<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis: Alasan mengapa Bisnis Kecil Gagal

Tips untuk Bisnis Kecil - Mengapa Bisnis anda gagal? Kegagalan dalam sebuah bisnis bukanlah sesuatu yang ingin anda alami. Setiap orang pasti ingin bisnisnya sukses, tetapi ada banyak variabel yang mempengaruhi bisnis anda dalam perjalanan menuju kesuksesan. Berikut adalah tips bisnis dari Edukasi-Remaja tentang hal yang harus kamu hindari agar bisnis anda sukses

4 hal yang harus dihindari agar bisnis kamu sukses


Mengapa Bisnis Kecil gagal

1. Anda memulai bisnis dengan alasan yang salah

Dalam berbisnis tentu kamu memiliki alasan mengapa kamu berbisnis. Hampir setiap pemilik usaha berbisnis dengan uang sebagai tujuannya, untuk mendapatkan banyak uang. Ironisnya, hampir tidak ada orang yang memikirkan, apakah jika mereka berbisnis makan mereka akan memiliki cukup waktu untuk keluarga mereka? Apakah dengan berbisnis maka mereka dapat memperhatikan dan membantu orang di sekitar mereka? Atau apakah mereka senang berbisnis karena tidak perlu mendengarkan atasan? Mungkin hal diatas bekerja untuk beberapa orang, tetapi tidak semua orang cocok untuk mengikuti pertanyaan diatas. 

Banyak orang yang memiliki Bisnis, terlebih dahulu memikirkan; apa yang bisa mereka berikan? Bagaimana cara agar bisnis mereka bekerja sendiri? Bagaimana cara agar mereka memiliki waktu luang untuk keluarga mereka? Apakah mereka akan senang menjalankan bisnis mereka? 

Berikut adalah beberapa dari banyak alasan yang tepat untuk memulai bisnis anda :

- anda memiliki semangat untuk berbisnis, dan senang dengan industri dimana anda berbisnis. Mengerti apa yang terjadi dalam industri, dan mengerti keinginan masyarakat, tentang apa yang mereka butuhkan. 

- anda memiliki determinasi, keberanian, kesabaran dan attitude yang positif untuk segala hal yang terjadi dalamnya bisnis anda, walaupun hal tersebut tidak menyenangkan, namun anda tidak akan menyerah dan tetap mencoba. Anda akan menganggap kegagalan sebagai pembelajaran, dan mencoba sesuatu yang baru dari pelajaran yang anda dapatkan. 

- anda menginginkan kebebasan, dan ingin mencoba sesuatu yang membutuhkan kreativitas tinggi untuk dilakukan. Terlebih jika hal tersebut adalah untuk menyenangkan orang lain. 

- anda menyayangi sesama manusia, dan ingin membuat hidup mereka berarti, atau sejahtera, maka anda dengan semangat terus berkreasi untuk mengembangkan produk/jasa anda untuk sesama manusia. 


2. Tidak adanya Pasar atau Terlalu Kecil untuk masuk ke Pasar

Ide bisnis yang anda miliki akan gagal, ketika tidak ada keberadaan pasar bagi menjual produk atau jasa anda. Sebelum memulai bisnis, anda harus melakukan riset pasar, untuk mengetahui apa yang konsumen butuhkan, apa yang mereka inginkan, dan kemana anda harus menjual produk atau jasa anda. 

Hal diatas belum cukup untuk menjamin kesuksesan bisnis anda, terkadang, bisnis bisa jadi terlalu kecil untuk pasar yang terlalu besar, sehingga mereka kalah bersaing dengan perusahaan lain yang memiliki produk / jasa yang mirip. Untuk itu, anda harus berhati-hati dalam memilih industri untuk berbisnis, juga memilih target konsumen anda. 


3. Manajemen yang buruk

Manajemen yang buruk adalah sesuatu yang harus dihindari, kebanyakan penyebab buruknya manajer dalam suatu perusahaan adalah kurangnya disiplin dan tidak adanya sumber daya manusia yang kompeten untuk me-manage bisnis anda. Kesalahan manajemen dapat diperbaiki jika pemilik perusahaan atau bagian manajemen dapat melengkapi kekurangan mereka, baik itu dengan pelatihan ataupun dengan mencarinsumber daya manusia baru yang memiliki skill manajemen. 


4. Kurangnya Modal

Kekurangan modal merupakan masalah utama dalam bisnis, anda harus mencari cara memodali bisnis anda dengan tepat, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan modal. Namun, kebanyakan pemilik bisnis, tidak mengerti bagaimana cara me-manage keuangan dan memonitor aliran dana yang keluar dan masuk dalam bisnis mereka. Untuk permulaan, anda harus memastikan, berapa modal yang anda butuhkan untuk memastikan bisnis anda tetap berjalan, dan kemudian memonitor dan menghitung aliran dana yang keluar masuk, sebelum anda bisa memastikan keuntungan atau kerugian bisnis anda. 

Jika anda tidak memiliki skill tentang keuangan, anda bisa mempekerjakan akuntan untuk hal tersebut. 


5. Lokasi yang salah

Lokasi yang salah dapat membuat bisnis anda gagal, anda harus mengerti bahwa tempat adalah salah satu faktor utama yang menentukan sukses tidaknya bisnis anda. Apa yang anda tawarkan atau jual, harus sesui dengan tempat dimana bisnis anda beroperasi. Contohnya, jika anda menjual pupuk untuk padi, bukan ide yang bagus jika anda menjual benda tersebut di tengah perkotaan, anda harus mencari daerah pinggiran, atau mengirim agen ke tempat pemukiman petani, agar produk anda sesuai dengan target pasar. 


Sekian 5 tips bisnis yang harus anda hindari dalam menjalankan bisnis anda, semoga bermanfaat.