7 Ide Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Ingin nggak sih, jika kamu bisa membeli keperluanmu dengan uangmu sendiri? Jika iya, bagaimana caranya? Jika kita bicara tentang pekerjaan, pekerjaan biasanya dilakukan oleh sesorang yang sudah lulus sekolah ataupun lulusan mahasiswa. Namun, bebeda halnya dengan yang satu ini, kita akan membahas pekerjaan yang bisa dilakukan para pelajar dan mahasiswa.

Mahasiswa biasanya membutuhkan banyak uang untuk keperluan kuliah daripada pelajar. Misalnya seperti membeli alat untuk praktek, foto copy buku, dan masih banyak lagi. Sedangkan pelajar, biasanya hanya membutuhkan uang untuk membeli keperluan sekolah dan menambah uang jajan saja. Oleh karena itu, tak heran jika sekarang ini banyak sekali pelajar dan mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhannya.

Ide Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

7 Ide Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Pekerjaan yang mudah dan gaji yang besar merupakan salah satu keinginan semua orang. Bagi pelajar dan mahasiswa, pekerjaan sampingan sangatlah diperlukan. Ada banyak sekali ide bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan. Selain bisa meringankan beban orang tua, uang yang didapat juga bisa digunakan untuk membeli berbagai keperluan sekolah. Simak, berikut 7 ide pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan pelajar dan mahasiswa.

1. Youtuber

Ide pekerjaan sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang pertama yaitu dengan menjadi Youtuber. Menjadi seorang Youtuber membutuhkan ketrampilan dan kreatifitas yang tinggi. 

Bagi pelajar dan mahasiswa, tentu saja hal ini bukanlah masalah yang besar. Kamu bisa mulai dengan cara menjadi Youtuber modal HP. Asalkan mau berusaha, hal itu bisa menjadi ide yang bagus untuk pelajar dan mahasiswa kedepannya. Selain itu, bayaran Youtuber juga terbilang cukup besar. Jika kamu terbiasa didepan kamera tentu saja ide pekerjaan yang satu ini sangatlah cocok untuk kamu coba.

2. Content Writer

Jika kamu memiliki hobi menulis, ide yang satu ini sangatlah cocok untuk kamu coba. Selain menjadi hobi, menulis juga bisa menghasilkan uang loh. Kamu bisa memulainya dengan membuat sebuah blog. Jika kamu malas untuk membuatnya, kamu juga bisa beli di marketplace yang menyediakan. Sekarang sudah banyak orang yang jual blog siap pakai. Jadi tidak perlu ribet untuk mengotak ngatik kode.

Selain itu, ide yang satu ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Bayaran dari menulis juga tidak kalah besar dengan pekerjaan lainnya.

3. Desain Grafis

Ide pekerjaan sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa selanjutnya yaitu desain grafis. Hidup di zaman milenial seperti sekarang ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan desain grafis untuk acara tertentu. Tentu saja hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk kamu yang menyukai ide pekerjaan yang satu ini.

Selain membutuhkan ketrampilan yang tinggi, desain yang unik juga banyak dicari saat ini. Jika desainmu unik dan bagus tentu saja banyak sekali perusahaan yang membutuhkanmu.

4. Reseller

Reseller biasanya dilakukan orang-orang yang memiliki waktu luang. Cara menjadi reseller juga bukan hal sulit. Jika kamu memiliki teman yang banyak, tentu saja reseller bisa menjadi ide pekerjaan yang menjanjikan.

Caranya juga mudah, kamu hanya perlu memposting produk yang kamu ambil ke sosial media seperti Instagram, Facebook, atupun media sosial lainnya. Selain mudah, menjadi reseller juga sangatlah menguntungkan. Dapatkan informasi seputar bisnis lainnya di malesngeblog.com.

5. Jualan Online

Jika kamu memiliki hobi berjualan, ide yang satu ini tidak kalah menarik untuk kamu coba. Kamu bisa memulai berjualan melalui aplikasi seperti Shoppe, Lazada, atau kamu juga bisa melalui facebook, website, ataupun media sosial lainnya. Selain itu, berjualan online juga bisa memberikan banyak keuntungkan loh.

6. Jasa Joki Game

Ide pekerjaan sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa selanjutnya yaitu dengan nembuka jasa joki game. Sekarang ini banyak sekali orang yang ingin bermain game pada rank yang tinggi, namun tidak memiliki kemampuan untuk mewujudkannya.

JIka kamu orang yang memiliki hobi bermain game dan mempunyai kemampuan lebih dalam bermain game, pekerjaan yang satu ini sangatlah cocok untuk dicoba. Kamu bisa membantu mereka yang membutuhkan jasa joki untuk menaikkan rank dengan harga yang bisa kamu tentukan.

7. Jasa Content Placement

Jika kamu memiliki blog, membuka jasa artikel content placement menjadi salah satu ide perkerjaan sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Selain mudah, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal. 

Blog perlu backlink untuk meningkatkan kualitas agar memiliki nilai lebih dimata google. Apalagi jika blog yang yang dibangun bertujuan untuk jualan.

Itulah informasi mengenai 7 ide pekerjaan sampingan yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Pastikan kamu memiliki kemampuan pada bidang pekerjaan yang kamu pilih, agar kamu bisa sekaligus mengembangkan kemampuanmu kedepannya. Siapa tau bidang yang kamu lakukan bisa membawa kamu menjadi orang yang sukses dan mendapatkan uang yang banyak nantinya. Tunggu apalagi segera pilih bidang yang cocok untukmu!