Pilih Jual Emas atau Gadai Emas?

Kode Referral - Ketika kalian berinvestasi emas, ada kalanya kalian mengalami kebutuhan mendesak yang membutuhkan uang. Mengingat investasi emas adalah investasi jangka panjang, banyak orang merasa enggan untuk menjual emas mereka. Namun, kebutuhan akan uang tidak bisa dibiarkan terus menerus akan memaksa mereka untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tapi, tahukah kalian kalau kalian berinvestasi emas, kalian masih memiliki opsi untuk menjual emas kalian atau mungkin menggadaikan emas kalian? Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang pilihan yang akan kalian lakukan ketika situasi ekonomi mendesak. Apakah kalian akan menjual emas kalian atau menggadaikan emas kalian?

kali ini kita akan membahas tentang pilihan yang akan kalian lakukan ketika situasi ekonomi mendesak. Apakah kalian akan menjual emas kalian atau menggadaikan emas kalian?

Berinvestasi emas memang menarik, karena menawarkan keuntungan jangka panjang dan memiliki harga yang stabil dibandingkan dengan jenis instrumen investasi lainnya. Selain itu, emas sudah menjadi komoditas dan termasuk dalam kategori barang mewah dengan nilai yang makin meningkat secara stabil. Tetapi, walaupun telah berinvestasi dengan cold money, tentunya kebutuhan bisa sangat mendesak sehingga terjadi situasi dimana investor harus memutuskan untuk melikuidasi aset investasi mereka.

Pilih Jual Emas atau Gadai Emas?

Nah, kalau berbicara soal likuidasi emas. Ternyata ada dua pilihan loh saat kalian membutuhkan uang, seperti menjual emas atau menggadaikan emas.

Alasan Emas Dijual atau Digadai

Ketika kalian membutuhkan dana darurat, dan memiliki emas yang bisa dijual atau digadaikan. Kalian bisa mendapatkan dana segar hanya dalam hitungan menit, baik kalian menggunakan emas dalam bentuk perhiasan, logam mulia, atau emas batangan. Kemudahan salah satu sifat emas inilah yang membuat emas menjadi aset paling menarik untuk diinvestasikan.

Selain bisa mendapatkan keuntungan, investasi emas dinilai lebih aman serta memberikan perlindungan jika terjadi penurunan nilai mata uang USD (dollar Amerika Serikat) terhadap IDR (rupiah Indonesia). Dengan kata lain, aset kalian terlindungi dari inflasi jika berinvestasi emas.

Ketika memilih antara jual emas atau gadai emas, kalian tetap akan mendapatkan harga terbaik di pasaran. Berbeda dengan jika kalian menjual barang, seperti mobil dll yang nilai nya akan terus menyusut. 

Lebih Baik Jual atau Gadai Emas?

Ketika kalian ingin melikuidasi emas investasi yang kalian miliki, sebaiknya kalian memilih apakah akan menjual atau menggadaikannya. Jika kalian ingin menjual, kalian bisa pergi ke toko emas untuk menjual emas kalian. Sementara jika kalian ingin menggadaikan emas, kalian bisa pergi ke penggadaian.

Alasan yang menyebabkan kebutuhan dana darurat tentunya baragam, tetapi menjual aset investasi juga bukan hal yang mudah untuk dlaksanakan karena ada banyak perimbangan yang harus diperhitungkan.

Berikut ini adalah contoh gambaran apakah kalian harus menjual emas atau menggadaikan emas kalian :

1. Menjual Emas

Ketika kalian menjual emas, ada banyak sekali pilihan toko emas yang bisa kalian datangi. Sebelumnya pastikan kalian membawa surat-surat emas kalian, lalu datangi toko untuk mengecek kondisi emas kalian, serta keaslian mereka dengan surat-surat tadi. Transaksi penjualan emas ini bisa selesai hanya dalam hitungan menit kok dan uang sudah bisa kalian terima.

