Kadar Karat Emas yang Harus Diketahui

Kode Referral - Bagi kalian yang ingin membeli emas untuk tujuan investasi, ternyata ada banyak sekali loh perbedaan emas terutama terkait kadar karat emas. Sebelum membeli emas, terutama emas untuk tujuan investasi. Ternyata kalian harus mengetahui dulu tentang kadar dan jenis emas, serta cara mengecek keaslian kadar emas. Di artikel kali ini, edukasi-remaja.com akan menjelaskan tentang kadar-kadar emas, tingkat kemurnian emas, dan cara menguji kemurnian emas yang harus kalian ketahui.

Belakangan ini, berinvestasi emas sudah menjadi gaya hidup. Terutama di saat ekonomi yang tidak menentu, emas menjadi favorit semua orang untuk mengamankan aset mereka. Tetapi sebelum berinvestasi atau melakukan jual beli emas, ada baiknya kalian mengetahui tentang kadar emas terlebih dahulu, seperti jenis kadar emas, tingkat kemurnian emas serta cara menguji kemurnian emas.

artikel tentang kadar emas yang harus diketahui, semoga artikel ini membantu kalian untuk mengetahui jenis-jenis karat emas, serta cara menguji kemurnian emas.

Tentang Kadar Emas

Berikut ini adalah artikel tentang kadar emas yang harus kalian ketahui, dari apa itu kadar emas, jenis kadar emas, serta cara menguji kemurnian emas.

Apa itu Kadar Emas?

Kadar emas, merupakan tingkat kandungan emas dalam emas yang kalian beli. Secara umum, kadar emas adalah cara untuk menetapkan tingkat keaslian emas tersebut berdasarkan nilai kemurnian mereka. Kadar emas tersebut dinyatakan dalam satuan karat.

Pasti kalian sering mendegar istilah emas 24 karat, betul tidak? Nah, 24 karat merupakan salah satu jenis kadar emas. Tetapi selain emas 24 karat ternyata masih ada banyak kadar karat untuk menggolongkan emas loh. Yuk disimak.

Cara Menetapkan Kadar Karat Emas

Mengingat keaslian emas atau kemurnian mereka ditetapkan dengan karat, tentunya ada cara untuk menentukan tingkat keaslian mereka. Salah satu cara untuk menentukan kadar emas adalah tetapan karat mereka.

Karat suatu emas ditentukan dengan kadar persentase atau kandungan emas murni didalam emas tersebut. Contohnya, emas 24 karat memiliki kadar kandungan emas murni sebesar 99,00% hingga 99,99%.  Lebih lanjut, kalau kalian memilki emas misalnya emas 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 x 100% atau sekitar 95,8%.

Hal tersebut sangat berdampak pada nilai penjualan emas kalian, kalau kalian menjual emas tersebut.

Ketika kalian ingin menjual emas 23 karat dengan berat 10 gram, maka 95,8% dari 10 gram adalah 9,58 gram. Nilai tersebut adalah nilai emas murni yang ada dalam kandungan emas 23 karat yang kalian miliki, yang mana tentunya lebih murah dibandingkan dengan emas 24 karat.

Jenis Karat Emas Berdasarkan Kadarnya

Sekarang ini, masyarakat sudah dipermudah karena ada standar untuk menetapkan kadar karat sebuah emas. Menurut SNI (Standar Nasional Indonesia) dengan nomor : SNI 13-3487-2005, berikut adalah jenis-jenis karat emas berdasarkan kadarnya :

  • Emas 24 karat - kandungan emas murni 99,00% sampai 99,99%
  • Emas 23 karat - kandungan emas murni 94,80% sampai 98,89%
  • Emas 22 karat - kandungan emas murni 90,60% sampai 94,79%
  • Emas 21 karat - kandungan emas murni 86,50% sampai 90,59%
  • Emas 20 karat - kandungan emas murni 82,30% sampai 86,49%
  • Emas 19 karat - kandungan emas murni 78,20% sampai 82,29%
  • Emas 18 karat - kandungan emas murni 75,40% sampai 78,19%
  • Emas 14 karat - kandungan emas murni 58%
  • Emas 13 karat - kandungan emas murni 54%
  • Emas 12 karat - kandungan emas murni 50%

Cukup mudah sekali bukan untuk menentukan karat suatu emas? Nah, selain sertifikat untuk menentukan atau menjamin kadar emas yang kalian beli, kalian juga bisa melakukan uji kemurnian emas.

