Pertimbangan Sebelum Memulai Bisnis

Pertimbangan Sebelum Memulai Bisnis - Untuk memulai bisnis, ada banyak hal yang harus anda pertimbangan. Bisnis adalah kegiatan yang memakan waktu dan kerja keras, tidak ada bisnis yang langsung sukses begitu saja ketika dimulai. Sebelum memulai bisnis, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal, apa saja? 

Untuk memulai bisnis, ada banyak hal yang harus anda pertimbangan. Bisnis adalah kegiatan yang memakan waktu dan kerja keras, tidak ada bisnis yang langsung sukses begitu saja ketika dimulai. Sebelum memulai bisnis, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal, apa saja?


Hal yang harus kamu pertimbangan sebelum memulai bisnis

1. Waktu

Anda harus memikirkan tentang waktu ketika kamu memulai bisnis, seperti berapa jam dalam sehari anda ingin melakukan bisnis? Apakah waktu yang anda habiskan akan terbayar? 

Bisnis adalah kegiatan yang memakan waktu yang tidak sedikit, ada yang berbisnis setiap hari selama 10 jam. Sungguh sangat sulit, karena dengan begitu anda akan kehilangan 10 jam waktu yang berharga untuk keluarga dan untuk diri anda sendiri. Ada baiknya anda mempertimbangkan waktu yang ingin anda gunakan untuk berbisnis. 

2. Skala bisnis

Anda harus mempertimbangkan skala bisnis anda, ada banyak bisnis yang bangkrut karena mereka berusaha berkecimpung di bisnis yang terlalu besar bagi mereka. Ada baiknya anda memikirkan skala bisnis anda. 

Sebuah bisnis rumahan terkadang lebih baik daripada bisnis yang besar, karena akan lebih efektif jika anda mengelola bisnis kecil yang anda pahami daripada bisnis besar yang tidak anda ketahui sama sekali. 

3. Ketertarikan anda

Ketertarikan anda sangat penting dalam berbisnis. Memang benar, tujuan dari bisnis adalah mencari untung sebanyak-banyaknya, namun jika anda tidak merasa tertarik dengan bisnis anda, hal itu menjadi percuma saja. 

Contoh, jika anda tertarik dengan teknologi, namun anda berbisnis di bidang kuliner atau konstruksi, tentu anda tidak akan memiliki ketertarikan dan passion untuk bisnis tersebut. Maka dari itu, lebih baik anda melakukan bisnis di industri yang membuat anda tertarik dan bersemangat.

4. Modal

Dalam berbisnis, modal akan menjadi faktor utama yang menentukan kemajuan bisnis anda. Tentu anda dapat melakukan pinjaman gatau galang dana untuk memulai bisnis anda,  namun ada baiknya anda mengetahui kekurangan dan kelebihan mereka sebelum memulai bisnis anda. 

Ada banyak orang yang memiliki keterbatasan modal dalam usaha mereka, namun mereka tidak ingin melakukan pinjaman dan menyesuaikan bisnis mereka dengan modal yang mereka miliki. Untuk permulaan, ada baiknya anda menyesuaikan bisnis anda dengan modal yang anda miliki, daripada terjebak terlalu dalam dengan pinjaman. Ada banyak cara untuk memperoleh pinjaman, namun jangan jadikan pinjaman sebagai pelarian anda dalam berbisnis. 

5. Bisnis adalah proses pembelajaran

Dalam berbisnis, anda akan belajar banyak hal. Baik itu dari pengalaman orang lain, atau dari pengalaman anda sendiri. Banyak orang yang memperoleh pelajaran berharga saat bisnis mereka mengalami masalah, untuk hal itu, anda mungkin dapat menyewa jasa konsultan bisnis untuk membantu penyelesaian masalah bisnis anda. 

Dengan konsultasi kepada konsultan bisnis, kamu mungkin akan menemukan pencerahan dalam mengelola bisnis kamu. 

6. Kegagalan bukanlah akhir

Dalam memulai bisnis, artinya anda sudah siap untuk gagal. Tidak ada pengusaha sukses yang dapat menjamin kesuksesan suatu bisnis, jika bisnis mereka gagal, mereka akan memperoleh pembelajaran dan melakukan bisnis lain, tanpa menyerah. Bisnis adalah jalan yang tidak cocok jika anda mudah menyerah dan tidak siap untuk gagal. 

7. Manajemen

Anda harus memikirkan manajemen bisnis anda, manajemen yang dilakukan tanpa rencana atau asal-asalan akan meruntuhkan apa yang telah anda bangun. Tentunya anda tidak ingin jerih payah anda terbuang sia-sia bukan? 

Jika anda tidak memiliki skill manajemen yang baik, ada baiknya anda mempekerjakan orang lain dengan skill manajemen untuk menggantikan anda. 


Sekian Hal yang harus kamu pertimbangan sebelum memulai bisnis, semoga bermanfaat.