Neobank Mau Jadi Bank RDN? Apa itu Bank RDN?

 Edukasi-Remaja.com - Sekarang ini, banyak dari kalian yang sudah menggunakan neobank. Sebelumnya di edukasi-remaja.com kita telah membahas tentang kode referral neobank terbaru, serta artikel tentang neobank lengkap. Namun, sekarang ada berita terbaru, kalau neobank akan menjadi salah satu bank penyedia RDN.

Nah, untuk kalian yang telah mengenal saham, reksa, dll. Tentunya telah mengetahui apa itu RDN. Tapi, bagi para pengguna neobank yang lain, mungkin ada beberapa dari kalian yang menganggap istilah RDN masih asing. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang apa itu Bank RDN, dan apa peranan Neobank sebagai bank RDN. Yuk disimak hingga tuntas ya.

kita akan membahas tentang apa itu Bank RDN, dan apa peranan Neobank sebagai bank RDN. Yuk disimak hingga tuntas ya.

Apa itu RDN?

Sebelumnya, kalian harus mengetahui apa itu kepanjangan RDN. Kepanjangan dari RDN adalah Rekening Dana Nasabah (RDN) yang merupakan rekening dana atas nama Nasabah atau Investor. RDN juga sering disebut sebagai RDI atau Rekening Dana Investor. Rekening tersebut dibuka oleh Perantara Pedagang Efek atau pihak lain atas persetujuan pengguna tau investor, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mereka mengadministrasikan rekening Efek Nasabah berdasarkan kuasa dari Nasabah pada Bank yang telah melakukan perjanjian kerjasama dengan KSEI untuk melaksanakan administrasi RDN.

Apa itu KSEI ?

Seperti yang telah di singgung dalam artikel kode promo bibit, KSEI merupakan singkatan dari pada Kustodian Sentral Efek Indonesia. Nama tersebut adalah sebutan daripada perusahaan mereka yang merupakan PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia. KSEI adalah Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di Pasar Permodalan Indonesia sebagai layanan jasa Kustodian sentral dan penyelesaian transaksi Efek Bursa.

Singkatnya, KSEI merupakan bank kustodian yang menyimpan investasi reksa kalian, dan bertanggung jawab atas perubahan dana serta produk investasi nasabah.

Setiap pembelian saham, reksa, atau jenis investasi kalian yang menggunakan RDN, akan melalui KSEI terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi milik kalian. KSEI akan mengkonfirmasi dan memberitahukan status pembelian atau penjualan investasi kalian melalui email terdaftar.

Neobank Akan Menjadi Bank RDN ?

Betul, artikel sebelumnya dari edukasi-Remaja.com telah membahas tentang layanan neobank yang akan datang. Salah satunya adalah menjadi bank penyedia RDN. Jadi, Neobank akan menjadi bank penyedia RDN. Mereka sebagai penyedia layanan RDN, bertujuan agar nasabah dapat merasakan mudahnya melakukan transaksi di bursa atau pasar saham melalui neobank.

Keuntungan Memiliki RDN

Dengan memiliki RDN, kalian memiliki rekening khusus dana investasi yang dapat kalian pantau dan terpisah dari dana lain. Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami secara tidak sengaja menggunakan saldo yang ingin di investasikan, karena menggabungkannya di satu rekening. Mungkin ada juga yang merasakan saldo atau dana investasi kalian digabungkan dengan investor atau nasabah lain oleh penyedia layanan investasi. Nah, dengan rekening RDN, kalian memiliki rekening sendiri atas nama kalian, jadi tidak ada namanya dana kalian tercampur dan tidak tahu kemana.

Peranan Neobank Sebagai Bank RDN

Nah, setelah membaca hal-hal diatas. Tentunya sekarang kalian sudah mengetahui peranan Neobank sebagai bank penyedia RDN kan?

Jadi, neobank sebagai bank penyedia RDN, akan menengahi pembelian investasi kalian sebagai bank tempat rekening dana nasabah kalian berada. Mereka akan melakukan pemesanan produk investasi ke KSEI sesuai dengan yang kalian inginkan, apakah itu penjualan atau pembelian. Mereka akan menjaga dana kalian tetap aman. Dan terus melayani nasabah sepenuh hati sebagai bank penyedia layanan RDN.

FAQ

1. Rekening RDN bisa lebih dari 1 ?

Tentu bisa, saat artikel ini ditulis. Penulis memiliki 8 rekening RDN berbeda yang dibuat oleh penyedia layanan investasi yang berbeda.

2. Bagaimana memantau saldo RDN kita ?

email akan dikirim setiap bulan dari bank penyedia RDN, jadi kalian bisa melihat saldo kalian disana.

3. Penyedia Bank RDN bisa beda dari rekening yang kita punya?

Tentu bisa, ada beberapa kasus dimana teman penulis memiliki bank RDN permata, sedangkan dia memiliki rekening bank Mandiri. Ada juga yang mendapatkan rekening RDN bank BCA dan dia memiliki rekening bank BCA.

4. Siapa yang menentukan bank RDN kita?

Penyedia layanan Investasi yang menentukan Bank tempat RDN kalian.

Baca Juga : Kode Promo Ajaib

5. Saya ingin pakai RDN dari Neobank, gimana caranya?

Belum tahu, layanan RDN dari neobank masih belum diluncurkan.