<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Mendaftar Adsense

Review Pendaftaran Adsense - Bagi pemilik situs atau blog, Adsense adalah pilihan pertama mereka ketika mereka ingin mendapatkan penghasilan dari website mereka. Mendapatkan uang dari Adsense sangatlah mudah, namun pendaftaran Adsense dan proses review situs Adsense bisa menjadi sangat sulit dengan proses yang lama.

Review Pendaftaran Adsense - Bagi pemilik situs atau blog, Adsense adalah pilihan pertama mereka ketika mereka ingin mendapatkan penghasilan dari website mereka. Mendapatkan uang dari Adsense sangatlah mudah, namun pendaftaran Adsense dan proses review situs Adsense bisa menjadi sangat sulit dengan proses yang lama.


Situs Edukasi-Remaja.com memiliki pengalaman berulang kali ditolak saat proses pengajuan atau proses review adsense. Berbekal pengalaman dan bantuan dari teman yang merupakan blogger berpengalaman, akhirnya situs Edukasi-Remaja.com mendapat persetujuan dari Adsense untuk menampilkan iklan di situs Edukasi-Remaja.com

Awal Mendaftar Adsense

Situs Edukasi-Remaja.com berumur kurang lebih 20 hari ketika mulai tertarik dan mendaftar adsense, hasilnya ditolak 3 kali, mengapa? Dengan alasan bahwa konten yang tidak sesuai dan akun adsense lebih dari satu, situs Edukasi-Remaja.com ditolak. Saya yang bingung karena tidak tahu bahwa saya pernah memiliki akun adsense masih saja ngotot dan terus mendaftar ulang adsense. Saat itu artikel yang ada hanyalah sejumlah 20 artikel.

(baca : Cara menutup akun adsense lebih dari satu)

Ketika mendapat pemberitahuan bahwa anda memiliki akun adsense lebih dari satu, kebanyakan calon publisher adsense akan murung dan kebingungan tentang apa yang terjadi. Namun, teman admin dengan saran dan masukkan nya membuat admin terinspirasi untuk membuka satu persatu email yang bermasalah. Sampai akhirnya ditemukan lebih dari 4 akun yang memiliki adsense.

Cara biasa dari menutup akun dengan normal tidak bisa dilakukan, hingga admin kebingungan awalnya dengan menghapus detak pembayaran, namun gagal, dan kemudian akhirnya menempuh cara ekstrim, apa itu? "Menghapus akun google" admin yang terindikasi memiliki adsense didalamnya, dengan begitu admin mengucapkan "see you" dan "goodbye" pada akun-akun tersebut lalu kembali melakukan review adsense.

Masalah kembali terjadi setelah itu, penolakan kembali datang, ternyata akun yang dihapus masih terdeteksi sebagai akun adsense yang aktif. Untung saja saat itu email masih dapat diaktifkan kembali, sehingga admin kemudian membuka kembali email-email tersebut dan menulis artikel tentang cara menutup akun adsense yang tidak bisa membuka pengaturan. Setelah admin menutup para akun yang bermasalah, 4 kali ditolak adsense bukanlah masalah serius, hal tersebut tidak cukup untuk membuat admin patah semangat.

Alasan Penolakan Adsense

Alasan penolakan adsense yang situs Edukasi-Remaja.com alami pun beragam, berikut adalah alasan penolakan adsense yang dialami :

  • Akun adsense lebih dari satu
  • Tidak ada konten
  • Situs sedang dibuat
  • Kualitas konten rendah
  • Tidak sesuai dengan ketentuan adsense
Solusi Penolakan Adsense

Edukasi-Remaja.com diterima oleh adsense dalam waktu 65 hari setelah situs dibuat. Waktu yang cukup lama mengetahui ada yang diterima dalam 2 hari (mentor admin diterima dalam 2 hari). Setelah bertanya-tanya serta melakukan trial dan error, akhirnya semua masalah terkait review adsense terselesaikan. Berikut adalah solusi Penolakan adsense dari apa yang admin alami :

1. Jika akun adsense lebih dari satu, tutuplah akun anda yang lain dengan cara menutup akun adsense jika anda tidak bisa membuka tab pengaturan di akun adsense anda.

