<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Mode Kasir Fitur Baru BukuWarung, Kelola Bisnis Makin Mudah

Ada kabar baik bagi kalian yang selama ini sudah pakai BukuWarung. Akhirnya, aplikasi akuntansi ini resmi merilis versi terbarunya, yakni 3.13.1 Di versi ini, ada beberapa penambahan fitur baru di dalamnya mulai dari mode kasir, tambahan desain kartu nama dan masih banyak lagi. Kehadiran beberapa fitur baru itu bikin kalian semakin nyaman berjualan dan pastinya untung, apalagi di masa PPKM Level 3 dan 4 seperti sekarang. Nah, kali ini kita akan membahas tentang fitur terbaru BukuWarung yaitu Mode Kasir.

Kenapa Fitur Mode Kasir Dibuat?

Banyak sekali dari kalian yang kewalahan karena harus melayani banyak walk-in customer dalam satu waktu. Atau melayani banyaknya order yang masuk secara online ke dalam chat. Akibatnya, kalian pun kesulitan untuk melakukan pencatatan transaksi dan penjualan secara bersamaan. Belum lagi monitoring atau memantau stok barang yang memakan waktu yang cukup lama.

Apa sih Mode Kasir itu?

Fitur Mode Kasir adalah sebuah fitur yang membantu kalian untuk melayani transaksi walk-in customer dan juga online customer agar transaksi berjalan dengan lebih cepat dan mudah. Dengan fitur yang bisa disebut kasir pintar ini kalian dapat melayani pelanggan sekaligus memantau stok barang.

Cara Menggunakan Mode Kasir

Ada 2 langkah yang harus dilakukan agar Juragan dapat menggunakan fitur Mode Kasir ini. Pertama, kalian harus mendownload aplikasi terbaru BukuWarung (versi 3.13.1). Kedua, kalian wajib mencatat 1 transaksi dan menambah 1 stok barang. Berikut ini cara menggunakan mode kasir :

  1. Buka Aplikasi BukuWarung v3.13.1 dan klik Fitur Mode Kasir

Pertama, klik Fitur Mode Kasir yang berada di sebelah kanan atas. Jangan lupa, untuk pengguna baru BukuWarung, fitur ini akan aktif setelah mencatat 1 transaksi dan memasukkan 1 stok barang.

  1. Pilih Produk yang Laku atau Akan Dijual

Setelah kalian klik Mode Kasir, kalian akan mendapatkan tampilan beberapa stok barang yang sudah di masukan. Jika ada barang yang laku (dalam hal ini beras) nantinya angka 1 akan muncul di sebelah kanan barang dan Klik Lanjut untuk ke proses berikutnya. Setelah itu, nama barang, harga jual, stok barang dan jumlah stok barang yang dipesan pelanggan akan muncul. Disini, kalian bisa mengubah jumlah barang yang dipesan pelanggan sesuai permintaan. Kalau sudah, Juragan tinggal Klik Simpan. Setelah itu menu Review Penjualan akan muncul untuk konfirmasi. Klik Tagih Sekarang untuk melihat nominal yang harus dibayarkan oleh pelanggan atau jika pelanggan membayar lebih, maka uang kembalian akan otomatis muncul dibawah. 

  1. Invoice Akan Muncul dan Bisa Langsung Dicetak/Dibagikan

Setelah menerima pembayaran, Juragan nantinya akan diarahkan ke tampilan Nota (Invoice). Disini, Juragan bisa memilih untuk Cetak Struk atau Bagikan melalui Whatsapp atau aplikasi pesan lainnya ke pelanggan. Untuk melakukan transaksi baru, Juragan juga bisa Klik Tambah Transaksi Baru.


Jangan lupa instal versi terbaru BukuWarung di Google Play Store ya! Semoga fitur baru mode kasir tersebut bisa membantu jualan kalian laris manis!