Apa itu Virtual Account dan Manfaatnya

Edukasi-Remaja.com - Ketika kalian melakukan transfer, sering kali kalian diberikan nomor rekening virtual account, tapi apakah kalian tahu apa itu virtual account bank? Walau kalian tidak pernah menggunakan fitur virtual account, tapi pasti kalian sudah sering mendengar dan bahkan pernah melihat orang lain menggunakan rekening virtual. Virtual account bisa kalian gunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari top-up saldo e-wallet hingga checkout keranjang dan keperluan lain yang membutuhkan pembayaran via transfer atau topup.

Sekedar informasi, dengan makin bergeliatnya e-commerce di Indonesia para pelanggan serta merchant (penjual atau penyedia layanan) pasti mencari kemudahan dalam bertransaksi online, ya kan? Nah, Virtual account ini menyanggupi permintaan tersebut. Mereka menawarkan kemudahan dan keamanan ketika kalian bertransaksi loh. Sehingga virtual account menjadi favorit ketika melakukan pembayaran secara online.

Apa itu Virtual Account dan Manfaatnya

Apa itu Virtual Account dan Manfaatnya

Sekarang ini, masyarakat lebih memlih untuk melakukan transaksi secara online. Karena itu kegemaran masyarakat menggunakan Virtual Account sudah menjadi hal yang wajar, pengen tau apa itu virtual account? Dan apa manfaat virtual account? Simak artikel ini sampai habis yaa.

Apa itu VA (Virtual Account)?

Seperti namanya, virtual account berarti akun rekening virtual atau tidak nyata, yang berbentuk nomor ID pelanggan yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran. Nomor ID ini biasanya dikeluarkan oleh bank sesuai permintaan perusahaan untuk melakukan transaksi.

Virtual account bank ini berbeda-beda bagi setiap pelanggan dan unik, dan untuk setiap satu transaksi, pelanggan akan mendapat satu nomor virtual account. Ada dua jenis virtual account yang biasa ditemui, yaitu:

  • Fixed virtual account

Fixed virtual account merupakan nomor akun virtual yang unik dan sudah ditentukan tetap untuk satu pelanggan untuk setiap transaksi. Seperti aplikasi e-wallet yang memakai nomor ponsel pengguna sebagai nomor ID. 

Dengan menggunakan fixed virtual account, pengguna bisa melakukan transaksi secara berulang seperti top up saldo e-wallet contohnya, tanpa perlu memasukkan nomor ID yang berbeda.

  • Non-fixed virtual account

Sedangkan non-fixed virtual account merupakan nomor akun virtual yang ditentukan secara unik dan acak, dan biasanya hanya bisa digunakan untuk sekali transaksi saja. 

Contohnya saat pelanggan melakukan pembayaran atau check-out lewat virtual account di e-commerce, maka nomor virtual account yang diperoleh pelanggan tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk transaksi lainnya.

Perbedaan VA dan Transfer Biasa

Perbedaan virtual account dengan transfer bank yang paling utama adalah dari segi efisien. Dalam metode pembayaran transfer bank biasa, semuanya harus dilakukan secara manual, mulai dari memasukkan nomor rekening tujuan, nominal transfer, hingga melakukan konfirmasi pembayaran berupa bukti transfer foto struk maupun screenshot.

Sedangkan dengan virtual account bank, kalian sebagai pelanggan tidak perlu mengirimkan bukti transfer lagi, menginput nominal yang harus ditransfer, hingga mencocokkan nomor rekening dengan bank tujuan. 

Kalian hanya perlu memasukkan nomor virtual account, otomatis nama tujuan penerima atau nominal yang harus dibayarkan sudah tertera. Jika transaksi selesai, maka billing akan langsung mengenali transaksi yang sudah kalian lakukan.

Manfaat VA

Berikut ini adalah manfaat Virtual Account yang Wajib kalian ketahui :

1. Lebih cepat dan praktis

Dengan menggunakan virtual account, transaksi yang berlangsung dapat secara otomatis masuk ke pembukuan. Nomor unik pelanggan dari virtual account membuat para penjual otomatis mengetahui siapa yang telah melakukan pembayaran. Dengan demikian, para penjual bisa memproses pesanan kalian dengan cepat.

Sedangkan untuk transfer bank manual, mengharuskan para penjual mengirimkan bukti transfer. Ditambah lagi, penjual juga harus mengkonfirmasi dan mengecek apakah transfer yang dilakukan sudah masuk rekening apa belum.

2. Memudahkan pembayaran

Virtual account tidak hanya menguntungkan para pemilik bisnis, namun para pelanggan juga. Karena, virtual account memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran dari bank mana saja yang memiliki fitur pembayaran virtual account.

Kalian tak perlu harus meminjam akun orang lain jika rekeningnya berbeda dengan rekening bank penjual untuk menghindari biaya admin. Selain itu, kalian juga tidak perlu repot mengirimkan bukti pembayaran karena transaksi yang dilakukan tercatat secara otomatis.

3. Lebih aman

Transaksi melalui virtual account lebih aman jika dibandingkan transaksi manual. Kalian tak perlu takut salah menginput nominal yang harus ditransfer serta nama penerimanya. Selain itu, nomor unik dari virtual account bisa diatur kedaluarsanya setelah transaksi selesai. Ini untuk mencegah nomor virtual account digunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu virtual account bank. Virtual account sangat membantu klaian saat belanja online semakin efisien dan mudah. Sehingga kalian tidak perlu lagi kerepotan seperti saat melakukan pembayaran dengan transfer manual. 

Salah satu aplikasi terbaik untuk pembayaran VA adalah Neobank, baca artikel tentang cara daftar neobank dan kode referral neobank.

Sekian artikel tentang apa itu virtual account dan manfaatnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.