Lebih mudah lagi, jika kalian berinvestasi emas secara digital. Kalian bisa menggunakan aplikasi treasury untuk menjual emas kalian. Dana bisa cair hanya dalam hitungan menit. Baca Kode Referral Treasury.

Jika kalian ingin menjual emas, sebaiknya digunakan untuk keperluan mendesak yang sangat penting. Contohnya seperti biaya melahirkan, pengobatan, pendidikan anak, atau untuk hal lain yang sifatnya mendesak. Tetapi, jangan sekali-sekali menjual emas kalian untuk kepentingan yang tidak mendesak seperti bersenang-senang, atau untuk berinvestasi ke hal lain yang tidak jelas akan untung atau tidak.

Saat yang tepat untuk menjual emas adalah disaat harga sedang naik, tetapi kalau harga emas sedang turun dan keadaan sudah mendesak berapapun nilai emas tersebut tentunya akan kalian jual kan? jadi, lebih baik untuk menjual emas di tempat dimana kalian membeli emas tersebut, agar lebih mudah melakukan negoisasi.

2. Menggadaikan Emas

Jika kalian tidak ingin menjual emas yang kalian miliki, tetapi kalian terdesak dan memerlukan uang. Kalian bisa menggadaikan emas kalian ke penggadaian resmi, sehingga emas kalian tetap aman disimpan serta memliki harga yang stabil.

Ketika kalian membeli emas dengan tujuan investasi, tentunya menjual emas akan amat disayangkan. Jadi, banyak orang lebih memilih untuk menggadaikan emas mereka karena dianggap sebagai solusi yang aman. Kenapa? Karena mereka bisa menebus kembali emas mereka ketika mereka sudah memiliki uang. Tetapi, jika emas mereka telah jatuh tempo, emas tersebut akan dilelang atau dijual dan menjadi milik orang lain. Walaupun tetap saja, kalian bisa tetap bisa meminta perpanjangan waktu untuk menebus emas kalian kok.

Dari dua poin diatas, kalian sudah mendapatkan gambaran nya? Tentunya karena status "kepemilikan" emas yang masih melekat ketika emas digadaikan cukup membantu ketika kalian menggadaikan emas kalian.

Singkatnya, kalian sedang "meminjam" uang dengan jaminan ketika emas digadaikan. Berbeda dengan menjual emas, yang mana kalian akan kehilangan status "kepemilikan" emas kalian.

Kelebihan Menggadaikan Emas

Berikut ini adalah kelebihan menggadaikan emas :

1. Emas hanya menjadi jaminan saja ke penggadaian dan masih menjadi milik kalian, sehingga setelah kalian melunasi hutang kalian maka emas tersebut bisa diambil lagi.

2. Proses gadai emas lebih cepat, dan dana bisa dicairkan dalam hitungan menit.

3. Nilai gadai emas lebih tinggi daripada gadai barang jenis lainnya, karena memiliki nilai jual yang pasti di pasaran.

4. Dengan menggadaikan emas, terhindar dari hutang. Karena emas kalian akan menjadi milik penggadaian sebagai jaminan dari pinjaman kalian yang tidak dapat dibayar.

5. Kalau Menggadaikan emas, kalian tidak perlu surat-surat bukti pembelian

Walaupun menggadaikan emas lebih menarik dan dianggap sebagai langkah aman, tentunya prinsip gadai emas juga sama dengan jual emas. Karena jika ingin menggadaikan emas, pastikan harganya sedang naik. Kenapa? Kalau kalian belum tahu, penggadaian akan memberikan pinjaman dari emas yang kalian gadai dengan nilai dibawah harga taksiran. Tetapi, ketika harga emas turun bisa jadi kalian tidak perlu repot menebus emas kalian. Karena kalian sudah untung.

Sekian artikel tenang pilih jual emas atau gadai emas? semoga artikel ini membantu kalian untuk mengetahui kelebihan gadai emas.