Apa itu Sekuritas? Tips Memilih Sekuritas

karena sekarang ini sudah sangat mudah bagi kalian untuk membeli saham. Sekarang, kalian bisa membeli saham melalui aplikasi handphone kalian.

Edukasi-Remaja.com -Apa itu sekuritas? dan Tips memilih sekuritas - Apa kabar kalian? Pernah mendengar saham? Tertarik dengan saham? Tau gak sih kalian bisa daftar ajaib sekuritas, dan dapat 1 lot saham gratis pakai kode promo ajaib terbaru? Atau mungkin kalian belum tau apa itu sekuritas? Nah, arikel ini, akan menjelaskan apa itu sekuritas, dan tips memilih sekuritas untuk kalian yang ingin berinvestasi saham.

Apa kalian tahu, ketika kalian ingin membeli saham, kalian harus beli dimana? Nah, banyak sekali orang yang kebingungan tentang itu. Memang sepele, tapi sebuah pertanyaan tentang bagaimana cara membeli saham? melalui apa? Menjadi sebuah pertanyaan yang tidak ada ujungnya, apalagi jika tidak ada yang menjamin tempat kalian membeli saham. Tapi, ada kabar baik untuk kalian yang ingin membeli saham, karena sekarang ini sudah sangat mudah bagi kalian untuk membeli saham. Sekarang, kalian bisa membeli saham melalui aplikasi handphone kalian.

Tidak seperti dulu, jika dulu kalian harus membeli saham melalui panggilan telepon dan menggunakan pulsa, sekarang masyarakat dapat membeli saham melalui aplikasi-aplikasi di smartphone mereka. Di zaman yang semakin berkembang ini, segala sesuatunya jadi lebih mudah dan simpel, termasuk pembelian saham. Banyak sekuritas yang sudah membuat aplikasi untuk layanan mereka agar masyarakat bisa melakukan transaksi saham, serta bonus beragam yang menarik minat para pengguna baru untuk menggunakan jasa dan layanan mereka.

Apa itu Sekuritas? dan Tips Memilih Sekuritas

Apa itu Sekuritas?

Bagi kalian, tentunya penasaran, apasih sekuritas itu? Sekuritas adalah perantara dalam sistem perdagangan bursa saham. Menurut OJK sendiri, Sekuritas adalah perusahaan-perusahaan yang telah memiliki atau mengantongi izin dari usaha dari Otoritas Jasa Keuangan dan BAPPEBTI untuk melakukan usaha menjadi perantara dalam kegiatan transaksi bursa efek, penjamin emisi bursa efek, serta kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada tentang pasar modal.

Simpelnya, jika kalian ingin membeli bahan makanan, kalian akan ke pasar dan membelinya melalui pedagang sebagai perantara, bukan ke sawah atau kebun kan? Sekuritas juga berperan seperti itu, mereka menjual saham kepada kalian sebagai perantara.

Sekuritas Resmi di Indonesia

Sekuritas adalah perusahaan perantara dalam kegiatan transaksi bursa efek, tentunya ada banyak sekali perusahaan-perusahaan sekuritas. Di Indonesia sendiri, tercatat ada 98 perusahaan sekuritas resmi yang memiliki izin usaha dari bappebti saat artikel ini ditulis. Berikut adalah 10 Perusahaan sekuritas resmi terbaik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia :

1. Ajaib Sekuritas
2. BCA Sekuritas
3. MNC Sekuritas
4. BNI Sekuritas
5. BRI Danareksa Sekuritas
6. Mandiri Sekuritas
7. MIRAE ASSET Sekuritas
8. MEGA Capital Sekuritas
9. EKUATOR
10. Reliance Sekuritas Indonesia

Mengapa Harus Menggunakan Sekuritas?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sekuritas menjadi perantara disaat kalian ingin membeli saham. Jadi, mereka adalah pihak yang digunakan oleh masyarakat ketika mereka ingin membeli saham. Mereka bekerja sebagai pihak penyalur (dalam hal ini sekuritas) untuk membeli saham dari bursa efek. Selain itu, sekuritas juga sebagai pihak penjamin, dan bertanggung jawab ketika data atau aset kalian hilang atas kesalahan sistem atau kesalahan perusahaan dalam proses transaksi saham.

