<script> var vioMagzSetting = { numberedPageNav: true, perPage: 8, bacaJuga: true, jumlahBacaJuga: 3, judulBacaJuga: "Baca Juga", }; </script>
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Spending Tracker Terbaru

Edukasi-Remaja.com - Jika kamu adalah orang yang tidak suka mencatat terlalu banyak atau hanya ingin fokus ke satu catatan keuangan saja. Kamu bisa mulai mencatatnya di dalam aplikasi yang hanya mencatat pengeluaran. Sebagian besar di pasar aplikasi, kamu akan menemukan pencatat keuangan yang menawarkan pengelolaan pendapatan dan pengeluaran sekaligus. Jika kamu belum tahu, kalau ada aplikasi yang hanya membantu pengelolaan pengeluaran saja. Bersama edukasi-remaja.com kali ini akan membagikan informasi tersebut. Apa, ya, aplikasi yang dimaksud? Ya, aplikasi itu adalah spending tracker. 

Seperti artikel-artikel sebelumnya di edukasi-remaja.com yang sudah banyak membahas tentang aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa kamu jadikan referensi. Pada artikel ini, bisa dikatakan sedikit berbeda. Karena, aplikasi ini hanya membantu kamu melacak pengeluaran supaya tetap bisa berpegang pada anggaran dan kamu tetap dapat menghemat uang. Untuk lebih jelasnya, akan dibahas di dalam artikel berikut ini. 

Apa itu Spending Tracker?

Spending tracker adalah pencatat keuangan digital yang berfokus pada dana pengeluaran saja. Spending tracker termasuk dalam aplikasi yang banyak disukai di playstore, appstore dan pasar aplikasi lainnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya unduhan pada aplikasi itu yaitu lebih dari 1 juta download. 

Spending tracker merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh MH Riley Ltd. Salah satu keunggulan yang disediakan di aplikasi ini adalah tampilan yang user friendly jadi mudah untuk dipahami, sederhana dan lebih banyak memikat pengguna. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencapai kebebasan dan kemandirian keuangan. 

Cara Daftar Spending Tracker

Sebenarnya tidak perlu proses pendaftaran yang dilakukan sebelum menggunakan aplikasi ini. Namun, ada sedikit tahapan penggunaan spending tracker. Berikut cara daftar spending tracker yang akan dijelaskan edukasi-remaja.com:

1. Langkah pertama buka playstore atau appstore yang ada di ponsel kamu

2. Ketikkan “spending tracker” di kolom pencarian

3. Download aplikasi spending tracker dengan icon “dompet” dan tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil mengunduh dan menginstall

4. Buka aplikasi spending tracker yang sudah terpasang di smartphone kamu

5. Kamu sudah bisa menikmati setiap fitur yang tersedia

Fitur-Fitur di Aplikasi Spending Tracker

Sebagai gambaran untuk mengenal aplikasi spending tracker atau pencatatan dompet digital. Edukasi-remaja.com akan menjelaskan fitur-fitur di aplikasi spending tracker di bagian artikel kali ini. Simak baik-baik, ya.

1. Halaman utama

Di halaman ini ada beberapa fitur seperti spending, pemilihan bulan, expense, income, transactions, categories dan account. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin mencatat pengeluaran, kamu bisa klik “expense” dan mulai mencatat pengeluaran yang telah terjadi atau yang kamu rencanakan. 

2. Transaction 

Di sini kamu dapat melihat semua transaksi yang sudah tercatat. Dengan begitu kamu bisa menganalisis keuangan dan menjadikan bahan evaluasi kedepannya. 

3. Kategori

Di fitur kategori kamu dapat menginput “expense” berdasarkan kategori seperti clothes, eating out, entertainment, fuel, general, gifts, holidays, kids, shopping, sports dan travel. Jika kategori yang kamu butuhkan belum ada, kamu bisa menambahkan kategori sesuai  dengan yang kamu inginkan pada ikon “+” yang ada di pojok atas kanan. 

4. Accounts

Di sini kamu bisa membuat akun keuangan sesuai yang kamu butuhkan. Misalkan “name” kamu isi dengan Personal dan “colour” kamu bisa pilih sesuai yang kamu mau. 

5. Ikon titik tiga

Di bagian ini kamu bisa melakukan proses “remove ads” kemudian melakukan backups dari akun dropbox. Selain itu juga bisa menggunakan fitur settings sesuai keinginan kamu seperti pengaturan time period, budget mode, carry over, hide future transactions, dropbox syns, dark theme, show transactions note, currency symbol, summary font, category icon style, tabs position, reminders, auto backup, local tips dan mengaktifkan passcode. 

Demikian penjelsan tentang cara daftar spending tracker yang bisa disampaikan edukasi-remaja.com dalam artikel kali ini. Semoga penjelasan ini bisa menambah opsi untuk kamu dalam memilih aplikasi pencatat pengeluaran penghasilan yang kamu punya. Jika kamu masih butuh referensi lainnya, simak artikel berikut dan sebelumnya di edukasi-remaja.com, semoga membantu.