Cara Daftar Si Apik Terbaru

Edukasi-Remaja.com - Kamu pastinya tahu kan? Kalau sekarang sudah banyak aplikasi pencatatan atau pengelolaan keuangan yang bisa dengan mudah digunakan. Aplikasi ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di pasar aplikasi seperti appstore atau playstore. 

Dari berbagai latar belakang perusahaan yang menaunginya. Aplikasi-aplikasi pencatat keuangan ini memberikan masing-masing keunggulan yang berbeda dari setiap fitur pada aplikasi tersebut. Nah, sekarang kamu sudah tahu belum? Kalau Bank Indonesia juga mengeluarkan aplikasi pencatat keuangan ini, lho. 

Aplikasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia ini bertujuan untuk memudahkan UMKM dalam mencatat setiap transaksi keuangan dengan standar akuntansi keuangan UMKM. Seperti aplikasi-aplikasi serupa, aplikasi yang dirilis Bank Indonesia ini juga memiliki keunggulannya sendiri. Lalu, apa saja keunggulan yang ada dari aplikasi ini? 

Untuk lebih jelasnya, bersama edukasi-remaja.com di artikel kali ini akan membahas tentang Si Apik yaitu aplikasi pencatat keuangan dari Bank Indonesia. Selain itu, kita juga akan menjelaskan bagaimana cara daftar si apik dan bagaimana cara penggunaannya? 

Berikut akan dijelaskan lebih lanjut, pada artikel di bawah ini. Disimak baik-baik, ya. 

Apa itu Si Apik?

Si Apik adalah sebuah aplikasi pencatat keuangan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk memudahkan para pegiat UMKM dalam mencatat setiap transaksi usahanya. Aplikasi ini bisa dengan mudah kamu unduh di playstore atau appstore. 

Untuk penggunanya di peruntukkan bagi peroranga, badan usaha yang bukan dari badan hukum, pertanian, perdagangan, perikanan, perikanan budidaya, peternakan, masih banyak lagi. Kamu juga bisa mengajukan pinjaman ke perbankan atau fintech dengan menggunakan hasil laporan yang dibuat melalui aplikasi Si Apik. 

Kamu akan mendapatkan hasil pencatatan laporan keuangan yang rapi saat membuatnya di aplikasi si Apik ini. Jadi tidak ada alasan lagi pegiat usaha kesulitan membuat laporan keuangan dalam usaha yang mereka jalankan. 

Cara Daftar Si Apik

Supaya dapat memanfaatkan semua fitur yang tersedia di aplikasi Si Apik ini. Kamu bisa mengikuti beberapa panduan yang akan edukasi-remaja.com bagikan di bagian artikel ini. Berikut cara daftar si apik yang bisa kamu ikuti.

1. Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah buka aplikasi “Playstore” atau “Appstore” yang ada di smartphone kamu

2. Ketikkan “Si Apik” di kolom pecarian yang tersedia

3. Mulai download aplikasi “Si Apik” dan tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil mengunduh dan menginstall

4. Buka aplikasi Si Apik yang sudah berhasil terpasang di perangkat kamu

5. Klik “Mulai dari sini”

6. Input jenis usaha yang kamu punya “usaha perorangan” atau “badan usaha bukan badan hukum” kemudian klik “selanjutnya”

7. Input data suaha kamu. Mulai dari upload logo usaha, nama usaha, alamat badan usaha, nomor telepon, nama pemilik, dan deskripsi usaha. Lalu, klik “Selanjutnya” kemudian tunggu beberapa saat sampai sistem berhasil proses

8. Selanjutnya aka nada informasi “Data usaha berhasil di masukkan! Terima kasih” kemudian klik “OK”

9. Berikutnya klik “Mulai Mengisi” dan akun kamu sudah berhasul dibuat. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di aplikasi Si Apik. 

Keunggulan dari Aplikasi Si apik

Apa saja, ya, yang ada di aplikasi Si Apik? Fitur-fitur apa saja yang bisa kamu rasakan manfaatnya? Berikut edukasi-remaja.com akan membagikan keunggulan dari aplikasi si apik yang bisa kamu lihat. 

1. Laporan keuangan

Dengan standar laporan keuangan akuntansi UMKM, aplikasi ini bisa membuat laporan keuangan dengan lengkap. Seperti laporan laba rugi, arus kas, neraca, dan rincian keuangan. 

2. Grafik

Laporan keuangan yang kamu buat atau input terdapat juga dalam bentuk grafik. Sehingga ini juga bisa memudahkan kamu melihat pergerakan usaha yang kamu punya. 

3. Pencatatan

Kamu bisa mencatat double entry dengan hanya meng-input single entry. Kamu bisa lebih menghemat waktu.

4. Hasil laporan

Laporan keuangan yang telah dibuat bisa kamu jadikan bahan pengajuan pinjaman pada perbankan atau fintech jika diperlukan. 

Demikian penjelasan tentang cara daftar si apik yang bisa edukasi-remaja.com bagikan. Pencatatan setiap pergerakan transaksi dalam badan usaha menjadi salah satu hal yang krusial. Kamu bisa mulai dengan menggunakan bantuan aplikasi pencatat keuangan dari bank Indonesia ini yaitu Si Apik. Semoga membantu.