Keuntungan Menggunakan Sekuritas

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan sekuritas :

1. Kemudahan dalam transaksi saham

Kalian bisa merasakan mudahnya transaksi saham ketika menggunakan sekuritas. Tidak perlu menelpon sana sini, tidak perlu kesana kesini. Semua transaksi bisa selesai dengan menggunakan aplikasi di smartphone kalian.

2. Keamanan asset

Aset kalian akan dijaga dan dijamin oleh sekuritas terkait. Jadi, Ketika ada kendala dengan aset kalian, akan ada pihak yang bisa kalian mintai pertanggung jawaban atas aset kalian.

3. Keamanan Identitas

Sebagai pemegang saham, identitas kalian aman dan terjamin. Tidak akan ada pihak yang tahu jika kalian memiliki saham di suatu perusahaan kecuali kalian, sekuritas yang kalian gunakan, serta perusahaan yang sahamnya kalian beli. Jadi aman deh pokoknya.

4. Dapat Diakses dimana saja

Dulu, orang-orang berebutan ke perusahaan sekuritas ketika ingin membeli saham. Sekarang, kalian bisa bertransaksi saham dimana saja. Kalian bisa melakukan transaksi di kamar mandi, saat pulang kampung, atau ketika sedang bermain dengan anak kalian.

5. Perlindungan Pemodal oleh Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF)

SIPF akan menjamin dana nasabah, jadi ketika sekuritas dan perusahaan tempat kalian membeli dan menyimpan saham tutup, mereka akan secara aktif melindungi dana atau aset kalian dengan cara menekan dan meminta pertanggung jawaban atas aset yang kalian miliki di layanan sekuritas atau perusahaan terkait.

6. Pendaftaran Mudah

Sekarang ini, kalian bisa mendaftar sekuritas hanya dari aplikasi smartphone saja, jadi tentunya mempermudah kegiatan kalian. 

Sekuritas dan OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan lembaga pengawas yang mengawasi segala tindak tanduk instansi atau perusahaan yang berkecimpung di dunia Keuangan. Di Indonesia sendiri, sebuah perusahaan sekuritas harus mengantongi izin dari OJK sebelum bisa menawarkan jasa atau pelayanan mereka ke masyarakat umum. Setelah sekuritas terkait mendapatkan izin, mereka memproses pendaftaran mereka di Bursa Efek Indonesia, sebagai Sekuritas Resmi. Jadi, jangan salah pilih sekuritas yang tidak resmi, karena sekuritas tidak resmi akan memiliki resiko besar dan tidak diawasi oleh OJK.

Tips Memilih Sekuritas

Berikut ini adalah tips memilih sekuritas dari edukasi-remaja.com :

1. Berpengalaman di Bidangnya

Pilihlah sekuritas yang telah ada sejak lama, dan berpengalaman di bidangnya. Sekuritas yang sudah "berumur" cenderung lebih tepercaya dan stabil, jadi tidak akan ada kabar dimana sekuritas tiba-tiba tutup dan menghilang dikarenakan bangkrut atau masalah lainnya.

2. Memiliki izin dari OJK

Sekuritas yang memiliki izin dari OJK merupakan sekuritas resmi, yang diawasi aktivitasnya oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan sekuritas yang tidak memiliki izin dari OJK merupakan perusahaan sekuritas illegal, yang mana beresiko bagi kalian untuk menyimpan asset atau saldo kalian di perusahaan sekuritas illegal.

3. Kemudahan dalam Transaksi

Kemudahan dalam transaksi merupakan faktor penting dalam berdagang saham. Pilihlah sekuritas yang memiliki interface mudah dipahami untuk anda, karena tampilan yang rumit malah akan membuat anda kebinggungan dan tidak tahu tentang apa yang harus dilakukan.

4. Image Merek

Image merek sangat penting dalam memilih perusahaan sekuritas, pilihlah merek sekuritas yang memang sudah terkenal karena fasilitas dan pelayanan mereka. Perusahaan sekuritas yang belum banyak diketahui masyarakat cenderung memiliki pelayanan dan fasilitas yang buruk. Kenapa? Karena mereka masih akan terus berkembang untuk menjadi lebih baik. Jadi, setidaknya pilihlah sekuritas yang sudah memliki image baik, karena mereka sudah dianggap memuaskan.

