eWallet, Bank Digital atau Bank Konvensional? Pilih Mana?

 Kode Referral - Sekarang ini, setiap orang pasti memiliki smartphone. Banyak orang merasakan kemudahan ketika bertransaksi menggunakan smartphone mereka, melalui berbagai aplikasi e-wallet dan perbankan mobile. Tetapi, sekarang ini perbankan mobile dari bank konvensional sudah jarang dipakai oleh generasi muda. Ironis memang, tetapi hal tersebut merupakan kenyataan yang nyata dan tidak dapat dibantah. Munculnya berbagai e-wallet serta Bank Digital baru setiap harinya meningkat seiring dengan ketertarikan masyarakat akan fitur dan kemudahan bank digital serta e-wallet yang ada. Hingga saat ini, masih banyak orang yang menimbang-nimbang untuk memilih antara bank digital atau e-wallet.

Ketika masyarakat melakukan transaksi, mereka memilih cara dan metode yang paling mudah untuk bertransaksi. Seperti menggunakan e-wallet yang sangat mudah untuk didaftarkan dan digunakan. Jumlah pengguna e-wallet juga membuat e-wallet menjadi diminati karena banyak merchant atau masyarakat yang menerima metode transaksi menggunakan e-wallet. Tidak mau kalah saing, perbankan digital juga menawarkan banyak sekali promo dan bonus untuk para pengguna mereka, yang mana juga membuat jumlah pengguna bank digital ikut meroket. Akhirnya, sekarang banyak sekali masyarakat yang menggunakan bank digital juga.

Ada banyak sekali e-wallet seperti dana, ovo, bebasbayar, serta bank digital seperti neobank dan blu BCA, yang bisa digunakan. Tapi, pilih yang mana?

E-Wallet atau Bank Digital? Pilih Mana?

Setelah survey yang mendalam, edukasi-remaja.com mendapati alasan mengapa orang-orang lebih memilih e-wallet atau bank digital, atau mungkin memilih keduanya yang akan dibahas di artikel kali ini. Yuk, disimak hingga habis ya. Berikut ini adalah jawaban mengapa mereka memilih e-wallet atau bank digital ketika ditanya oleh edukasi-remaja.com :

1. Kemudahan Mendaftar

Kemudahan mendaftar menjadi alasan utama mengapa masyarakat memilih untuk menggunakan e-wallet atau bank digital.

Untuk e-wallet, para pengguna merasa kalau mendaftar di e-wallet sangat mudah. Mereka hanya perlu menggunakan nomor hanphone dan nama  saja, mengatur pin lalu mereka bisa menggunakan aplikasi e-wallet. Tidak perlu repot-repot verifikasi ini itulah, siapin ini itulah, aplikasi bisa langsung dipakai sebagai media pembayaran. Bahkan untuk orang-orang yang tidak punya KTP, mereka bisa menggunakan fitur aplikasi e-wallet, walaupun terdapat beberapa batasan karena belum memverifikasi identitas mereka menggunakan KTP.

Untuk Bank digital, para pengguna merasa kalau mendaftar di bank digital juga sangat mudah. Mereka hanya perlu mengisi identitas saja untuk keperluan KYC yang mana juga diperlukan oleh bank konvensional, tetapi bedanya mereka tidak perlu datang ke cabang, dan registrasi bisa dilakukan melalui handphone sepenuhnya. Persyaratan untuk membuka rekening bank digital tentunya memerlukan KTP, berbeda dengan e-wallet. Tetapi, hal ini masih dianggap lebih mudah bagi orang-orang yang ingin menggunakan bank digital dibandingkan dengan bank konvensional.

2. Tidak ada Fee Bulanan

Kebanyakan pengguna e-wallet dan bank digital, merasa puas karena saldo mereka aman dan tidak ada resiko pembekuan rekening ketika saldo di akun mereka 0 dalam jangka waktu yang lama. Berbeda halnya dengan bank konvensional yang memotong fee bulanan secara otomatis dari rekening nasabah, dan akan membekukan rekening nasabah ketika sudah beberapa bulan memiliki saldo 0.

3. Bisa Digunakan Kapanpun

Menurut pendapat pengguna e-wallet, mereka lebih memilih e-wallet daripada bank digital dan bank konvensional karena mereka dapat menggunakan e-wallet kapanpun. Berbeda dengan bank digital dan bank konvensional yang memiliki jam/hari pemeliharaan sistem, yang mana hal tersebut membuat saldo tidak dapat ditarik atau di transaksikan. Hal ini membuat pengguna e-wallet merasa nyaman menggunakan e-wallet.

4. Multifungsi

Multifungsi merupakan pertimbangan pengguna ketika memilih diantara e-wallet, bank digital serta bank konvensional. Kenapa? Karena ketika bertransaksi, e-wallet dianggap lebih fleksibel karena bisa melakukan hampir setiap pembayaran yang diperlukan. Tetapi bank digital juga tidak kalah, karena mereka semakin berkembang dan menawarkan fitur-fitur yang tidak kalah menarik.

5. Biaya Transfer

Para pengguna e-wallet dan bank digital, merasa kalau menggunakan e-wallet dan bank digital lebih mudah dan murah. Kenapa? Karena ketika menggunakan bank digital dan e-walet, biaya transfer lebih rendah dibandingkan jika menggunakan bank konvensional. Memang, transfer antar rekening di bank yang sama di bank konvensional gratis, tetapi jika berbeda bank maka akan ada biaya admin yang dikenakan. Tentunya pengguna bank digital dan e-wallet berbahagia karena fee transfer yang lebih murah, bahkan gratis.

6. Bonus dan Diskon Menarik

e-wallet dan bank digital, merupakan "anak" generasi baru di era keuangan. Sehingga, untuk menarik lebih banyak pengguna, mereka terus mengadakan event, promosi, diskon, dan bonus menarik untuk para pengguna mereka. Hal ini membuat keduanya menjadi lebih baik di mata para pengguna dibandingkan dengan bank konvensional.

Sekian artikel tentang e-wallet, bank digital, atau bank konvensional. Semoga artikel ini dapat membantu kalian memilih menggunakan e-wallet, bank digital, atau bank konvensional untuk keperluan transaksi kalian.