6 Jenis Bisnis Tanpa Modal untuk Remaja

6 Jenis Bisnis Tanpa Modal untuk Remaja - Halo, kamu sudah sampai pada waktunya untuk mencari pekerjaan? Ingin mencoba berbisnis namun terhambat oleh modal? Tenang, selain 7 ide Bisnis dengan Modal Minim yang sudah Edukasi-Remaja.com bahas sebelumnya, kali ini kita akan kembali membahas Bisnis untuk remaja lagi. 

6 Jenis Bisnis Tanpa Modal untuk Remaja


Kenapa Bisnis? Sudah banyak orang yang bertanya tentang ini. Perlu diingat, bahwa tidak semua orang ingin bekerja dibawah orang lain, betul kan? Maka dari itu, untuk mendapatkan penghasilan, mereka harus jeli dalam melihat peluang di sekelilingnya. Peluang yang tersedia pun beragam, tetapi beberapa peluang yang tersedia memerlukan modal yang tidak sedikit, terlebih jika kamu hanya bekerja sendiri. Beberapa peluang hanya cukup untuk dijadikan sampingan saja, seperti yang sudah dibahas dalam 4 Ide Kerja Sampingan Untuk Remaja. Sekarang, kita akan membahas tentang ide Bisnis tanpa modal nya, yuk disimak. 


6 Jenis Bisnis Tanpa Modal untuk Remaja


1. Penulis Resume

Tidak seperti penulis konten, penulis resume hanya berfokus terhadap resume saja. 

Mengapa penulis resume? Banyak sekali orang yang mencari pekerjaan, namun tidak semuanya pintar menulis resume. Jika kamu memiliki komputer, laptop, atau handphone kamu bisa belajar untuk menulis resume dan membuka jasa penulisan resume. Kamu bisa memasang tarif berdasarkan kualitas resume kamu. Bahkan jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa, kamu bisa membuat resume dengan bahasa lain. 

Untuk permulaan, kamu bisa mendaftar di situs-situs freelance dan mengiklankan jasa kamu di sosial media. 


2. Desainer grafis

Apakah kamu percaya diri dengan skill editing kamu? 

Setiap perusahaan membutuhkan logo untuk menanamkan merek mereka ke benak para konsumen, seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya

Hanya dengan laptop, komputer atau handphone, kamu bisa menjadi desainer grafis dan menjual logo kamu di platform yang telah tersedia. Kamu bisa menaruh contoh hasil karya kamu dan menunggu order datang dengan sendirinya. 


3. Pengajar Alat Musik

Kamu jago memainkan alat musik? Baik itu gitar atau piano, atau bahkan semua alat musik? 

Kamu bisa mengajar orang lain untuk bermain alat musik. Sekarang ini, sudah banyak platform untuk menjual jasa kamu. Bahkan kamu bisa mengiklankan jasa kamu ke sosial media. Dan menunggu pesanan dagang dengan sendirinya. 


4. Pengajar Online dan Tutoring

Apa yang kamu senangi? Memasak? Web design? Atau bermain Rubik? 

Kamu bisa menjual jasa kamu untuk mengajar secara online, via Skype, zoom atau whatsapp. Mengajari orang lain tentang hobi kamu, dan dibayar untuk itu. Atau bahkan kamu bisa membuat e-book dan menjualnya. 


5. Reviewer

Apakah kamu sering menggunakan atau mencoba-coba barang atau produk baru? 

Kamu bisa bergabung ke situs review produk atau barang, disana kamu bisa mereview produk yang kamu gunakan dan dibayar untuk itu. Atau bahkan kamu bisa membuat video tentang review barang dan menguploadnya ke youtube. 


6. Jasa Planning Event / Event Organizer

Apakah kamu memiliki relasi yang luas? Kamu bisa menjual relasi kamu dan menjadi Event Organizer. 

Misalkan kamu memiliki teman yang memyewakan alat musik atau tenda, atau penyanyi, atau mungkin pembuat makanan tau katering. Kamu bisa memasukkan mereka ke event yang kamu kelola. 

Kamu bisa memulai menjadi event organizer dari hal yang kecil, dari pesta ulang tahun dan kemudian ke event yang lebih besar, seperti pesta pernikahan atau event untuk umum. 


Sekian informasi tentang 6 Jenis Bisnis Tanpa Modal untuk Remaja, semoga bermanfaat.