5. Pelayanan Konsumen

Pilihlah Sekuritas yang memiliki pelayanan konsumen yang baik, contohnya pelayanan konsumen 24 jam, sehingga ketika kalian memiliki masalah dengan akun kalian, mereka akan dapat menindak lanjuti masalah tersebut secepatnya.

6. Bersih dari Catatan Buruk

Ketika kalian telah memilih sekuritas yang ingin kalian gunakan, jangan terburu-buru untuk membuka akun. Sebelumnya kalian harus melakukan riset atau mencari berita serta informasi tentang mereka, sebagai catatan, hindarilah perusahaan yang pernah memiliki berita atau catatan buruk. Perusahaan sekuritas yang baik adalah perusahaan yang dapat mengatasi masalah mereka tanpa terdengar oleh media. Sekuritas yang memiliki berita baik walaupun hanya satu berita, cenderung lebih disenangi dibanding dengan sekuritas yang tidak memiliki berita jelek ataupun berita baik sama sekali.

7. Perhatikan Biaya Setoran

Bagi kalian yang ingin belajar, carilah sekuritas dengan setoran awal yang lebih sedikit, artinya perusahaan sekuritas tersebut adalah perusahaan sekuritas untuk "belajar" bagi pemula. Namun, walaupun setoran awal mereka sedikit, para trader profesional juga bisa menggunakan jasa sekuritas tersebut. Gunakan sekuritas yang ramah untuk "pemula" jika kalian belum mengerti sepenuhnya tentang aspek perdagangan saham. Jangan terburu-buru dan melakukan trading di sekuritas yang menyajikan fasilitas "expert" karena hal tersebut malah akan membingungkan proses pembelajaran kalian.

8. Kemudahan Setoran

Kemudahan setoran akan mempengaruhi proses pengiriman saldo ke rekening saham kalian, carilah sekuritas yang menawarkan kemudahan setoran. Seperti setoran yang masuk lebih cepat dan tanpa biaya admin cenderung lebih diminati oleh para nasabah, kalian juga begitu kan?

9. Kemudahan Buka Rekening

Akses untuk membuat rekening yang mudah dan tidak membingungkan adalah hal yang lumrah, Identitas diri, Informasi pekerjaan, serta Informasi Perbankan adalah hal yang dibutuhkan untuk mendaftar rekening sekuritas. Carilah sekuritas yang menawarkan kemudahan dalam proses buka rekening nya.

Aplikasi Sekuritas

Sekarang ini, banyak sekuritas yang telah meluncurkan aplikasi untuk smartphone, hal tersebut membuat masyarakat dapat dengan mudah mendaftar dan mengakses bursa saham. Kemudahan yang ditawarkan oleh sekuritas ini membuat banyak orang mendaftar dan menginstall aplikasi mereka. Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi sekuritas di Google Play Store atau App Store.

Jika kalian ingin mendaftar di aplikasi sekuritas, kalian bisa mencoba mendaftar menggunakan ajaib sekuritas dengan kode promo ajaib. Kalian dapat mendaftar atau membuka rekening bursa melalui smartphone, siapkan informasi mengenai KTP, KK, Rekening, Pendapatan dll. Ada baiknya anda membaca persyaratan dan ketentuan sebelum mendaftar dan membuka rekening saham, karena tanpa adanya pemahaman tentang syarat dan ketentuan yang berlaku, anda nanti tidak tahu tentang aturan dan ketentuan yang berlaku di sekuritas tempat anda mendaftar.

Sekuritas di Kota Kalian

Sebelum mendaftar, pastikan kalian mengecek kantor sekuritas yang ada di kota atau tempat kalian tinggal. Sekarang ini, di situs resmi Bursa Efek Indonesia, masyarakat dapat mengecek sekuritas-sekuritas yang ada di kota mereka. Ada baiknya kalian mengecek sekuritas yang ada di kota kalian, kalau kalian ingin mendaftar secara langsung ke kantor perusahaan terkait untuk menghindari Sekuritas yang tidak resmi.

Sekian informasi tentang apa itu sekuritas dan tips memilih sekuritas, semoga bermanfaat.

© Edukasi Remaja. All rights reserved. Developed by Jago Desain