Cara Refund MATIC Polygon di Indodax Saat Salah Transfer

Edukasi-Remaja.com - Cara Refund Matic Polygon dari Matic ERC20 Indodax - Bagi kalian yang senang dengan dunia crypto currency, tentunya sudah mengenal koin MATIC. Aset digital ini, menjadi primadona karena kemudahan serta mudah digunakan di setiap exchange dan wallet. Namun, ternyata polygon memiliki banyak sekali jaringan seperti polygon, ERC20 serta BEP (Binance). Hal ini tentunya terkadang membuat orang-orang agak binggung ketika ingin mengirim koin MATIC mereka, sehingga tidak jarang terjadi koin tersebut malah terkirim ke network yang salah.

Dari pengalaman penulis, sekali penulis pernah salah mengirim koin MATIC dari jaringan polygon ke jaringan ERC20. Hal tersebut terjadi karena koin MATIC dikirim dari wallet metamask dengan network polygon ke wallet Indodax dengan network ERC20. Walaupun sama-sama koin MATIC tetapi keduanya tentu berbeda.

Cara Refund MATIC Polygon di Indodax Saat Salah Transfer ke ERC20 Indodax.

Pada Kasus biasa, koin yang salah kirim atau transfer akan hilang (lost forever) tetapi, jika kalian mengirim matic kalian ke Indodax dari jaringan polygon, kalian bisa tenang kok. Kenapa? Karena Indodax bisa merefund koin matic kalian. Penasaran? Simak artikel ini hingga habis yaa.

Cara Refund Matic Polygon di Indodax

Berikut ini adalah artikel yang akan memberikan kalian informasi bagaimana cara merefund koin MATIC kalian. Dalam hal ini yaitu MATIC Polygon yang salah kirim ke MATIC ERC20 di Indodax.

Tentang Jaringan MATIC di Indodax

Bagi kalian yang belum tahu, ketika artikel ini ditulis (3 Maret 2022) Indodax belum support jaringan polygon di koin MATIC mereka. Sehingga bagi yang terlanjur mengirim koin matic polygon ke wallet Indodax mereka, akan mengalami kehilangan atas koin mereka.

Hal tersebut terjadi karena Indodax hanya menggunakan jaringan ERC20 untuk koin matic mereka. Jadi para pengguna jaringan BEP, Polygon, dan lain-lain, akan kehilangan koin matic mereka yang mereka kirim ke wallet matic Indodax. Tidak lebih dikarenakan koin tersebut berbeda jaringan.

Namun, berita gembira bagi kalian para yang mengirim koin polygon kalian ke Indodax. Kalian bisa meminta refund koin matic kalian walaupun kalian mengirim menggunakan jaringan/network yang salah.

Dalam hal ini, koin matic polygon ke ERC20.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Refund?

Berikut ini adalah hal-hal yang dibutuhkan untuk refund :

1. Screenshot pengiriman koin
2. Address pengirim
3. Address penerima
4. TX ID transaksi
5. Address refund (support jaringan polygon)
6. Biaya refund 0.01 Matic (untuk membayar biaya gas jaringan) akan dipotong otomatis dari saldo kalian yang salah kirim.

Setelah semuanya siap, maka kalian bisa lanjut melakukan refund koin matic polygon kalian di Indodax.

Cara Refund Matic Polygon Indodax

Bagi kalian yang sudah terlanjur salah kirim MATIC kalian ke wallet Indodax, berikut ini adalah cara refund matic kalian :

1. Siapkan screenshot bukti kirim koin.
2. Siapkan Wallet adress pengirim dan penerima
3. Siapkan TX ID transaksi kalian (untuk konfirmasi)
4. Login ke akun Indodax kalian
5. Hubungi CS via live chat, dan tunggu antrian
6. Sebutkan kendala kalian, dalam hal ini "Koin matic polygon salah transfer ke Indodax"
7. Kalian akan diminta bukti pengiriman koin, berikan screenshot bukti kirim koin kalian (screenshot blockchain atau screenshot dari aplikasi yang kalian gunakan)
8. Berikan informasi lain yang dibutuhkan
9. Tiket tentang permasalahan kalian akan dibuka
10. Cek email kalian, akan ada Support dari Indodax yang menghubungi kalian.
11. Berikan informasi yang mereka butuhkan, seperti username, bukti pengiriman, tx id, wallet pengirim dan penerima, dll.
12. Tunggu balasan email dari mereka, jika kalian beruntung kalian akan ditawari refund koin matic kalian.
13. Setujui dan berikan address wallet matic polygon kalian untuk refund.
14. Tunggu hingga selesai, 1-3 hari.
15. Koin akan masuk ke address wallet yang kalian berikan.

Cukup mudah bukan? Asalkan kalian memberikan informasi dan bukti yang dibutuhkan maka koin polygon kalian bisa kalian refund dari jaringan ERC20 Indodax.

Mengapa Koin Polygon Bisa Refund di ERC20 Indodax?

Sebenarnya penulis juga masih kebingungan, karena koin ini walaupun sama-sama MATIC tetapi berbeda jaringan. Jadi penulis iseng untuk mengecek address pengiriman, ternyata ketika mengecek address MATIC Indodax di blockchain polygon koin tetap sampai di wallet address tujuan (dalam hal ini wallet address ERC20 Matic Indodax).

Jadi, koin kalian tetap ada di wallet Indodax walaupun kenyataannya Indodax belum support jaringan polygon. Sehingga CS dapat membantu kalian untuk merefund koin Matic polygon kalian.

Sekian artikel tentang cara refund matic polygon di Indodax, semoga artikel ini membantu kalian merefund koin matic polygon kalian yang salah transfer ke ERC20 milik Indodax.