Cara Menguji Kemurnian Emas

Ada beberapa cara untuk melakukan pengujian kemurnian emas yang kalian beli, beberapa diantaranya adalah :

1. Digosok

Biasanya dilakukan dengan menggosokkan emas pada batu, kemudian ditetesi semacam zat kimia. Adapun air uji yang digunakan adalah asam nitrat, asam klorida, dan campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia).

2. Menggunakan Gold Tester

Pengujian ini menggunakan alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan.

3. Mengukur Berat Jenis

Mengingat setiap benda memiliki berat jenis atau biasa disebut massa jenis, emas pun akan dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya.

4. Menggunakan Larutan Asam Nitrat

Kalian bisa menguji kualitas emas 21 karat dengan larutan asam nitrat. Kalian bisa menteskan satu tetes asam nitrat ke atas emas, kemudian lihatlah perubahannya.

Jika emas terbebut berubah warna artinya emas tersebut palsu atau mengandung logam lain. Sedangkan jika tidak mengalami perubahan berarti emas tersebut asli.

Dengan melakukan hal diatas, kalian bisa menguji kadar emas yang kalian miliki agar bisa terhindar dari emas palsu. Apalagi sekarang ini banyak sekali penjual nakal yang menjual emas dengan kadar lebih rendah tetapi dengan harga karat yang lebih tinggi.

Tetapi, jika kalian membeli emas, seperti di aplikasi treasury, kalian bisa membeli emas 24 karat, perhiasan, koin emas, dengan kadar karat yang tepat. Karena aplikasi treasury adalah aplikasi yang sudah diawasi dan memiliki izin usaha dari bappebti.

Baca kode referral treasury atau cara daftar treasury

Kode Pada Emas Perhiasan

Perhiasan yang terbuat dari emas seperti gelang emas, cincin emas, atau anting emas. Memliki kode yang bisa mempermudah pembeli untuk membedakan kadar emas dalam perhiasan tersebut. Misalnya saja, untuk perhiasan emas yang memiliki kadar karat 22 karat memiliki kode 700-750. Jika tidak ada kodenya, kalian bisa menanyakan langsung ke penjualnya. Karena kode ini cukup banyak, sehingga kalian harus memperhatikan dengan teliti.

Lalu, untuk emas yang memiliki kode emas 375, berarti emas tersebut memiliki kadar kemurnian18 karat atau kemurnian emasnya dibawah 50%. Selain itu, ada juga yang memiliki kode 916 untuk emas dengan kadar 23 karat, kode 99 untuk emas dengan kadar 24 karat dan lainnya. Kode ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan berapa persen kadar emas yang terdapat diperhiasan tersebut. Ada juga kode emas 420 yang digunakan untuk emas dengan kadar 20 karat.

Alasan Mulai Investasi Emas

Setelah kalian mengerti tentang kadar emas, jenis karat emas, serta cara menguji kemurian emas. Mungkin sudah saatnya kalian mempertimbangkan untuk melakukan jual beli atau investasi emas. Mengingat sekarang ini kalian bisa jual beli emas secara digital menggunakan aplikasi treasury, kalian juga bisa berinvestasi emas dengan alasan seperti dibawah ini :

  • Potensi Keuntungan Tinggi

Kalau kalian mengamati harga dan pergerakan pasar emas, lalu membandingkan kenaikan harga jual emas dari tahun ke tahun, emas cenderung mengalami kenaikan antara 15% hingga 20% per tahunnya. Nilai ini jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tingkat inflasi atau deposito bank dimana dana hanya menganggur tidak jelas.

  • Likuiditas Tinggi

Emas merupakan salah satu instrumen investasi paling likuid. Artinya emas sangat mudah untuk dicairkan dan diuangkan ketika ada keperluan mendesak. Untuk mencairkan emas kalian, kalian bisa pergi ke toko emas, pegadaian, ataupun bank dan uang akan cair saat itu juga.

Itulah beberapa alasan yang bisa memantapkan hatimu untuk segera berinvestasi emas.

Sekian artikel tentang kadar emas yang harus diketahui, semoga artikel ini membantu kalian untuk mengetahui jenis-jenis karat emas, serta cara menguji kemurnian emas.