<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Analisis Teknikal dan Fundamental Saham

Fungsi Analisis saham Teknikal dan Fundamental - Bagi Trader, menganalisa saham sendiri adalah sebuah keharusan. Namun ada banyak Trader yang malas untuk menganalisa saham yang akan mereka beli. Trader Pemula merasa bahwa analisa saham terlalu merepotkan, sedangkan orang yang ingin melakukan aktivitas Trading, merasa bahwa analisa saham tidak dapat dipengerti. Namun, keduanya adalah persepsi yang salah, Analisa saham sangat mudah untuk dipelajari, dan juga tidak merepotkan, yang merepotkan adalah jika anda melakukan Trading dan kemudian memilih saham untuk dibeli secara asal-asalan yang akhirnya membuat anda rugi.

Fungsi Analisis saham Teknikal dan Fundamental - Bagi Trader, menganalisa saham sendiri adalah sebuah keharusan. Namun ada banyak Trader yang malas untuk menganalisa saham yang akan mereka beli. Trader Pemula merasa bahwa analisa saham terlalu merepotkan, sedangkan orang yang ingin melakukan aktivitas Trading, merasa bahwa analisa saham tidak dapat dipengerti.


Analisis saham adalah tahap yang paling penting dalam pembelian saham, selain modal tentunya. Dalam menganalisa saham, para trader harus memahami analisis teknikal dan analisis fundamental. 

Fungsi Analisis Teknikal

Dengan Analisis Teknikal, anda bisa mengetahui saham-saham yang menguntungkan dengan waktu yang lebih cepat. banyak orang yang sudah memahami mekanisme perdagangan saham, dan pemahaman dasar saham tertarik dengan analisis teknikal. Tidak hanya itu saja, tetapi Analisis Teknikal juga bagus bagi anda yang memiliki sedikit waktu untuk menganalisa saham, dan digunakan oleh trader yang ingin melakukan trading jangka pendek.

Fungi Analisis Fundamental

Dengan analisis Fundamental, anda akan memakan waktu yang lebih lama dalam menentukan saham-saham yang menguntungkan, namun dengan hasil yang lebih akurat. Karena itu cara ini lebih banyak dipakai oleh trader yang memiliki waktu banyak untuk menganalisa untuk keuntungan yang lebih besar.

Maka dari itu, sebaiknya jangan asal-asalan ketika membuat keputusan dalam membeli saham. Membeli saham, harus didasarkan dengan analisis, dengan cara begitu anda akan membeli saham yang berkualitas. Bukan membeli saham yang tidak akan naik harganya atau bahkan hanya turun dan merugikan anda. Jadi, kemampuan analisis saham harus anda pelajari dan asah setiap saat.

Analisis Teknikal Saham

Dalam analisis teknikal, ketika anda memilih saham yang ingin anda beli, maka anda harus memahami analisis grafik, memilih grafik yang akan anda amati, serta memilih saham-saham menurut anda yang bagus untuk trading, dan menemukan analisa-analisa simpel yang bisa menghasilkan profit jangka pendek. 

Ada banyak yang harus dipelajari dalam analisis teknikal, yaitu analisis chart, candlestick, chart pattern, indikator, dan kombinasi-kombinasi analisis teknikal yang bagus untuk trading. Jangan lupa susun trading plan anda dan lakukan manajemen modal sebelum trading, tidak lupa menyiapkan psikologis anda, karena trading belum tentu membawa keuntungan. Screening saham yang sehat dan layak untuk trading, buatlah kriteria untuk saham yang tidak layak beli menurut anda, dan berapa lama anda ingin memegang saham tersebut.

Dalam menggunakan analisis teknikal, anda bergantung sepenuhnya kepada grafik, chart dan pengendalian diri, jadi anda harus paham dengan hal-hal diatas, karena seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa metode analisis teknikal digunakan oleh trader yang tidak memiliki banyak waktu dan mencari metode cepat untuk analisa saham dan trading jangka pendek.

Singkatnya, analisis teknikal merupakan seni membaca chart yang menggunakan momentum kondisi pasar saham serta psikologis anda saat melakukan trading. Banyak trader dengan waktu sedikit yang menggunakan metode analisis teknikal untuk melakukan trading jangka pendek.

Analisis Fundamental Saham 

Analisis Fundamental Saham, lebih digemari oleh para Trader yang menggunakan modal besar dan memiliki banyak waktu untuk menganalisa saham. Mengapa? Karena target utama dari analisis Fundamental adalah Profit yang besar untuk jangka panjang, karena itu Trader yang menggunakan metode analisa ini cenderung lebih berhati-hati. Pendekatan yang digunakan oleh analisis fundamental berbeda dengan analisa teknikal, karena teknikal fokusnya untuk jangka pendek. Dalam analisis fundamental anda harus mempelajari: 
  • Analisis kuantitatif: Membaca laporan keuangan, analisa harga wajar saham, valuasi saham
  • Analisis kualitatif: Analisis sektoral, kondisi perusahaan, produk-produk perusahaan, GCG perusahaan dan lain-lain.
Ketika anda menyelesaikan analisa Fundamental dan melakukan screening, maka anda dapat melihat perusahaan mana yang dapat dan layak diinvestasikan untuk jangka panjang, dan mana yang tidak.

Sekian Penjelasan Tentang Analisis Teknikal dan Analisis Fundamental Saham, semoga Bermanfaat.