIK beserta cara membaca iDed tersebut melalui email.
Apabila kalian masih merasa bingung dan mengalami kesulitan terkait SLIK OJK, kamu dapat menghubungi langsung kontak OJK yang tersedia. 

Tersedianya layanan informasi debitur melalui SLIK OJK, membuat proses verifikasi data debitur lebih mudah dan juga ringkas. Fasilitas ini memudahkan dan memperlancar proses kredit bagi kreditur maupun debitur sendiri yakni proses yang lebih efisien. 

Sekian artikel tentang Cara Cek Skor Kredit pakai SLIK OJK Secara Online Terbaru. Semoga artikel ini membantu kalian yang ingin mengecek skor kredit kalian yaa.