Mau Investasi Emas & Logam Mulia? Yuk Baca Strategi nya

 Edukasi-Remaja.com - Investasi sudah menjadi hal yang banyak dipikirkan oleh masyarakat pada saat ini. Ketika memiliki uang lebih, mereka akan otomatis memikirkan "akan investasi kemana?". Sekarang, banyak orang yang mulai melirik kembali logam mulia sebagai sarana investasi. Namun, masih sedikit orang yang mengetahui strategi investasi logam mulia ini. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang strategi investasi logam mulia.

Sekarang ini, semakin banyak instrumen investasi yang dapat kalian jadikan pilihan, akan tetapi investasi logam mulia atau investasi emas masih menjadi primadona di mata para investor. Emas menjadi jenis investasi yang paling banyak dipilih sejak jaman dahulu. Kenapa? Alasannya sederhana, karena emas sudah dikenal oleh masyarakat umum dan harganya lebih stabil. Namun strategi investasi logam mulia atau emas, harus tetap kalian ketahui dulu sebelum berinvestasi emas.

Daftar Aplikasi Treasury agar bisa berinvestasi emas digital dengan aman.

Apabila kalian memahami strategi yang tepat, uang yang kalian investasikan dapat berkembang sehingga hasilnya tidak optimal. Tapi, taukah kalian? Apa saja strategi investasi logam mulia yang menguntungkan dan sangat dianjurkan?

Strategi Investasi Logam Mulia / Emas

Berikut adalah beberapa strategi investasi logam mulia atau emas yang dianjurkan :

1. Pastikan Tujuan Investasi

Sebelum mulai melakukan investasi, ada baiknya kalian tentukan dahulu tujuan kalian berinvestasi. Ada yang ingin mencari keuntungan semata, ada juga yang ingin mewariskannya kepada anak cucu mereka. Tetapi yang pasti adalah tak ada strategi investasi logam mulia yang menguntungkan jika kalian tidak tahu tujuan investasi kalian. Apakah untuk mendapatkan keuntungan cepat? atau mendapatkan keuntungan besar? Jika memang kalian ingin mendapatkan keuntungan cepat, tentu investasi logam mulia tidak bisa menjadi pilihan terbaik untuk kalian lakukan.

Ketika kalian memutuskan untuk berinvestasi logam mulia, ada baiknya kalian sudah memiliki pandangan akan waktu yang akan datang, misalnya 10-20 tahun kemudian. Karena investasi emas adalah investasi jangka panjang. Dan kalian tidak bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat.

Setiap hari, harga emas memang dapat meningkat, namun pentingkatan tersebut tidak terlalu mencolok. Terlebih jika kalian berinvestasi dalam nilai kecil, peningkatan 2% atau 5% tidak akan terasa di kantong kalian. tetapi, jika Harganya setiap hari memang bisa meningkat, akan tetapi nilainya tidak signifikan. Apalagi jika emas tersebut naik hingga 40% dalam jangka waktu 10 tahun, tentunya akan lebih terasa nilainya. Karena itu, emas lebih dipandang sebagai instrumen investasi jangka panjang yang membutuhkan waktu lama untuk terasa keuntungannya.

2. Memilih Jenis Emas

Ada banyak sekali pilihan emas untuk kalian investasikan. Tetapi, jika kalian ingin berinvestasi emas, hindari membeli emas dalam bentuk perhiasan. Kenapa? Karena tujuan perhiasan adalah mempercantik diri, dan untuk pembuatan perhiasan membutuhkan biaya tambahan yang tentunya akan membuat harga emas lebih mahal. Oleh karena itu, lebih baik bagi kalian untuk membeli emas batangan saja. Karena mereka tidak memiliki biaya pembuatan dan tidak mengurangi rasio emas dan uang kalian.

Saat memlih emas, kalian juga harus memperhatikan kadar karat atau kemurnian emas kalian. Ukuran karat emas yang tinggi cenderung lebih disenangi, karena dianggap memiliki kualitas yang tinggi.

3. Tabungan emas

Menyimpan emas dalam rumah? bisa dimaklumi, tapi bagaimana kalau ada bencana alam? seperti tanah longsor atau banjir? Baik, emas kalian berbentuk perhiasan? dipakai keluar? yakin tidak ada jambret? Karena itulah emas batangan lebih disarankan untuk investasi, karena mengurangi resiko kejahatan. Tetapi kalau terkena bencana alam? apakah emas kalian aman?

Oleh karna itu, kalian harus membuat tabungan emas. Kalian bisa menabung emas di Rumah, Penggadaian, atau secara digital dengan perusahaan yang telah mendapatkan izin Bappepti. Setelah emas ditabung, kalian tidak perlu khawatir atas keamanan mereka. Selain itu, ketika kondisi keuangan memburuk, kalian bisa menjual emas kapan saja kalian butuh.

Ketika kalian memiliki tabungan emas, kalian tidak akan terkena dampak inflasi. Karena kalian memakai emas sebagai tabungan kalian, bukan mata uang. Karena nya, tabungan kalian akan tetap utuh dan pastinya semakin lama nilainya akan semakin menguntungkan walaupun nilai mata uang jatuh.

4. Pilih Tempat Atau Platform Investasi Kalian

Binggung mau berinvestasi emas dimana? Sekarang ini, ada banyak tempat yang menyediakan investasi emas dan juga tabungan emas kok. Bahkan, sekarang ini kalian bisa melakukan investasi emas secara digital, bagaimana? Contohnya, kalian bisa berinvestasi emas dengan aplikasi treasury yang menyediakan emas digital. Aplikasi Treasury sudah memiliki izin Bappepti, jadi emas kalian terjamin keamanan dan keberadaan nya. Jadi, kalau kalian merasa sulit untuk membeli emas karena jarak atau situasi yang tidak memungkinkan, mungkin kalian bisa mendaftar aplikasi treasury sebagai awal.

Namun, jika kalian masih ingin memiliki emas dan menyimpan nya sendiri, mungkin penggadaian, broker emas, dan perhiasan akan menjadi alternatif yang bagus. Walaupun resiko nya lumayan besar ketika menyimpan emas sendiri, tetapi kalian bisa menjamin keamanan investasi kalian dengan mata  kepala sendiri, tanpa harus ada resiko penipuan. 

Sekian artikel tentang strategi investasi emas atau logam mulia, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin berinvestasi emas.