7 Ide Bisnis Untuk Remaja dengan Modal Minim

7 Ide Bisnis untuk Remaja dengan Modal Minimum - Apakah kamu remaja? Tentu kamu pernah berpikir untuk mencari uang lebih? Namun kamu tidak tahu harus bagaimana? Sekarang, Edukasi-Remaja.com akan membahas tentang seputar ide bisnis untuk kamu. 

Ide Bisnis untuk Remaja

Ada banyak jenis bisnis, dari berbagai macam jenis bisnis itu, tentunya ada beberapa yang bisa dilakukan oleh kaum remaja. Permasalahan yang menghambat bisnis kaum remaja umumnya terdapat pada modal. Tapi, tahukah kamu? Ada beberapa jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh remaja dengan modal minim? Yuk kita ulas. 


Ide Bisnis untuk Remaja dengan Modal Minim. 



1. Dropshipper - Modal minimum Rp. 0

Menjadi Dropshipper adalah cara paling mudah sebagai awal untuk kamu yang ingin belajar bagaimana berbisnis. Bagaimana tidak, kamu hanya perlu menjual produk orang lain yang mana produk tersebut nantinya akan dikirimkan ke pembeli atas nama kamu. Jadi, orang nantinya berpikir bahwa kamulah yang menjual produk tersebut. 

Keuntungan menjadi dropship - Kamu hampir tidak memerlukan modal dan bisa mengatur keuntungan sesuka kamu, tidak perlu memikirkan tempat menaruh barang karena barang nya adalah milik orang lain, kamu adalah pihak ke 3, jadi setelah pesanan dari pembeli telah disampaikan di pihak penjual dan dikirim, tugas kamu sudah selesai. 

Kekurangan menjadi dropship - Kamu harus mengamati persaingan harga, sehingga harga dari kamu tidak terlalu mahal dibanding pesaing kamu. Kamu tidak bisa mengatur kecepatan pengiriman barang, sehingga harus terus berkomunikasi dengan penjual. Dan, jika ada komplain dari pembeli, maka kamu harus pasrah diomeli atau mencoba memperbaiki kesalahan dari penjualpenjual, dikarenakan pembeli hanya tahu bahwa kamulah penjual produk tersebut. 



2. Reseller - modal minimum Rp. 100,000.-

Mungkin ada yang pernah mendengar istilah reseller, reseller adalah pelaku usaha yang menjual kembali barang yang dibeli. Berbeda dengan dropshipper yang hampir tidak memerlukan modal, untuk menjadi reseller kamu harus membeli barang tersebut terlebih dahulu atau membayar ke penjual sebelum kamu bisa menjual produk tersebut kepada pembeli. 

Keuntungan menjadi reseller - Kamu tidak perlu takut dengan komplain pelanggan tentang kualitas produk, karena kamu sudah memastikan kualitas produk tersebut. Kamu bisa memastikan waktu pengiriman barang, sehingga tidak perlu khawatir jadwal pengiriman yang tidak pasti. 

Kekurangan menjadi Reseller - Jika ada barang yang tidak terjual, hal tersebut merupakan kerugian dan sepenuhnya tanggung jawab kamu. Kamu harus menyiapkan tempat penyimpanan stok barang. 



3. Driver Ojek/Taksi Online - Modal minimum Rp.0 sampai Rp. 150,000.-

Jika kamu telah memiliki KTP, SIM dan motor, menjadi driver ojol merupakan sesuatu yang patut kamu pertimbangan. Bagaimana tidak, itensif yang diterima oleh driver ojek online bahkan bisa melebihi pegawai negeri. Hanya bermodalkan motor dan bensin kamu bisa mulai menunggu pelanggan untuk memesan jasa kamu. 

Keuntungan menjadi Driver ojol - Berdasarkan wawancara, modal perhari yang dibutuhkan oleh driver ojol hanyalah Rp. 100,000.- serta waktu kerja yang flexibel. 

Kekurangan menjadi driver ojol - komplain dari pelanggan, pembelian atribut ojol dan waktu yang dihabiskan di jalan. 



4. Blogging - modal minimum Rp.100,000.- hingga Rp.500,000.-

Bagi kamu yang tertarik dengan kegiatan menulis, blogging mungkin adalah cara termudah. Pasalnya, situs kamu bisa menghasilkan lebih banyak untuk jangka panjang. Setelah situs kamu sudah memiliki banyak artikel, kamu bisa mendaftar menjadi publisher dan menerima keuntungan dari iklan yang dipasang di situs kamu. 

Keuntungan Blogging - income pasif, waktu yang flexibel. 

Kekurangan Blogging - Harus update secara rutin, harus membeli domain/hosting sendiri, lama dan sulitnya proses review menjadi publisher. 



5. Content Writer - Modal - Rp.0

Apakah kamu memiliki laptop? Memiliki ide-ide inovatif, unik dan original? Pintar menggunakan kata-kata dan bisa mencurahkan semua hal kedalam tulisan? Mungkin Content Writter akan cocok dengan kamu. 

Untuk menjadi Content Writter sangat mudah, kamu hanya perlu menulis dan menulis tentang berbagai Topik yang kemudian hasil tulisan kamu bisa dijual. Ada banyak yang akan membeli tulisan kamu jika tulisan kamu berkualitas, sekarang ini, banyak tulisan/artikel yang dihargai sebanyak Rp.10.000/artikel untuk artikel berisi 300 kata. 

Keuntungan menjadi Content Writter - Jam kerja flexibel, hanya memerlukan ide dan laptop bahkan bisa menggunakan handphone saja. 

Kekurangan menjadi Content Writter - Harus selalu memiliki Ide baru untuk bahan tulisan, dan jika ada banyak order, mungkin kamu akan kewalahan jika mengerjakan nya sendiri. 



6. Jasa Endorsement Sosial Media - Modal Rp.?

Apakah kamu menggunakan sosial media? Seperti Twitter, Instagram dll? Jika kamu memiliki banyak followers organik yang aktif misal 50.000 followers, membuka jasa endorsement patut kamu pertimbangkan. Pasalnya, kamu hanya perlu menunggu order endorse dan dibayar. Menarik bukan? 



7. Membuka Toko Online - Modal Rp.???? 

Terakhir, jika kamu memiliki banyak teman yang berjualan atau produk jualan kamu sendiri. Membuka toko online adalah hal bagus utuk kamu, mengingat sekarang ini banyak orang belum memiliki toko online untuk produk mereka. Kamu bisa memasang produk kamu atau produk mereka di toko online kamu dan mengambil persentase keuntungan. 

Keuntungan membuka toko online - kamu harus menunggu hingga produk dipesan. 

Kekurangan membuka toko online - kamu harus rela menghabiskan waktu untuk mengepak barang, membeli buble wrap dll, serta dripping paket ke kurir. 


Sekian 7 ide bisnis untuk remaja dengan modal Minim dibawah 500 ribu. Semoga bermanfaat.