2. Jika alasan penolakan adsense tidak ada konten, maka perbanyaklah artikel di situs anda, situs ini diterima ketika memiliki artikel sejumlah 67 artikel.

3. Situs sedang dibuat adalah alasan penolakan adsense ketika situs anda sedang melalui tahap review namun dilakukan perubahan tampilan atau template, hindari mengganti template ketika status adsense dalam peninjauan. Namun, situs edukasi-remaja.com pernah mengganti template ketika sedang dalam tahap review saat itu proses review telah berjalan selama 6 hari, kemudian pada hari ke 12 situs edukasi-remaja.com diterima oleh adsense.

4. Kualitas konten rendah adalah penolakan adsense ketika anda memiliki terlalu sedikit konten atau artikel di situs anda, namun hal tersebut juga bisa berarti bahwa konten anda terindikasi copy paste. Ingat, bahwa adsense menginginkan situs yang memiliki artikel atau konten orisinil sebagai publisher mereka.

5. Tidak sesuai dengan ketentuan adsense, pastikan bahwa situs anda tidak membahas tentang hal-hal yang dilarang adsense. Sesuai dengan peraturan mereka, konten dewasa dan hal-hal berbau negatif lainnya tidak diperbolehkan dan hal tersebut akan mengakibatkan penolakan untuk situs anda. Edukasi-Remaja.com sendiri, sebelumnya membahas tentang remaja dan kesehatan mereka, sebelum beralih ke Bisnis Remaja.

Lama review adsense

Lama waktu menunggu saat situs direview cukup beragam, hingga saat ini edukasi-remaja.com hanya menunggu selama paling lama 12  hari sebelum penolakan datang.

Penolakan pertama, datang dalam sehari.

Penolakan kedua, dalam tiga hari.

Penolakan ke tiga, dalam lima hari.

Penolakan ke empat, dalam satu Minggu.

Penolakan ke lima, dalam sehari

Penolakan ke enam, dalam dua belas hari

Penolakan ke tujuh, dalam dua belas hari.

Selanjutnya diterima oleh adsense, dengan waktu tunggu dua belas hari juga (hampir menjadi tiga belas hari).

Total 7 penolakan telah dirasakan oleh situs Edukasi-Remaja.com namun ternyata masih banyak yang waktu tunggu peninjauan adsense mereka mencapai berbulan-bulan. Karena itu admin merasa sedikit bersyukur tentang respon review adsense yang tergolong cepat.

Ada banyak kisah yang beredar ketika calon publisher, diterima oleh adsense dalam waktu satu hari. Tentu hal tersebut membuat iri hati, namun harap diingat, bahwa cepat tidaknya proses review adsense segalanya hanya menghasilkan satu tujuan yaitu diterimanya situs agar dapat menayangkan iklan.

Saran agar sukses diterima adsense

Admin menyarankan kepada pemilik situs yang ingin diterima adsense agar mereka :

1. Sabar.

2. Menghindari konten yang dilarang.

3. Tidak pantang menyerah.

4. Teliti.

5. Kreatif.

6. Pastikan artikel original.

7. Jangan khawatirkan traffic, yang penting mereka adalah traffic organik.

8. Banyak yang menyarankan umur situs 2 bulan sebelum mendaftar adsense, jadikan pertimbangan sebelum mendaftar.

9. Rutin menulis atau mengupdate artikel.

10. Carilah mentor untuk membantu atau bertanya.

11. Jangan khawatirkan tentang situs lain yang cepat diterima adsense, nikmati perjalan anda dalama menulis artikel dan jangan terburu-buru.

12. Setiap situs memiliki waktu peninjauan yang beragam, jangan dengarkan mereka yang mencoba pamer tentang betapa cepatnya mereka diterima.

13. Jangan terlalu berharap banyak tentang tips dan trik cepat terima adsense diluar sana, karena persyaratan adsense semakin ketat setiap tahun nya.


Sekian artikel tentang pengalaman diterima adsense, semoga bermanfaat.