Cara Daftar Aplikasi Manajer Uang Terbaru

Edukasi-Remaja.com - Apakah kamu termasuk orang yang merencanakan pengaturan keuangan dengan baik? Kalau iya, bagaimana kamu membuat laporan keuanganmu? Apakah masih dengan cara manual? Nah, untuk kamu yang masih membuat laporan keuangan secara manual. Edukasi-remaja.com akan membagikan salah satu aplikasi pengatur keuangan yaitu manajer uang yang bisa kamu jadikan referensi.

Memang banyaknya aplikasi serupa di pasar aplikasi terkadang membuat kita bingung ingin menggunakan yang mana. Tetapi tetap pilih sesuai dengan kebutuhan kamu, ya. Aplikasi yang dbuat oleh developer selalu punya sisi keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Hal itu juga sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang yang berbeda. 

Di aplikasi manajer keuangan yang akan edukasi-remaja.com jelaskan adalah aplikasi yang mempunyai rating bagus di pasar aplikasi seperti playstore. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas tentang apa itu aplikasi manajer uang dan bagaimana cara daftar aplikasi manajer uang. Disimak baik-baik, yuk, artikel berikut ini.

Apa itu Aplikasi Manajer Uang

Aplikasi manajer uang adalah sebuah platform yang dibuat untuk dapat membantu melacak pengeluaran sesuai dengan perhitungan akuntansi. Aplikasi ini dapat dengan mudah di download di playstore atau appstore dari smartphone kamu. 

Aplikasi manajer uang pertama dirilis pada tanggal 16 november 2018. Aplikasi ini selain dapat digunakan secara free juga bisa digunakan secara pro. Kamu bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan kamu, ya. Jika dirasa ingin mengetahui lebih dulu perihal aplikasi inii, kamu bisa mencoba fasilitas free. 

Tentunya berbeda fitur-fitur yang diberikan untuk fasilitas free dan pro. Tapi kembali lagi ke masing-masing pengguna sesuai dengan kebutuhan. 

Cara Daftar Aplikasi Manajer Uang

Sebelum kamu menggunakan sebuah aplikasi. Biasanya ada beberapa panduang yang harus kamu lewati terlebih dulu. Berikut cara daftar aplikasi manajer uang yang akan edukasi-remaja.com bagikan informasinya. 

1. Langkah pertamanya, buka aplikasi “Appstore” atau “Playstore” yanga da di smartphone kamu

2. Ketikkan “Manajer Uang” di kolom pencarian. Pilih aplikasi dengan ikon “Dompet” berwarna biru dengan latar belakang kuning

3. Mulai download aplikasi manajer uang dan tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut

4. Buka aplikasi manajer uang yang sudah berhasil terpasang di perangkat kamu

5. Klik “Memulai” dan tambahkan “Nama Akun” kamu

6. Pilih “Mata Uang” yang ingin kamu gunakan. Lalu, klik “Selanjutnya”

7. Masukkan “Saldo awal”

8. Selamat akun kamu sudah berhasil dibuat. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan semua fitur yang tersedia di aplikasi secara gratis.

Fitur-Fitur di Aplikasi Manajer Uang

Apa saja fitur-fitur di aplikasi manajer uang? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan edukasi-remaja.com di bagian artiikel berikut ini.

1. Halaman utama

Setelah kamu menginput saldo awal. Di halaman utama ini akan tercantum saldo awal kamu. Kemudian, kamu bisa mulai menambahkan pendapatan, pengeluaran, dan transfer dengan meng-klik ikon “+” di pojok kanan bawah. Kamu bisa sesuaikan dengan transaksi yang ada.

2. Template

Kamu dapat menambahkan atau mengatur template di ikon “Tumpukan Kotak” di pojok kanan bawah di halaman menu pengaturan pendapatan, pengeluaran, dan transfer tadi. 

3. Kalender

Kamu dapat melihat pendapatan, pengeluaran, dan total yang terjadi di setiap transaksi sesuai dengan tanggal dan bulan. 

4. Statistik

Di halaman ini kamu dapat melihat statistic setiap transaksi yang kamu lakukan. Mulai dari saldo awal, saldo akhir, pendapatan, pengeluaran, total, dan struktur pengeluaran berdasarkan tampilan chart. Kamu juga dapat melihat laporan transaksi yang lebih spesifik di tabel chart yang ada di pojok kanan atas. Pada tabel chart ini penjelasan laporan keuanganmu lebih terperinci dalam bentuk mingguan/ per 7 hari.

5. Dompet

Kamu dapat membuat beberapa dompet manajemen keuangan kamu. Di halaman ini kamu juga bisa menambahkan anggaran, tujuan, utang, dan transaksi berulang.

Demikianlah penjelasan tentang cara daftar aplikasi manajer uang yang dapat edukasi-remaja.com bagikan. Aplikasi pengelolaan keuangan dapat membantu kamu dalam mengelola manajemen keuangan. Mungkin saja aplikasi ini cocok untuk kebutuhanmu. Selamat mencoba.