6 Cara Kreatif untuk Menghargai Karyawan Anda

6 Cara Kreatif untuk menghargai Karyawan anda - Setiap karyawan adalah manusia, dasarnya manusia perlu merasa diperhatikan dan disayangi. Dengan menghargai orang lain, akan memberikan mereka perasaan bahwa mereka disayangi dan usaha mereka sangat berarti. Tapi, untuk menunjukkan kasih sayang dan penghargaan kepada karyawan, tidak selalu dengan cara memberikan hadiah. 


Cara meningkatkan produktivitas karyawan


Pujian, meski itu anda anggap sangat sepele, akan sangat berarti bagi mereka, karena hal pujian tersebut berarti bahwa anda memperhatikan dan menghargai apa yang mereka lakukan. Jadi, untuk menghadiahi karyawan, tidak selalu dengan barang. Bagaimana cara anda memberikan penghargaan juga sangatlah penting.

Berikut adalah 6 Cara Kreatif untuk menghargai Karyawan


1. Gunakan sistem Gamifikasi dalam perusahaan anda

Gamifikasi adalah konsep yang ada dalam permainan, contoh sederhana sistem gamifikasi adalah sistem peringkat. Ada banyak sekali jenis peringkat dalam permainan, berdasarkan poin atau nilai yang didapat. Sistem tersebut, membuat para pemain merasa mencapai sesuatu ketika mereka menjadi tingkat teratas, atau menjadi salah satu yang teratas. 

Sistem gamifikasi dapat anda gunakan untuk perusahaan, agar karyawan merasa telah mencapai sesuatu dalam pekerjaan mereka, meningkatkan tingkat persaingan dan produktivitas mereka di kantor. Bagi mereka yang memiliki pencapaian melebihi rata-rata, mereka berhak untuk mendapatkan hadiah atas hasil usaha mereka, sehingga karyawan lain akan menjadi terpacu untuk bersaing dan meningkatkan kinerja mereka. 


2. Biarkan mereka memberikan dan menerima "Kerja Bagus" Kepada satu sama lain

Penghargaan atau pujian tidak selalu datang dari atasan, tetapi kolega juga dapat memberikan pujian. Budayakan karyawan perusahaan atau kantor ada untuk selalu memberikan pujian "kerja bagus" Kepada satu sama lain. Seperti setiap hari ketika pekerjaan selesai, setiap karyawan akan bertepuk tangan serentak dan berkata "terimakasih, kerja bagus, sampai jumpa besok". Hal itu akan membuat para karyawan merasa dihargai oleh kolega mereka, dan membangun kerja sama tim serta semangat moral mereka. 


3. Traktir Mereka

Saat makan adalah saat dimana para karyawan, atasan bahkan tingkat terendah dalam perusahaan sekalipun dapat berinteraksi dengan bebas. Adalah sebuah ide yang bagus, jika kiranya anda melakukan perayaan selesainya proyek, atau ulang tahun perusahaan dengan acara makan bersama. Hal ini akan membuat tiap karyawan merasa bahwa mereka adalah bagian yang penting dalam perusahaan, dan membuat kebersamaan setiap komponen dalam perusahaan semakin dekat satu sama lain. 


4. Tunjukkan Rasa Terima kasih di Sosial Media

Anda memiliki karyawan yang mengikuti atau berteman dengan anda di Sosial Media? Hal tersebut dapat dimanfaatkan. Dengan menunjukkan bahwa anda berterimakasih atas apa yang para karyawan anda lakukan, anda akan mengambil hati mereka, membuat mereka terharu, dan akan membuat mereka bersemangat untuk berusaha melakukan hal yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya. 

Anda bisa memposting tentang karyawan secara keseluruhan, atau mungkin memposting tentang usaha karyawan satu persatu, untuk menunjukkan bahwa anda menghargai dan mengetahui usaha apa yang mereka lakukan demi perusahaan. 


5. Berikan Mereka Hadiah Sebagai Tim

Anda bisa membuat produktivitas perusahaan meningkat dengan sistem Hadiah, tetapi akan lebih baik jika tidak memberikan Hadiah kepada kepala departemen saja. Anda bisa memberikan Hadiah kepada mereka sebagai tim. 

Contohnya, setiap bulan anda bisa meminta departemen yang ada di perusahaan anda menunjukkan hasil pencapaian mereka dalam satu bulan, dan departemen yang berperan besar akan diberikan hadiah. Liburan selama 3 hari dengan dana perusahaan mungkin merupakan ide yang bagus. 


6. Berikan mereka waktu Libur Tambahan Ketika Pekerjaan Sudah Selesai

Selain lembur, tahukah anda bahwa anda juga bisa memberikan waktu libur lebih? Jika lembur memberikan stress dan jam kerja yang lebih banyak, Libur memberikan karyawan kesempatan untuk beristirahat dengan jam kerja mereka yang lebih sedikit. Hal ini sangat cocok dilakukan ketika seseorang telah menyelesaikan semua tugas mereka dan tidak tahu lagi apa yang sedang dilakukan. Libur yang lebih banyak dapat membantu karyawan untuk mengurangi stress yang terakumulasi. 


Mengapa Penghargaan untuk Karyawan anda sangat Penting

  • Membangun kepercayaan, jika karyawan tidak mempercayai anda, maka bisnis anda tidak akan berjalan dengan mulus. Akan ada banyak hambatan dalam proses pengerjaan proyek atau bisnis anda. Dikarenakan karyawan menganggap anda tidak melihat mereka sebagai manusia, dan hanya mahluk yang menghabiskan tenaga mereka untuk anda seorang. 
  • Membuat para karyawan lebih produktif, jika mereka merasa bahwa anda perduli, mereka akan merasa bahwa setiap pekerjaan dan usaha yang mereka lakukan dihargai oleh anda. Ketika proyek sukses, mereka akan menjadi bersemangat, karena mereka tahu bahwa mereka berkontribusi kepada keberhasilan perusahaan, dan jika proyek gagal, mereka akan merasa terpacu untuk meraih hasil yang lebih baik. 
  • Mengurangi pergantian Karyawan, mencari karyawan baru adalah proses yang panjang dan melelahkan. Selain kualifikasi, ada banyak hal lain yang harus dipertimbangkan. Karena itu, akan lebih baik jika anda mempertahankan karyawan yang sudah ada, daripada mencari calon karyawan lain yang belum tentu sesuai dengan lingkungan perusahaan anda. 
  • Meningkatkan reputasi perusahaan, di era digital seperti sekarang, akan sangat mudah diketahui jika anda memperlakukan karyawan anda dengan tidak baik. Media akan mengetahui tentang hal itu, anda perusahaan anda akan menjadi perusahaan yang dijauhi oleh para pelamar kerja, sehingga anda akan kesulitan mencari sumber daya manusia yang potensial untuk perkembangan perusahaan. 

Sekian informasi tentang 6 Cara Kreatif untuk Menghargai Karyawan Anda, semoga bermanfaat. 

Baca Juga :

Tips meningkatkan Kinerja Karyawan