Cara Daftar Aplikasi Akuntansi UKM Terbaru

Edukasi-Remaja.com - Pergerakan UMKM di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang pesat. Hal ini menjadi sesuatu yang baik, karena dapar terbukanya peluang lapangan kerja. Nah, saat membangun UMKM tentunya yang harus kamu ingat dan “haram” untuk dilupakan adalah pencatatan keuangan. 

Pencatatan keuangan menjadi bagian yang krusial, sebab bisa dikatakan sebagai jantung sebuah usaha atau bisnis. Jika, manajemen pengelolaan keuangan yang ada di dalam UMKM tersebut buruk. Tentunya usaha yang ada sangat mungkin merugi atau bahkan gulung tikar. 

Dapat dipahami, saat memulai usaha semuanya dari nol. Tentu, dana untuk menggaji karyawan belum dapat dianggarkan. Termasuk merekrute karyawan untuk di bagian accounting. Tetapi, di era sekarang yang serba dimudahkan ini. Harusnya ini sudah tidak menjadi masalah. Karena kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang sudah banyak di pasaran. 

Di artikel kali ini, edukasi-remaja.com akan membahas tentang aplikasi akuntansi UKM dan bagaimana cara daftar aplikasi akuntansi UKM. Secara garis besar, aplikasi akuntansi UKM sengaja dibuat sebagai solusi untuk para pegiat UMKM agar lebih dimudahkan dalam pengelolaan keuangan. Di mana standar perhitungan yang digunakan sudah sesuai dengan akuntansi dasar yang diperlukan. 

Untuk lebih jelasny, langsung disimak aja, yuk, penjelasannya berikut ini. 

Apa itu Aplikasi Akuntansi UKM?

Aplikasi Akuntansi UKM adalah sebuah platform atau aplikasi yang berfungsi untuk pencatatan dan pengelolaan keuangan yang distandarkan dengan akuntansi dasar. Di mana kamu dapat dengan mudah mengunduh aplikasi ini melalui pasar aplikasi playstore atau appstore. 

Aplikasi ini tidak hanya diperuntukkan bagi pegiat UMKM saja. Namun, dapat juga digunakan untuk pribadi. Dengan mulai mencatat semua transaksi keuangan kamu di aplikasi ini dapat mengurangi resiko kebangkrutan atau boncos. Akuntasi UKM masuk dalam jajaran aplikasi yang baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari jumlah unduhan aplikasi yang sudah mencapai lebih dari 100 ribu lebih dan rating aplikasi yang baik. 

Fitur-fitur di dalam aplikasi ini juga mudah untuk dipahami. Selain itu, tampilannya pun user friendly. Sehingga untuk orang awam sekalipun dapat dengan mudah mengerti. 

Cara Daftar Aplikasi Akuntasi UKM

Sebelum menggunakan sebuah aplikasi. Biasanya ada beberapa tahapan atau panduan yang bisa kamu ikuti. Berikut, cara daftar aplikasi akuntansi UKM yang akan dibagikan oleh edukasi-remaja.com.

1. Langkah pertamanya, buka aplikasi “appstore” atau “playstore” yang ada di smartphone kamu

2. Selanjutnya, ketikkan “Akuntansi UKM” di kolom pencarian yang tersedia

3. Mulai download aplikasi akuntansi UKM dan tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil mengunduh dan menginstall

4. Buka aplikasi akuntansi UKM yang sudah berhasil terpasang di perangkat kamu

5. Input data kamu yaitu nama, alamat, nomor telepon, email. Kemudian klik “ simpan”

6. Klik “izinkan”

7. Selamat akun aplikasi akuntansi UKM kamu sudah berhasil dibuat. Sekarang kamu sudah bisa mulai menggunakan fitur-fitur yang tersedia. 

Fitur-Fitur di Aplikasi Akuntansi UKM

Apa saja fitur-fitur di aplikasi akuntansi UKM? Nah, supaya kamu tidak bingung lagi. Berikut edukasi-remaja.com akan jabarkan fitur-fitur di aplikasi UKM. 

1. Jurnal

Di halaman ini, kamu dapat mulai mencatat semua transaksi yang berlangsung. Baik untuk pengeluaran sampai pendapatan. Selain itu, kamu juga bisa melihat laporan jurnal di sini. 

2. Laporan 

Di halaman laporan berisi jurnal yang menginformasikan laporan rekapitulasi jurnal, buku bessar, neraca saldo, laba rugi, neraca, periode, laporan data utang, laporan data piutang, export excel dan SPT Pph Op. 

3. Pengaturan

Di halaman ini kamu bisa melihat data perusahaan, pengaturan modal awal, pengaturan kode rekening, pengingat, keamanan, backup, restore, Sinkronisasi ke google drive, dan reset data.  

4. Kalkulator

Di aplikasi akuntasi UKM juga disediakan kalkulator yang bisa kamu gunakan. 

5. Paduan

Kamu dapat memnaca seluruh panduan fitur-fitur yang tersedia, di tab panduan. 

6. Donasi

Kamu juga dapat memberikan donasi untuk pengembangan aplikasi ini, lho. 

Demikianlah penjelasan seputar cara daftar aplikasi UKM yang bisa edukasi-remaja.com sampaikan. Mencatat keuangan sangatlah penting, tidak hanya bagi pegiat usaha saja. Namun, untuk kebutuhan pribadi kebiasaan ini juga sangat dianjurkan. Semoga bermanfaat.